Mengenal Mode Picture in Picture dan Cara menggunakannya Di Smartphone Android Xiaomi

Google Images
Source : Google Images*

Cara menggunakan Fitur Picture In Picture ( PIP ) Di Perangkat Xiaomi - PIP adalah sebuah fitur yang tersedia di Android 8.0 Oreo yang Basednya Android One seperti Xiaomi Mi A1 yang mengusung sistem Android One, Tetapi Nyatanya Fitur seperti itu juga ada di sistem Android MIUI fitur tersebut Hampir sama fungsinya.

Bedanya di MIUI di kenal dengan Display pop-up windows hanya saja fitur Picture In Picture ( PIP ) ini adalah sebuah mode multi-jendela yang sebagian besar digunakan untuk pemutaran video, Melakukan Video Call, atau Saat Navigasi Peta seperti Google Maps saat kalian menekan Tombol Home aplikasi tersebut akan disematkan ke sudut layar saat menavigasi antar aplikasi atau menjelajahi konten di layar utama.

Jadi dengan Mode tersebut kalian bisa melakukan Video call, atau Menonton Video baik secara Offline ( video yang berasal dari Penyimpanan ) maupun Online sepert Youtube dan Navigasi Peta dalam tampilan floating window yang dapat dipindahkan lokasinya layaknya Always On top pada sistem operasi windows di Komputer.

Bahkan Mode Picture in Picture ini juga dapat dipadukan dengan Split Screen sehingga kalian dapat membuka dan menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan, ini sangat cocok sekali bagi kalian yang memiliki layar yang besar.

Kali ini saya akan membahas Tentang Cara menggunakan PIP di Smartphone Android Oreo 8.0, Serta Kelebihan dan Kekurangannya menurut saya pribadi, Bagi kalian yang Pengguna Rom MIUI Kalian dapat merasakan Fitur Tersebut dengan menggunakan Custom ROM android 8.0 Oreo, saya sarankan kalian bisa menggunakan Custom ROM Pixel Expirence bisa kunjungi link resminya DISINI silahkan lihat apakah untuk Tipe Smartphone kalian Tersedia disana, Sebelum itu pastikan Kalian Telah melakukan Unlock Bootloader Dan Terpasang TWRP dan memahami bagaimana cara penginstallan Rom.



Kelebihan Picture in Picture

  • dapat menonton video atau pun melakukan video call dan navigasi peta dalam tampilan Floating window yang dapat kalian geser lokasinya.
  • mudah digunakan
  • Menonton Video sambil membuka aplikasi lain seperti membaca artikel atau bermain game
  • dapat dipadukan dengan Split Screen sehingga lebih banyak lagi Multi Tasking yang dapat dilakukan di Ponsel Android.

Kelemahan Picture in Picture

  • Belum banyak aplikasi yang support PIP
  • Hanya Tersedia di android 8.0 Oreo
  • dan lain - lainnya...
APA ITU PICTURE IN PICTURE ? PIP adalah sebuah fitur yang tersedia di Android 8.0 sebuah mode multi-jendela yang sebagian besar digunakan untuk pemutaran video, Melakukan Video Call, atau Saat Navigasi Peta seperti Google Maps saat kalian menekan Tombol Home aplikasi tersebut akan disematkan ke sudut layar saat menavigasi antar aplikasi atau menjelajahi konten di layar utama.
CARA MENGGUNAKAN MODE PICTURE IN PICTURE ( PIP ) DI ANDROID OREO
SETTING PIP DI ANDROID OREO XIAOMI

  • Masuk ke settingan Lalu cari Pengaturan Picture in Picture Seperti Gambar Diatas
  • Setelah itu di Pengaturan Picture in Picture akan Terlihat aplikasi Yang membutuhkan ijin untuk menggunakan mode PIP, Beri ijin mode Picture in Picture pada aplikasi yang kalian inginkan seperti gambar Dibawah.
IJINKAN PIP DI ANDROID OREO XIAOMI

  • Sebagai Contoh disini saya mencoba di aplikasi VLC untuk menonton video yang ada di penyimpanan perangkat, agar dapat menonton dengan mode floating window.
  • Buka Aplikasi VLC Buka Setting - Pada Tab Video - Pilih Background PiP Mode lalu klik Mode Play Video in Picture-in-Picture Mode ( lihat gambar dibawah jika kurang jelas ) 
  • Dan Setelah itu silahkan Putar atau Tonton Video yang diinginkan melalui VLC Setelah videonya Mulai Lalu Tekan TOMBOL HOME Pada tombol fisik atau Navbar kalian.
SETTING VLC MODE PIP

  • Maka Hasilnya akan seperti ini... aplikasi VLC akan menggunakan Mode PiP
VLC MODE PIP



Demikian Berikut Mengenal Mode Picture in Picture dan Cara menggunakannya Di Smartphone Android Xiaomi ... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di  google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel