-->

Mengenal Mode Picture in Picture dan Cara menggunakannya Di Smartphone Android Xiaomi

MIUIPEDIA Cara menggunakan Fitur Picture In Picture ( PIP ) Di Perangkat Xiaomi | PIP adalah sebuah fitur yang tersedia di Android 8.0 Oreo yang Basednya Android One seperti Xiaomi Mi A1 yang mengusung sistem Android One, Tetapi Nyatanya Fitur seperti itu juga ada di sistem Android MIUI fitur tersebut Hampir sama fungsinya.

Bedanya di MIUI di kenal dengan Display pop-up windows hanya saja fitur Picture In Picture ( PIP ) ini adalah sebuah mode multi-jendela yang sebagian besar digunakan untuk pemutaran video, Melakukan Video Call, atau Saat Navigasi Peta seperti Google Maps


Saat kalian menekan Tombol Home aplikasi tersebut akan disematkan ke sudut layar saat menavigasi antar aplikasi atau menjelajahi konten di layar utama.



Jadi dengan Mode tersebut kalian bisa melakukan Video call, atau Menonton Video baik secara Offline ( video yang berasal dari Penyimpanan ) maupun Online sepert Youtube dan Navigasi Peta dalam tampilan floating window yang dapat dipindahkan lokasinya layaknya Always On top pada sistem operasi windows di Komputer.

Bahkan Mode Picture in Picture ini juga dapat dipadukan dengan Split Screen sehingga kalian dapat membuka dan menjalankan banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan, ini sangat cocok sekali bagi kalian yang memiliki layar yang besar.

Kali ini saya akan membahas Tentang Cara menggunakan PIP di Smartphone Android Oreo 8.0, Serta Kelebihan dan Kekurangannya menurut saya pribadi.

Bagi kamu yang tidak dapat menemukan fitur ini di setinggan ponsel, karena berada di android dibawah android Oreo 8.0

Saya sarankan kalian bisa menggunakan Custom ROM Pixel Expirence bisa kunjungi link resminya DISINI silahkan lihat apakah untuk Tipe Smartphone kalian Tersedia disana, Sebelum itu pastikan Kalian Telah melakukan Unlock Bootloader Dan Terpasang TWRP dan memahami bagaimana cara penginstallan Rom.


Kelebihan Picture in Picture

  • dapat menonton video atau pun melakukan video call dan navigasi peta dalam tampilan Floating window yang dapat kalian geser lokasinya.
  • mudah digunakan
  • Menonton Video sambil membuka aplikasi lain seperti membaca artikel atau bermain game
  • dapat dipadukan dengan Split Screen sehingga lebih banyak lagi Multi Tasking yang dapat dilakukan di Ponsel Android.

Kelemahan Picture in Picture

  • Belum banyak aplikasi yang support PIP
  • Hanya Tersedia di android 8.0 Oreo
  • dan lain - lainnya...

APA ITU PIP ? Picture-in-Picture adalah sebuah fitur yang tersedia di Android 8.0 sebuah mode multi-jendela yang sebagian besar digunakan untuk pemutaran video, Melakukan Video Call, atau Saat Navigasi Peta seperti Google Maps saat kalian menekan Tombol Home aplikasi tersebut akan disematkan ke sudut layar saat menavigasi antar aplikasi atau menjelajahi konten di layar utama.

Cara Menggunakan Mode PIP di Android 

  • Masuk ke settingan Lalu cari Pengaturan Picture in Picture Seperti Gambar Dibawah
  • Setelah itu di Pengaturan Picture in Picture akan Terlihat aplikasi Yang membutuhkan ijin untuk menggunakan mode PIP.


  • Beri ijin mode Picture in Picture pada aplikasi yang kalian inginkan seperti gambar Dibawah.
  • Sebagai Contoh disini saya mencoba di aplikasi VLC untuk menonton video yang ada di penyimpanan perangkat, agar dapat menonton dengan mode floating window.


  • Buka Aplikasi VLC Buka Setting - Pada Tab Video - Pilih Background PiP Mode lalu klik Mode Play Video in Picture-in-Picture Mode ( lihat gambar dibawah jika kurang jelas ) 
  • Dan Setelah itu silahkan Putar atau Tonton Video yang diinginkan melalui VLC Setelah videonya Mulai Lalu Tekan TOMBOL HOME Pada tombol fisik atau Navbar kalian.


  • Maka Hasilnya akan seperti ini... aplikasi VLC akan menggunakan Mode PiP



Misalnya ada pertanyaan terkait artikel Mengenal Mode Picture in Picture dan Cara menggunakannya Di Smartphone Android Xiaomi ini silahkan komentar dibawah dan juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.