Tutorial Lengkap 100% Sukses Unlock Bootloader XIAOMI dengan Cara ini


Unlock Bootloader  (UBL) adalah suatu cara untuk membuka kunci bootloader  pada prangkat smartphone, untuk perangkat smartphone XIAOMI menggunakan tool “Mi Unlock”, selama proses unlock dibutuhkan akses internet dengan akun Mi yang telah terdaftar dan disetujui permohonan akses unlock bootloader sebelumnya".

Dikutif dari miui.web.idxiaomi sudah mulai me-lock bootloader pada redmi Note 3 sejak pertama kali diluncurkan, yang tujuannya untuk melindungi keselamatan data pengguna".

Seperti yang Xiaomi ungkap sebelumnya, Xiaomi akan membuat perubahan yang sama untuk Seri Mi lainnya secara bertahap. Dan Device selanjutnya seperti Mi 4c dan Mi Note Pro. Mungkin Juga untuk perangkat teranyar Xiaomi kedepannya.

Anda ingin tahu perbedaan perangkat lock bootloader dan unlock bootloader ?

Pada prangkat lock bootloader
  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA
  2. Akses ROOT akan dinonaktifkan
  3. Untuk memperbarui perangkat via recovery perlu menggunakan Mi PC Suite


Sedangkan, pada unlock bootloader
  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA. Namun ada sebagian pengguna yang mengganti sistem recovery menjadi recovery TWRP tidak dapat melakukan update via OTA dikarenakan fitur TWRP yang tidak menyediakan fitur tersebut
  2. Akses ROOT akan diaktifkan
  3. System recovery dapat digantikan dengan sistem recovery TWRP

Jika Anda sendiri tidak mengerti banyak hal tentang dunia Android mulai dari Flashing ROM, costom ROM, ROOTing, costom recovery TWRP, tweak dll. Unlock Bootloader sangat tidak disarankan, karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Anda atau data pribadi.

Tutorial Lengkap 100% Sukses Unlock Bootloader XIAOMI dengan Cara ini

Tutorial Lengkap 100% Sukses Unlock Bootloader XIOMI dengan Cara ini
Tutorial ini bisa dikatakan pengalaman saya pribadi, dengan mencari berbagai sumber tutorial unlock bootloader yang membuat saya sedikit kebingungan untuk melakukan proses UBL pada prangkat smartphone  XIAOMI saya.

Persiapan :

  1. Perangkat Smartphone XIAOMI
  2. Komputer OS Windows 7, 8 (8,1), 10 atau yang terbaru diutama bersistem 64 Bit
  3. Kabel data XIAOMI atau yang sejenis yang berkualias baik
  4. Memiliki koneksi internet yang stabil
  5. Sudar memiliki akun Mi (kalau belum silahkan daftar terlebih  dahulu (www.account.xiaomi.com)
  6. Download driver qualcomm 64 bit / qualcomm 34 bit bagi devices snapdragon atau USB VCOM digunakan untuk devices bertipe MTK (download sesuai tipe prosesor smartphone cek dengan aplikasi CPU Z apabila ingin mengetahui tipe CPU)  
  7. Download Mi Unlock  / mirror link
  8. Download ROM Fastboot China Developer 


Catatan :
Sebelumnya saya mewajibkan untuk Download ROM China Developer, karena dapat info dari sahabat miuipedia.com, tidak harus pindah ke ROM China Developer ternyata juga sukses melakukan Unlock Bootloader.

Saran saya cobalah terlebih dahulu unlock dengan ROM MIUI yang ada anda gunakan sekarang, apabila gagal verifikasi stop pada 50% baru pindah ROM China Developer.


Permohonan Unlock Bootloader (Apply Unlock Bootloader)

Tahap ini kini sudah tidak diperlukan lagi dengan perubahan prosedur dalam tahapan unlock bootloader perangkat smartphone Xiaomi sekarang, prosedur atau tahapan dalam proses unlock bootloder kini tidak perlu lagi melakukan permohonan izin unlock bootloader di situs http://en.miui.com/unlock/

http://en.miui.com/unlock/

Dengan peraturan baru ini prosesnya disederhanakan dan izin diberikan secara otomatis. Anda hanya perlu mendownload Mi Unlock Tools terbaru dan memberikan akses pada opsi pengembang dengan mengaktifkan toggle Buka Kunci OEM. 


Baca Juga: Cara Mengetahui Jenis, Ciri, Perbedaan ROM Developer, Stable, Abal-Abal dan Juga Custom ROM Xiaomi

Proses Unlock Bootloader dengan Menggunakan Mi Unlock Tool

Install terlebih dahulu driver smartphone yang anda gunakan, apabila sudah terinstal tool MiFlashtool atau SP Flash Tool atau juga PC Suite pada komputer anda abaikan saja hal ini.

Tinggal beberapa langkah lagi yang harus anda lakukan.

Pertama, sebelumnya aktifkan terlebih dahulu Buka Kunci OEM [OEM unlocking] pada opsi pengembang. 

Apabila menu opsi pengembang [Developer Options] tidak terlihat pada setelan ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, dengan cara :
  • Akses ke setelan [Settings] > Tentang Ponsel [About Phone] tekan sebenyak 7 kali pada Versi MIUI [MIUI Version]
  • Kemudian cek pada menu setelan > ...setelan tambahan [Additional Settings] cek apakah sub menu opsi pengembang [Developer Options] sudah terlihat?

cara aktifkan buka kunci OEM

Pada sub menu opsi pengembang, cari dan temukan, aktifkan toggle Buka kunci OEM kemudian ketuk sub menu Status Mi Unlock. 

Kemudian ketuk tambah akun dan perangkat, pastikan mi akun Xiaomi Anda sudah di aktifkan pada perangkat, kalau belum silahkan aktifkan terlebih dahulu, ingat samakan dengan akun yang akan di gunakan untuk Mi Unlock Tool. 

Proses tambah akun dan perangkat tidak akan berlanjut apabila Anda mempergunakan koneksi via Wifi, wajib mempergunakan paket data, pastikan Anda memiliki quota paket terlebih dahulu.

Baca informasi yang diberikan dan resiko yang terjadi apabila perangkat dalam keadaan Unlock Bootloader. Tujuan Lock Bootloader untuk memastikan keamanan dan agar pihak ketiga tidak bisa memperoleh info pribadi Anda.

Lihat pada icon gembok, apabila terbuka itu artinya perangkat sudah dalam keadaan unlock bootloader, abaikan tutorial ini karena perangkat Anda sudah berstatus terbuka bootloadernya,

Oh.. iya pastikan Akun Mi anda sudah terlihat "online" pada smartphone yang akan di unlock untuk memastikan nya anda dapat mengunjungi website https://i.mi.com/


pastikan Akun Mi anda sudah terlihat "online"

Setelah anda loging, dilanjutkan dengan mengklik pada tab menu find device, tunggu beberapa saat akan terlihat status devices, apakah dalam keadaan online atau tidak, apabila  terlihat "online" dapat lanjutkan dengan langkah selanjutnya.

Kemudian Extrak Tool Mi Unlock yang sudah Anda donwload sebelumnya pada direktori drive PC yang mudah ditemukan dan klik MiFlashUnlock.exe, akan muncul pesan peringatan dan dilanjutkan dengan mengklik “agree”


Sign in with you Mi Account to unlock devices... sign in menggunakan mi account yang telah disetujui oleh XIOMI

Sign in with you Mi Account to unlock devices... sign in menggunakan mi account yang telah disetujui oleh XIAOMI.

Apabila sukses akan terlihat menu “unlock”

Baca Juga : Baru! 2 Cara Reset Akun Mi Cloud Xiaomi Yang Terkunci Karena Lupa Password, Email atau Nomor Handphone

Setelah itu dilanjutkan dengan mematikan daya smartphone XIAOMI dan masuk ke mode fastboot dengan menggunakan kombilasi tombol volume bawah + power hingga muncul tampilan MUI BUNNY sedang oprak robot android.


Kedua, hubungkan kabel data dari pc ke smartphone, tampilan Mi Unlock akan menjadi seperti ini.

Sign in with you Mi Account to unlock devices... sign in menggunakan mi account yang telah disetujui oleh XIOMI

Dan dilanjutkan dengan mengklik unlock, proses unlock akan berjalan hingga mencapai 100% apabila stop pada 50% dan muncul pesan “couldn’t verfy device” 

“couldn’t verfy device”  cek kembali pada tahapan unlock bootloader

Hal ini terjadi karena beberapa kesalahan seperti :
  1. Lupa mengaktifkan Buka Kunci OEM [OEM unlocking] pada opsi pengembang
  2. Tidak menggunakan ROM Depelover China, walaupun saya sendiri pernah unlock menggunakan ROM Global Stabel namun lebih banyak gagal dari pada suksesnya 

Dan kembali pada langkah sebelumnya,  coba kembali proses unlock bootloader, namun saya menyarankan untuk  melakukan logout terlebih dahulu sebelum mencoba kembali.

"Unlocked Successfully" selamat sudah UBL dengan sukses

Unlocked Successfully.... !!! Selesai sampai disini selamat, anda Sukses Unlock Bootloader Dengan Baik.

Smartphone Anda sudah pernah unlock bootloader dan kembali device locked bootloader, dikarekan proses flashing ROM menggunakan miFlash, yang Anda harus lakukan tidak harus mengaktifkan Akun mi di device, atau mengaktifkan fitur membuka OEM device Xiaomi dan juga tidak perlu lagi harus menggunakan ROM Developer China lagi. Langsung saja masuk ke mode fastboot dan lakukan lagi proses unlock bootloader menggunakan tool Mi Unlock seperti sebelumnya. Dengan catatan devices yang pernah di unlock harus sama dengan Akun Mi yang pernah digunakan.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi saya.

Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu.

Terima kasih atas kunjungannya.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di  google + dan twitter.
Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel