2 Cara Sukses Mengatasi USB-OTG "Tidak Berfungsi dengan Baik" pada Xiaomi Smartphone

2 Cara Sukses Mengatasi USB-OTG "Tidak Berfungsi dengan Baik" pada Xiaomi Smartphone

Beberapa hari yang lalu, ada salah seorang sahabat miuipedia.com  mengalami masalah "sebelumnya Flashdisck/ USB-OTG dapat berjalan dengan baik pada ROM Distributor atau ROM abal - abal, namun setelah update ke versi Resmi Global Stable malah tidak terbaca".

Sebenarnya saya juga mengalami hal demikian, pertama kali membeli USB-OTG, saya sendiri rada bingung, pertama saya gunakan di Smartphone SONY saya berjalan dengan baik dan kemudian saya coba di smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro "terbaca" namun tidak dapat membuka file data. 

Akhirnya saya putuskan mencari informasi tentang hal ini, kesana....kesini akhirnya ketemu juga solusinya, mau tahu caranya?

Berikut 2 Cara Sukses Mengatasi USB-OTG "Tidak Terbaca" pada Xiaomi Smartphone


Cara pertama :

Anda hanya memerlukan sebuah komputer yang sudah ber OS Windows 8, (8.1), 10 atau yang terbaru untuk Windows XP saya tidak merekomendasikan pada cara pertama ini.

Untuk solusi pertama ini,  percobaan ini saya menggunakan OS Windows 10, anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini, caranya sebenarnya sangat mudah sekali

Cara pertama Mengatasi USB-OTG "Tidak Berfungsi dengan Baik" pada Xiaomi Smartphone

1.  Hubungkan Flashdisk OTG terlebi dahulu, namun saya sarankan untuk melakukan "backup" terlebih dahulu, karena kita akan melakukan format data.  

2. Masuk ke "File Explore" selanjutnya cari "Drive Flashdisk OTG" yang tadinya tidak terdeteksi pada Xiaomi Smartphone klik kanan pada mouse atau Touchpad, setelah jendela Format muncul pada "File Sistem" gunakan FAT32 dan untuk "allocation unit size" jadikan 32 kilobytes sebenarnya di allocation unit size ini neeeeh yang membuat USB-OTG hanya terdeteksi saja namun tidak dapat membuka file dengan semestinya. 


Cara Kedua : 

Bagi anda yang masih setia menggunakan Windows XP, untuk opsi allocation unit size ini tidak dapat temukan, karena itu cara mengatasinya dengan menggunakan sebuah tools multi fungsi untuk manajemen drive penyimpanan data, karena tujuan tutorial ini hanya untuk mengatasi USB-OTG yang tidak berfungsi sesuai "kodratnya" saya tidak akan menjelaskan lebih dalam mengenai tools ini. 

Langkah - langkah menggunakan Mini Partisi Tools :
Silahkan download dahulu Mini partisi Tools Free melalui tautan ini
dan jangan lupa untuk mem-backup data terlebih dahulu


Cara kedua Mengatasi USB-OTG "Tidak Berfungsi dengan Baik" pada Xiaomi Smartphone

1. Setelah anda mendownload tool tersebut jangan lupa melakukan instalasi terlebih dahulu, setelah selesai dan anda menjalankan tool ini klik "Mini  Tool Partitions Wizard free" tunggu beberapa saat. 

2. Kemudian lihat pada jendela tool tersebut biasanya drive flashdick berada pada "Disk 2" klik dan lihat sebelah kiri pada kolom deretan menu tool tersebut dan klik "Format Partition" nanti akan muncul jendela baru. 

3.. Pada "file sistem" gunakan FAT32 dan "cluster size" jadikan 32 Kb sebenarnya cluster size itu sama seperti  allocation unit size setelah itu klik "Ok"  kemudian lihat pada pojok kiri atas klik "Apply" dan tunggu proses berlangsung hingga selesai.

Demikian semoga bermanfaat dan dapat berjalan lancar. Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Terima kasih atas kunjungannya.


Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel