Terbukti, Berikut Tips Agar Baterai Smartphone Android Kalian tidak Boros ( Battery Optimization ) Xiaomi

MIUIPEDIA Cara agar baterai Lebih irit, hemat dan tahan lama | Letak Lokasi Pengoptimalan Baterai ( Battery Optimization ) pada Sistem Android khususnya nya MIUI contoh : MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 agak sulit untuk ditemukan atau Tersembunyi.


Berbeda dengan Stok Android contoh : Android ONE yang sangat mudah untuk diakses, dapat ditemukan di settingan Android Tersebut, Fitur tersebut dapat menjadi Trik untuk menghemat Baterai Smartphone Xiaomi kalian.

Sejak Android 6.0 ( API Level 23 ) Marshmallow Android memperkenalkan fitur penghemat baterai yang dapat memperpanjang daya tahan baterai dengan mengontrol penggunaan aplikasi saat perangkat tidak digunakan.


Dengan fitur tersebut dapat mengurangi penggunaan atau konsumsi baterai oleh aplikasi seperti aktifitas jaringan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang pada saat perangkat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.



Jika Perangkat dalam waktu lama tidak digunakan ( keadaan layar mati ) fitur tersebut akan aktif, dan sistem akan berusaha dalam melakukan pengoptimalan baterai ( Battery Optimization ) mencegah aplikasi yang telah dipilih untuk melakukan tugas di latar belakang,

Dan penggunaan Jaringan, Sehingga Baterai akan dapat bertahan lebih lama dan mencegah aplikasi yang boros yang dapat membuat baterai lebih cepat habis.

Tapi sayangnya fitur ini sepertinya agak sulit untuk di akses di sistem Android Berbasis MIUI, Tapi tenang disini saya akan membagikan Tutorial dimana Letak Fitur tersebut di MIUI 7, MIUI 8 maupun Di MIUI 9.

Atau juga dapat dilakukan di MIUI 10 yang lagi hebohnya bagi Pengguna perangkat Xiaomi saat tahun 2018 ini, Tutorial ini dapat digunakan di semua tipe perangkat Xiaomi yang Pastinya berbasis MIUI bukan Android ONE.

Dengan fitur tersebut juga dapat mengatasi masalah baterai yang boros pada Perangkat Xiaomi kalian yang dimana kabarnya setiap update Baterai menjadi Boros, dan juga saya rasa ini dapat di padukan dengan cara menghapus aplikasi bawaan ( Bloatware ) pada Perangkat Xiaomi kalian tanpa harus Root yang dimana dapat menghemat penggunaan Baterai, Memori dan RAM.

APA ITU PENGOPTIMALAN BATERAI  ?  adalah sebuah fitur yang ada Sejak Android 6.0 ( API Level 23 ) Marshmallow dimana dengan fitur tersebut Aplikasi yang terpilih akan di cegah oleh sistem agar tidak berjalan di latar belakang saat tidak digunakan ( keadaan layar mati ).

Cara Menggunakan Battery Optimization di ROM MIUI


  • Download QuickShortcutMaker
  • Buka aplikasi QuickShortcutMaker Ketik " Battery " di pencarian..
  • Lalu klik Setting ( setelan ) sehingga akan muncul beberapa shorcut seperti gambar diatas
  • Lalu pilih Shortcut yang pertama seperti gambar diatas yang judul ujungnya $PowerUsageSummaryActivity ( bisa saja akan berbeda di versi MIUI lain ) 
  • lalu klik coba ( try ) kamu akan di arahkan ke pengaturan Tersebut melalui Shorcut Tersebut.


  • Pilih Pengoptimalan Baterai seperti gambar diatas.
  • Nah disana akan muncul aplikasi apa saja yang dapat dioptimalkan sehingga pada saat perangkat tidak gunakan aplikasi tersebut tidak akan berjalan di latar belakang atau menggunakan Jaringan hal tersebut akan di cegah oleh sistem.


  • Pilih aplikasi yang ingin di optimalkan..


Misalnya ada pertanyaan terkait artikel Terbukti, Berikut Tips Agar Baterai Smartphone Android Kalian tidak Boros ( Battery Optimization ) Xiaomi ini silahkan komentar dibawah dan juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Menarik Lainnya: