Cara Termudah Install GAPPS "Google Play Store" pada ROM Cina Xiaomi Smartphone

Cara Termudah Install GAPPS "Google Play Store"  pada ROM Cina Xiaomi Smartphone

Salah satu penyebab membuat pengguna Xiaomi di Indonesia tidak menyukai Mi Xiaomi ROM versi Cina adalah ketiadaan bahasa Indonesia dalam pengaturan setelan pada versi ini, namun bukan itu saja yang menjadi penyebab tidak disukai penggunanya, salah satunya lagi adalah ketidakadaan aplikasi "Google Plays Store" pada ROM versi Cina ini.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Custom ROM OS pada Android adalah hal biasa ketidak adaan Google Play Store pada OS tersebut atau yang biasanya disebut dengan GAPPS, namun akan terasa lebih heran kenapa pada ROM versi Cina Xiaomi Smartphone tidak terdapat Google Play Store  padahal ini sangat penting sekali, entah karena kebijakan pemerintah disana atau bukan?

Memang sebenarnya ROM versi Cina tersebut di khususkan hanya untuk region "Cina" saja tapi pada kenyataan pengguna Xiaomi tidak hanya diperuntukkan di Cina saja padahal penggunanya sudah merambah ke luar negeri  di berbagai negara.

Sebelumnya agar ROM versi Cina terinstall GAPPS harus Unlock Bootloader (UBL) yang proses Instalasinya melalui TWRP  membuat pengguna awam enggan untuk melakukannya. Nah sekarang tidak perlu lagi Unlock Bootloader (UBL) atau Root sekalipun, untuk dapat menikmati aplikasi Google Play Store di ROM versi China ini "KOK Bisa", caranya ternyata sangat gampang bahkan tidak perlu sama sekali menggunakan komputer / PC sama sekali, yang diperlukan hanya membutuhkan akses internet, Bagaimana caranya?


Begini Cara Mudah Install GAPPS "Google Play Store"  pada ROM Cina Xiaomi Smartphone untuk semua Tipe  



Jalankan aplikasi "app Store" ketik pada kolom pencarian aplikasi dengan kata kunci "google" nantinya akan muncul icon aplikasi seperti pada gambar karena dalam aksara Cina saya gak tau ini apa artinya... mungkin dalam tulisan latin "GOOGLE INSTALLER" kali yaah... haha

Kalau sudah ditemukan, install dan tunggu hingga selesai, apabila nantinya muncul notifikasi "for security, your phone is set to block installation of apps obtained from unknown sorce" itu artinya aplikasi ini membutuhkan akses sumber tidak dikenal "unknown source"  aktifkan mode ini pada menu security.

Setelah selesai, aplikasi akan mendownload dan menginstall paket lengkap GAPPS "Google Plays Stroe" seperti :

  1. Google Services Framework 
  2. Google Account Manager 
  3. Google Play Servis
  4. Google Calendar Sync
  5. Google Contacts Sync
  6. Google Play Store

tahapan proses install google play store

Proses installasi akan dilakukan secara bertahap, jangan di "cancel" disalah satu aplikasi karena terlewatkan satu aplikasi saja akan membuat error nantinya. Untuk proses ini hanya memakan waktu beberapa menit namun semua tergantung pada akses internet anda, apakah sedang "jooost" banget atau "siputt" bangetttt..

Nah.. gampang banget bukan proses installnya gak perlu lagi Unlock Bootloader yang merepotin bagi banyak pengguna, gak perlu lagi ngeroot  devices yang memiliki resiko pada devices apa lagi yang awam gak ngerti kutak - katik soal dunia "oprakk hp-an".

Demikian semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.
Terima kasih atas kunjungannya.


Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel