Cara Install TWRP Non UBL Redmi Note 3 Pro [Kenzo] pada MIUI 7, 8 dan 9 dengan "sukses"

Sesuai dengan judul yang saya berikan TWRP non UBL ini memang berjalan lancar saat saya mencoba pada ROM MIUI 7 dan 8, sewaktu melakukan percobaan saya menggunakan MIUI 7.3.7.0  dan MIUI 8.0.1.0 dengan menggunakan TWRP 3.0.2 modif BY - XM 20160914.

Pada dasarnya TWRP itu adalah kostum recovery yang powerfull, berbeda dengan recovery Official atau original yang ada disetiap smartphone baik itu vendor dari Xiaomi atau merek lain, kebanyakan hanya berfungsi untuk update sistem pembaruan atau melakukan reset pengaturan awal namun sekarang untuk fungsi reset pengaturan kembali seperti settingan pabrik pada smartphone Xiaomi kini tidak lagi dapat digunakan dengan maksud untuk memproteksi pengguna smartphone menjadi lebih aman. Hal ini terjadi semenjak Xiaomi mengeluarkan Redmi note 3 dengan menambahkan proteksi pada bootloader-nya.



Saat ini banyak yang menggunakan TWRP hanya untuk menjalankan fix 4G/LTE, padahal tidak hanya itu saja, banyak sekali fungsi diantaranya:

1. Install
Pada menu ini anda dapat melakukan install file update.zip recovery ROM Official atau Kostum ROM dengan mudah. Dan biasanya dengan menu ini juga anda dapat menginstall fix 4G/LTE atau ingin install kostum kernel agar smartphone menjadi lebih “garang” lebih Joss seperti yang apa di inginkan.

2. Backup
Untuk menu backup, bagi anda yang hobinya melakukan kostum pada devices saya sangat menyarankan untuk menggunakan menu ini. Karena dengan melakukan backup boot, system, data, cache, misc, recovery, modem, EFS (IMEI), cost, firmware_ROM, firware_EMMC dll yang nantinya dapat anda gunakan atau me-restore kembali data tersebut pada menu restore.

Sedangkan untuk lokasi penyimpanan file backup saya lebih menyarankan tempat di penyimpanan sekunder seperti MicroSD atau flashdisck OTG jangan di internal karena bisa terhapus.

3. Mount
Mount umumnya digunakan untuk memberikan akses atau tidak memberikan akses melakukan modifikasi pada sistem.

4. Wipe
Naah.. biasa ada beberapa kasus saya menyarankan untuk menggunakan menu wipe ini, cara kerjanya sama seperti melakukan penghapusan data, saran saya jangan menggunakan menu advanced pada menu wipe kalau salah melakukan "contreng" akan menghapus sistem karena itu langsung saja melakukan “swipe to Facotry reset” apabila hanya ingin melakukan "faktory reset".

5. Restore
Pada menu restore, akan berfungsi apabila anda sudah melakukan backup sebelumnya menggunakan TWRP bukan pada menu backup di setting smartphone.

6.Advance
Di menu TWRP 3.0.2 modif BY - XM 20160914 terdapat menu copy log, fix contexts, file manager, terminal, Reload thema, adb sideload dan menu tambahan yaitu #superSu kalau anda ingin melakukan root dapat menggunakan opsi ini.


Sudah panjang lebar saya menjelaskan tentang TWRP, sekarang saya yakin anda sangat ingin mempergunakannya bahkan mungkin tidak sempat lagi membaca penjelasan saya di atas tadi... ngaku sajaa.... hehehe

Begini Cara Install TWRP  non UBL Redmi Note 3 Pro [Kenzo]  MIUI versi 7 dan 8



Tututorail ini terinspirasi dan usul dari seorang sahabat miuipedia via email @sanur aji yang kemaren kesulitan mengatasi TWRP yang berujung minta password atau Kenzonya yang meminta password padahal tidak mengaktifkan security password  dan sekarang baru sempat saya mempostingnya.

Sebenarnya trick ini sudah saya pergunakan sebelumnya dengan sukses hanya saja pertimbangan harus download versi ROM Fastboot yang ber-Giga-Giga Bit.

Karena hal itu saya memutuskan hanya mengambil sebagian dari file ROM Fastboot tersebut, contoh seperti trick install TWRP pada Redmi Note 3 Pro [Kenzo] MIUI update 8.2.2.0, 8.2.3.0 dan 8.2.4.0.

 
Untuk
Persiapan :

Catatan Penting : 
Sebelum melakukan proses dengan trick ini disarankan untuk melakukan backup data penyimpanan internal terlebih dahulu karena kita proses ini sama seperti flash ROM Fastboot.





Pastikan terlebih dahulu driver smartphone Xiaomi berjalan dengan baik, apabila bermasalah install terlebih dahulu driver Qualqomm atau Mi PCSuit  agar nantinya berjalan dengan baik, anda dapat mendownloadnya disini.

Kemudian ekstrak hasil download ROM Fastboot dan TWRP suport MIUI 7 dan 8, setelah Anda ekstrak lakukan penggabungan antara kedua buah file tersebut dengan cara copy - paste (replace) isi file dari TWRP ke dalam folder "images" yang ada pada ROM  fastboot.


Cara Install TWRP   Non UBL Redmi Note 3 Pro [Kenzo]  pada MIUI 7 dan 8

Setelah selesai matikan terlebih dahulu smartphone anda, setelah itu barulah dilanjutkan dengan menekan kombinasi tombol volume bawah + tombol power bersamaan, setelah itu akan muncul MIUI BUNNY itu berarti smartphone sudah berada mode fastboot dan hubungkan devices ke komputer menggunakan kabel data.

Berhubung smartphone masih dalam keadaan "LOCK BOOT LOADER", maka anda harus menjadikan smartphone dalam mode “EDL” caranya gunakan  Tool Mipedi ToolKits Kenzo untuk mempermudah beralih ke mode EDL.

Apabila sukses smartphone kenzo akan berada pada "EDL mode" yang ditandai dengan layar blank dan lampu indikator berwarna merah berkedip-kedip.

Kalau sudah mengerti lanjutkan langkah-langkah berikut ini.

cari lokasi folder file ROM fastboot yang telah dikombinasikan tadi dengan dengan cara mengklik  "select"  hasil dari ekstra tadi, Sudah ditemukan...?


Lanjutkan mengklik “refresh” biasanya akan muncul serial port "COMXX" dalam mode EDL, dan kemudian lihat pada posisi bawah metode flashtool gunakan opsi "Flash All and Lock / Clear All and Lock"  lanjutkan dengan mengklik “Flash” pada MiFlashtool.

Tunggu beberapa saat proses berlangsung.....sehingga nantinya status pada Miflashtool menjadi "success"



Kalau sudah sukses, lepaskan kabel data yang terhubung, anda dapat langsung beralih ke mode Recovery TWRP  dengan cara menekan terlebih dahulu tombol volume atas kemudian barulah menekan tombol Power atau anda dapat menyalakan kembali smartphone seperti biasanya tunggu hingga smartphone berjalan seperti biasanya, setelah kenzo berjalan normal baru beralih ke mode recovery TWRP.

Oh... iya apabila nantinya ternyata TWRP tidak bekerja dengan baik atau ternyata recovery masih seperti bawaan dari Xiaomi anda dapat menggunakan MiPedi Tool Kits pada menu yang ke 3.

Masih Bingung? Silahkan Simak Video dibawah ini!



Peringatan :
Saya tidak merekomendasikan trick  ini bagi yang awam tentang oprak sistem android. Segala resiko selama proses flashing/install ditanggung pengguna yang ingin sukses melakukannya !!!



Demikian semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.
Terima kasih atas kunjungannya.


Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel