Iklan Jumbo

Gunakan cara ini untuk mencegah "Malware" menyusupi Perangkat Android Anda



Berhati-hati apabila ingin mengunduh file mentah sebuah aplikasi Android berformat *apk, diluar toko aplikasi resmi Play Store, karena bisa jadi file tersebut disisipi malware oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tapi tenang, ada cara termudah untuk melakukan scan file tersebut, sebelum anda ingin menginstall ke dalam perangkat android sehingga anda dapat mencegah virus masuk yang bisa jadi aplikasi tersebut telah dimodifikasi untuk mengumpulkan data-data penting yang anda miliki.

Nah bagi anda juga yang merasa perangkat smartphone nya sering memunculkan iklan dan diluar browser atau aplikasi yang tidak pernah anda install sebelumnya bisa jadi perangkat anda sedang terkena virus, yang mengakibatkan makin lama smartphone akan terasa "nge-lag" kinerjanya.

Ada dua cara mudah untuk melakukan pengecekan apakah file mentah apk yang anda unduh berpotensi disisipi malware atau tidak?

Car pertama, anda bisa menggunakan layanan dari situs Virustotal banyak forum-forum yang membahas tentang Android dan merekomendasikan virustotoal salah satu cara yang mudah untuk melakukan scan file apk yang diunduh.

Setelah anda download file apk tersebut lakukan upload dengan cara klik "chose file" cari lokasi penyimpanan file apk yang ingin di scan, kemudian setelah selesai klik "Scan It" tunggu hingga proses pemindai selesai bekerja, nantinya akan muncul data hasil analisis dari file tersebut, hal ini dapat diterapkan melalui komputer ataupun smartphone.

Cara kedua, anda dapat juga menggunakan alamat website NVISO ApkScan sebagai alternatif,  untuk penerapan-nya hampir sama dengan virustotal hanya saja menurut saya fitur yang diberikan tidak selengkap pada Virustotal.

Mulai sekarang, apabila anda ingin mendownload file mentah apk diluar toko resmi Play Store tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan aplikasi tersebut, bukankah "mencegah itu lebih baik dari pada mengobati" 

Demikian semoga bermanfaat, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel