Lineage OS 15 : Merasakan Android Oreo untuk HP lawas yang tidak mendapatkan UPDATE

Lineage OS 15 : Merasakan Android Oreo untuk HP lawas yang tidak mendapatkan UPDATE
Masih ingat dengan Custom Rom CyanogenMod ? bagi yang sering atau Hobi mengoprek Gadget Android pasti tidak asing lagi dengan Custom Rom yang Bernama CyanogenMod ini. Pada masa dulu CyanogenMod adalah salah satu Custom Rom Android yang sangat Terkenal, Dan Banyak pengguna menggunakan Custom Rom tersebut.

Bagi yang belum tau apa itu Custom Rom, secara singkat Custom Rom adalah Rom Android yang di kembangkan oleh pihak ketiga atau sebuah kelompok ( perusahaan ) yang bukan dari vendor Perangkat tersebut, Banyak Pengguna perangkat Android Pindah ke Custom Rom dikarenakan Perangkat model lama tidak mendapatkan update terbaru lagi.

Ada kabar mengatakan bahwa perusahan CyanogenMod Berhenti atau tidak lagi meneruskan projeknya. Kabar tersebut tidaklah benar menurut beberapa sumber, Salah satunya adalah dari wikipedia LineageOS  Pengembang tim dari CyanogenMod melanjutkan Pengembangannya.

Hanya saja tidak dengan nama CyanogenMod lagi Karena Cyanogen Inc. mempertahankan hak atas nama Cyanogen, proyek tersebut mencap ulang nama sebagai LineageOS.

Kalian bisa cek langsung ke situs Resminya : https://download.lineageos.org/

Disitus tersebut terdapat banyak Perangkat, salah satunya adalah merek Xiomi, Redmi Note 3 Pro ( Kenzo ) Yang dimana Perangkat tersebut Terakhir update hanya sampai MIUI 9 dengan versi 6.0 ( masrmellow ) namun bagi Pengguna Kenzo yang ingin merasakan Android versi Oreo (8.1) Kalian dapat mencoba alternatif  Custom Rom LineageOS ini, Yang Berbasis AOSP.

Berikut tampilan Custom Rom android LineageOS ini.

Lineage OS 15 : Merasakan Android Oreo untuk HP lawas yang tidak mendapatkan UPDATE
Credit : devsjournal com

Untuk Cara Penginstallannya Kalian dapat mengunjungi situsnya tersebut, Karena disana udah lengkap Tentang bagaimana Penginstallan dan apa apa aja yang dibutuhkan.


Lineage OS 15 : Merasakan Android Oreo untuk HP lawas yang tidak mendapatkan UPDATE
Info tambahan! Tidak semua device sudah dapat merasakan LineageOS Versi 15.0 ( oreo ) di situs resmi tersebut, Untuk itu kalian bisa mencarinya ( sebagai alternatif ) di Forum XDA sesuai model perangkat kalian yang gunakan. Contoh di atas adalah Perangkat Redmi Note 3 Pro ( kenzo ) di resmi nya masih Versi 14.1 namun setelah saya cari di Forum XDA Ternyata Perangkat tersebut sudah bisa merasakan LineageOS Versi 15.0 ( Oreo ). 

Beberapa Custom Rom Android seperti LineageOS ini, Tidak memasukkan paket ( aplikasi ) seperti Google Play, Google Play Service, Gmail dan beberapa aplikasi Google lainnya.
Untuk itu kalian harus menginstall manual dengan flash lewat TWRP yang bisa kalian Download di https://opengapps.org/ Untuk kalian yang hanya membutuhkan Aplikasi PlayStore saja Lebih baik memilih variant PICO Namun Bagi kalian yang butuh semua aplikasi dari Google Silahkan pilih Variant STOCK.

KALIAN BISA BACA PENJELASAN LENGKAP TENTANG OPENGAPPS DISINI
 
Lineage OS 15 : Merasakan Android Oreo untuk HP lawas yang tidak mendapatkan UPDATE


BERIKUT CARA FLASH OPEN GAPPS
  • Pastikan Perangkat kalian sudah terinstall TWRP, masuk ke TWRP
  • Download https://opengapps.org/ Pilih Variant sesuai keinginan  
  • Wipe system, data, cache, dalvik cache
  • Flash Rom
  • Flash GApps Package
  • reboot system. 
PERINGATAN !
Dengan mengikuti tutorial ini mungkin tidak akan sepenuhnya seperti apa yang diharapkan, karena perbedaan kondisi smartphone yang digunakan. Setuju dengan mengikuti tutorial ini berarti setuju dengan resiko yang mungkin tidak diinginkan

Demikian informasi Lineage OS 15 semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya kritik dan saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter. 

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel