Selalu Typo? Yuk.. Nonaktifkan Koreksi Otomatis Keyboard Xiaomi Agar Tidak Typo Lagi

MIUIPEDIA - Kesalahan tipografi atau galat tipografi (dalam bahasa Inggris biasa disingkat typo) adalah kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik. Istilah ini mencakup kesalahan karena kegagalan mekanis atau slip tangan atau jari, tetapi tidak termasuk kesalahan yang timbul akibat ketidaktahuan penulis, seperti kesalahan ejaan. Kesalahan tipografi dapat disebabkan oleh jari yang menekan dua tombol papan ketik yang berdekatan secara bersamaan. Kesalahan tipografi bukan merupakan kesalahan yang disengaja.


Typo dapat mengubah arti kata atau bahkan arti dari kalimat, terutama dalam bahasa Indonesia. Contohnya, kata 'ketika' yang ditulis menjadi 'ketiak' mengandung arti yang sangat jauh berbeda. Kesalahan tik seperti ini tidak akan dapat dideteksi oleh aplikasi pengecek ejaan (spelling checker).

Naah.. bagaimana apabila kesalahan itu terjadi karena Koreksi Otomatis yang umumnya di Indonesia menyingkat kata untuk menyampaikan pesan.

Artikel ini juga saya tulis teringat dengan sahabat saya yang kalau chat, WA atau SMS yang sering salah alias "typo" yang membuat sulit memahami apa yang ia ingin sampaikan salah satu penyebabnya koreksi otomatis pada aplikasi Keyboard yang di aktifkan al hasil secara otomatis keyboard mensugesti kata-kata yang disingkat menjadi kata yang tidak sesuai apa yang kita ingin sampaikan.


Seperti "Chatingan" berikut tapi ini bukan chat dengan sahabat saya, jangan sampai kisah typo seperti ini menjadi bahan tertawaan... :D








Masih Ngakak...?
Atau udah gak waras lagi... hehe
Udah.. yaah ikutin tutorial berikut yuuk... biar gk "typo" lagi...


Begini Cara Nonaktifkan Koreksi Otomatis pada Aplikasi Keyboard Xiaomi



Akses ke Pengaturan Keyboard Gboard
Pertama, akses ke pengaturan/setelan smartphone terlebih dahulu kemudian setelah berada pada menu pengaturan, tekan "...setelan tambahan"  dilanjutkan dengan menekan "bahasa & masukan" nah di dalam menu inilah pengaturan keyboard berada semisal anda memilih Keyboard Gboard.

Menonaktifkan Koreksi Otomatis Gboard
Sekarang pada pengaturan Keyboard Gboard cari menu "koreksi teks", kalau sudah ditemukan tekan menu tersebut setelah terlihat tampilan menu dari koreksi teks, kamu geser dikit ke bawah dan non-aktifkan tombol "koreksi otomatis" tersebut.

Akses ke Pengaturan Keyboard SwiftKey
Tidak jauh berbeda cara mengakses pengaturan Keyboard Gboard  yang berbeda hanya pada jenis atau aplikasi keyboard apa yang di gunakan, karena pada smartphone Xiaomi yang menggunakan ROM Global Stable  umumnya  memiliki dua aplikasi keyboard yang ditanamkan pada sistem.

Yang kedua ini menggunakan aplikasi Keyboard SwiftKey, untuk akses ke pengaturan handphone lakukan seperti pengaturan Gboard yang sudah saya jelaskan sebelumnya seperti mengakses pengaturan terlebih dahulu, tekan "...setelan tambahan"  dilanjutkan dengan menekan "bahasa & masukan" di dalam menu pengaturan kamu pilih "Keyboard SwiftKey".


Menonaktifkan Koreksi Otomatis SwiftKey
Dan kemudian pada pengaturan Keyboard SwiftKey cari menu "Mengetik", kalau sudah ditemukan tekan menu tersebut setelah terlihat tampilan menu "Mengetik & Koreksi Otomatis" tekan menu tersebut dan akan muncul menu "koreksi otomatis" non aktikan tombol "koreksi otomatis" tersebut dengan menekan icon contreng.

Demikian semoga terhibur dan bermanfaat... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel