Iklan Jumbo

Cara memasang TWRP dan install ROM MIUI 10 di Berbagai Tipe Smartphone Xiaomi [ PEMULA ]

Cara memasang TWRP dan Install Miui 10 Di Berbagai Tipe Smartphone Xiaomi [ PEMULA ]
source : Google images
Cara memasang TWRP dan Install Miui 10 Di Berbagai Tipe Smartphone Xiaomi - Buat kalian yang masih Pemula tentang dunia Android Mungkin Hal yang Berbau mengenai mengubah Sistem Android itu sangat menyusahkan. Karena Resiko yang didapatkan Sangatlah Menakutkan Seperti Bootloop, Aplikasi yang sering Hang / error akibat ketidak cocokan dengan Perangkat yang kalian gunakan atau Bahkan Mati Total.

Namun Bagi Mereka Yang sudah Berpengalaman Hal tersebut sudah makanan sehari sehari jadi jika mengalami Bootloop atau Mati Total ( Kecuali Emmc rusak ) dapat mereka Perbaiki bahkan Bagi mereka seorang Teknisi dibidangnya Dapat Mengganti Emmc Rusak Akibat Flasing ROM atau kesalahan pada saat mengutak atik Smartphone Android.

Tidak ada salahnya Bagi mereka yang Pemula Ingin mengenal dunia Android Lebih dalam lagi, Kalian dapat Mencari Tutorial di internet Tentang apa yang ingin dipelajari, Jika kalian ( Pemula ) melakukan Langkah - Langkah Tersebut sesuai dengan Tahapannya dan Memang di khususkan Untuk Smartphone yang kalian Gunakan, Kerusakan Yang terjadi pada Android Seperti Bootloop dan Lainnya dapat kalian Hindari. asalkan ada niat disitu ada jalan :).

Nah Pada Tahun 2018 ini MIUI 10 adalah hal yang sangat di tunggu tunggu Karena Fitur Yang Tersedia sangatlah keren, Lebih Cepat dari pendahulunya yaitu MIUI 9, Di MIUI 10 Kabarnya Terdapat Fitur Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence ( AI ), Kamera Potrait ( Hasil kamera akan lebih bokeh dari pada aplikasi Kamera yang di MIUI 9 ), Managemen Ram yang baik dan Batrai yang lebih Tahan dan Efisien saat menggunakannya.

Miui 10 dikabarkan Rilis Pada bulan Juli - Agustus 2018 Perangkat yang mendapatkan Miui 10 Antara Lain : Mi Mix 2, Mi 6, Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi 5, Mi 4, Mi 3, Mi Note 2, Mi Max 2, dan Mi Max. Redmi Note 5, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5A, Redmi Note 5A Prime, Redmi Note 3, Redmi Note 4X, Redmi Note 4 (TW), Redmi Note 3, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 3S, Redmi Y2, Redmi Y1 Lite, dan Redmi Y1.

Di artikel Kali ini saya akan membuat tentang Cara memasang TWRP dan Install Sebuah ROM Di Berbagai Tipe Smartphone Xiaomi, Contoh disini saya akan Menginstall ROM Miui 10 dan Saya berharap Bagi kalian yang masih awam dapat Memahami Langkah - langkah nya yang saya usahakan agar Artikel ini dapat memberikan informasi Secara detail mengenai Langkah Memasang TWRP, cek status Bootloader, Melakukan Unlock bootloader, Backup dan Restore di TWRP, Serta melakukan Disable dm-verify.
Kalian dapat Update MIUI 10 Lewat updater Tanpa Harus Melakukan Unlock Bootloader atau Memasang Custom Recovery, Namun Bagi kalian yang sudah Tidak Sabar ingin Merasakan MIUI 10 atau ROM lainnya Artikel ini Dapat kalian jadikan Referensi untuk itu.
BAHAN

LANGKAH PASANG TWRP + ROM DI TWRP SMARTPHONE XIAOMI

PERSIAPAN SEBELUM MEMULAI LANGKAH DIBAWAH

Silahkan install Software Driver seperti Mi Flash, Mi Pc Suite, Adb Driver Cara Penginstallannya dapat kalian lakukan seperti biasanya pada saat install Software di Komputer.
DAN JUGA PASTIKAN SMARTPHONE DALAM KEADAAN UNLOCK BOOTLOADER ( Tidak semua perangkat xiaomi membutuhkan Unlock Bootloader ) Kalian dapat cek dengan File Fastboot yang telah saya sediakan diatas, lalu lakukan pada Smartphone untuk masuk ke Mode fastboot ( Volume bawah + power ) hubungkan ke PC dan buka file CMD yang ada di file Fastboot tersebut Lalu Ketik " fastboot oem device-info  " dan pastikan status device Unlocked : True jika False berarti Bootloader masih Terkunci silahkan Lakukan Unlock Bootloader Tutorial Lengkapnya Telah ada disini.

cek status bootloader xiaomi
cek status bootloader xiaomi

#CARA PASANG / INSTALL TWRP
  • Silahkan Kunjungi KUMPULAN TWRP + MIUI 10 ROM XIAOMI Dan cari sesuai Tipe Perangkat yang anda gunakan jika disana tidak terdapat Tipe Perangkat Xiaomi kalian Silahkan KIRIM PESAN ke kami untuk Request TWRP sesuai dengan tipe Xiaomi yang kalian gunakan.

Contoh Gambar diatas saya menggunakan Redmi Note 3 Pro dengan Nama Kode ( Codename ) Kenzo, Maka saya akan men-Download TWRP dan Rom MIUI 10 yang untuk Redmi Note 3 Pro [Kenzo].

ekstrak file fastboot

Lalu masuk ke folder hasil Ekstrak dari Fastboot file dan Salin ( Copy ) File TWRP yang sudah Didownload tadi Ke Folder Fastboot File dan Rename nama file TWRP agar mudah untuk langkah selanjutnya. ( Lihat Gambar dibawah )

salin dan rename file twrp di folder fastboot
Matikan Smartphone Xiaomi Kalian, lalu Masuk Ke Mode Fastboot, Caranya dalam keadaan Handphone Mati, Tekan Power + Volume bawah sampai Smartphone Hidup dan masuk Ke Mode Fastboot ( Logo seperti dibawah ) Lalu Hubungkan Smartphone dengan Kabel data Ke PC dengan Keadaan Mode Fastboot.
logo fastboot

  • Buka Aplikasi CMD yang ada di Folder Fastboot File
  • Lakukan Perintah Fastboot Devices Pastikan Hasilnya Perangkat Terdeteksi, lalu Fastboot getvar product untuk melihat codename perangkat yang digunakan pastikan file twrp memang khusus untuk perangkat anda kalian bisa lihat melalui codename tersebut., dan Lakukan Peritntah Fastboot flash recovery kenzo.img ( kenzo.img disini adalah nama file twrp yang sudah saya download tadi dan saya rename agar mudah untuk di ketik dan pastikan hasil nya tidak mengalami error. ( Lihat gambar dibawah )
proses install TWRP XIAOMI
Proses install twrp
MAKA SAMPAI DISINI TAHAP MEMASANG TWRP PADA PERANGKAT XIAOMI SUDAH SELESAI.

#PERSIAPAN INSTALL ROM DI TWRP

Pindahkan ROM yang ingin di install lewat TWRP ke memori Internal atau Kartu memori ( SDcard ) dan ingat posisi filenya. Contoh di bawah saya ingin Install miui 10 pada Redmi Note 3 Pro yang saya Letak kan di Bagian awal Memori Internal.

    Untuk cara masuk ke mode Recovery kalian bisa melakukannya dengan cara, ( Ponsel dalam keadaan mati ) Volume atas + Power Hingga Smartphone masuk ke mode TWRP langkahnya sama seperti masuk ke mode Fastboot bedanya kalau fastboot Volume bawah + Power.

Tampilan TWRP
Tampilan TWRP
Sebelum melakukan Install sebuah ROM ada baiknya lakukan backup data seperti poto maupun file penting lainnya ke Komputer, Dan juga Backup system, boot maupun lainnya melalui TWRP Kalian bisa pilih file apa saja yang ingin di backup, Saya Sarankan bagi kalian yang masih Pemula ada baiknya kalian pilih saja semua. hehehe

CARA BACKUP DI TWRP
Cara Backup di TWRP
#PROSES INSTALL ROM DI TWRP

Pada tahap ini saya anggap kalian Telah Melakukan Backup Data apapun yang penting dan juga Backup System yang ada di TWRP.

Cara wipe Di twrp
Cara wipe di TWRP

Jika kalian Baru Pertama Kali Menggunakan ROM tersebut misalnya Naik Versi Dari Android 6.0 Ke Android 7.0 atau Dari versi Stable Ke versi Beta Untuk mengatasi Error saat menggunakan ROM tersebut lakukan WIPE pada Dalvik, System, Data, Cache Sedangkan jika Kalian sudah berada di ROM tersebut dan ada Pembahuruan Dari Pengembangnya ( Developer ) Kalian hanya Perlu WIPE System, Cache, Dalvik atau yang biasanya dikenal dengan Dirty Flash agar file Data kalian tidak hilang contoh : aplikasi yang telah di install.

cara install di twrp
Cara Install ROM di TWRP

Jika Proses WIPE Telah selesai, Maka kalian dapat Install ROM yang telah kalian siapkan, Dan Tunggu sampai Proses instalasi Selesai, Jika Sudah Jangan Lakukan Reboot dahulu ingat Jika Di TWRP kalian Tidak Ada Fitur disable DM-VERIFY silahkan Flashing LazyFlasher Setelah install ROM ( ingat setelah install rom bukan Sebelum )

#CARA MATIKAN DM-VERIFY DI TWRP

fitur disable dm-verify
fitur Disable dm-verify
Jika tidak ada fitur tersebut silahkan Flashing LazyFlasher

flashing lazyflash
Lazyflasher

#CARA RESTORE LEWAT TWRP

Jika Mengalami Ketidak cocokan Di ROM yang telah Di Flashing Tadi Kalian Dapat Melakukan Restore Lewat TWRP ( tidak semuanya bakalan Kembali Normal ) saya sarankan bila sudah melakukan Restore Tetap Mengalami Masalah yang terjadi contoh Bootloop silahkan lakukan Flashing Total Menggunakan Miflash.

Lakukan WIPE dulu sebelum Restore dan Pilih File yang Telah kalian Backup Tadi dan lakukan Restore 

Wipe di twrp

Restore di TWRP

PERINGATAN !
Dengan mengikuti tutorial ini mungkin tidak akan sepenuhnya seperti apa yang diharapkan, karena perbedaan kondisi smartphone yang digunakan. Setuju dengan mengikuti tutorial ini berarti setuju dengan resiko yang mungkin tidak diinginkan

Demikian informasi Tentang Cara memasang TWRP dan Install Miui 10 Di Berbagai Tipe Smartphone Xiaomi [ PEMULA ] ... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di  google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel