6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI menggunakan MIFlashtool

6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI  menggunakan MIFlashtool

Kesal sering mengalami gagal saat flashing rom padahal sudah banyak download berbagai macam versi stock rom XIAOMI, atau ingin mengatasi update smartphone Anda ke versi yang terbaru tapi kok tidak ada pembaharuan nya yah..??

Ati..ati bisa jadi itu rom abal..abal alias rom distributor hehe

Hingga saat ini XIAOMI terus menyempurnakan Mi Flashtool mereka, untuk mempermudah para penguna gadget yang ingin mengupdate melalui pc atau ingin mengatasi gadget mereka yang bermasalah.

Mi Flashtool adalah sebuah tool yang berfungsi untuk flash ROM khusus smartphone XIAOMI berchipset Qualcomm saja, namun ada berberapa device keluaran XIAOMI seperti pada varian Redmi Note menggunakan chipset Mediatek untuk mengetahui jenis chipset yang disematkan pada smartphone dapat menggunakan aplikasi CPU-Z.

Lantas bagaimana sih supaya sukses flash ROM agar tidak timbul pesan ‘error’.


Berikut 6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI menggunakan MIFlashtool yang harus Anda ketahui :


Pertama, pergunakan komputer baik itu pc atau laptop OS windows 7, 8 (8,1), 9, 10 atau versi terbaru direkomendasikan bersistem 64 Bit

Kedua, kabel data yang digunakan harus berkualitas baik, dapat menggunakan kabel data ory XIAOMI atau kabel data merek lain yang berkualitas bai


Ketiga, apabila pada saat proses installasi MIFlashtool terdapat peringatan ‘Driver Signature’ ada baiknya kamu menonaktifkan Driver Signature terlebih dahulu

Keempat, devices dalam mode "Fastboot" seharusnya dalam mode EDL XIAOMI  ditandai dengan lanyar menjadi blank hitam dan lampu indikator nitifikasi berwarna merah berkedip, untuk mempermudah masuk ke mode EDL gunakan MipediTools Kits Fastboot Mode to EDL

Kelima, driver yang tidak terdeteksi sempurna coba cek di devices manager komputer
tahapan mengatasi driver XIOMI tidak terdeteksi COMXX

Lihat pada bagian Ports (COM & LPT) devices yang terdapat tanda "!" berwarna kuning, itu berarti driver tidak terdeteksi dengan sempurna. 

Untuk memperbaiki klik kanan pada devices akan muncul beberapa pilihan, klik update driver sofware > browse my computer for sofware cari lokasi Folder XIAOMI  hasil dari installasi  MiFlashtool  secara default berada di drive C atau di Program File.

tahapan mengatasi driver XIOMI tidak terdeteksi COMXX

Setelah menemukan pilih Folder Quadcomm  dan klik OK 

tahapan mengatasi driver XIOMI tidak terdeteksi COMXX

Selanjutnya hilangkan "contrengan" pada Include subfolders dan klik > let me pick from a list of device...  akan tampil opsi pilihan driver untuk installasi driver devices XIAOMI. 
tahapan mengatasi driver XIOMI tidak terdeteksi COMXX

dan cek kembali pada Devices manager komputer, apabila tandar "!" (seru) telah hilang, selamat anda telah sukses "DEVICES TERDETEKSI DENGAN BAIK" 
    
Keenam, disaat flashing ROM sebelumnya Anda sukses melakukannya flashing dan dikala ingin Flash ROM pada versi yang MIUI yang terbaru  terjadi kegagalan cobalah untuk mengganti MIFlashtool versi yang terbaru

gunakan MiFlashtool terbaru : Mengasi Gagal Flashing ROM

Proses flashing berjalan sekian detik dan timbul pesan "error"  itu artinya Anda harus mengupdate MiFlashtool yang terbaru untuk mencoba flashing ROM kembali




Sudah paham...?

Saya anggap sudah mengerti tahapan-tahapannya kita lanjut mengenai fungsi Clean All, Save User Data dan Clean All and lock yang terdapat pada sudut kanan bawah aplikasi MiFlashtool.
fungsi Clean All, Save User Data dan Clean All and lock MiFlashtool

Clean all,  pada opsi ini Anda akan kehilangan semua data yang tersimpan pada smartphone tapi tenang data di Mi Cloud tetap aman.

Save user data, sedangkan jika Anda memilih opsi ini, semua data pengguna yang tersimpan dalam smartphone akan tetap aman tidak perlu khawatir tentang data Anda. Namun saya tetap menyarankan untuk data seperti poto, video dan data-data penting yang tersimpan di memori internal lebih baik di backup terlebih dahulu. Karena banyak pengguna MiFlashtool pada opsi ini data-data yang tersimpan di dalamnya ternyata tatap terhapus juga.

Clean all and lock, dan untuk opsi ini bagi Anda yang devices XIAOMInya ter-Unlock Bootloader-Nya dan berkeinginan untuk meng-lock nya kembali pilihlah opsi ini.

Kalau sudah memahami dengan baik,  silahkan download beberapa versi MIFlashtool  yang dapat Anda gunakan :

MiFlashtool :

Mi PCsuit :

Driver Qualcomm :
Driver Mediatek :

Bagi pemula silahkan baca perlahan-lahan jangan keburu nafsu ya Sob.... :D
pengen cepat mengeflashing ROM yang ada cuman capek mikirnya, ini knapa kok selalu timbul error hehe

Peringatan !!!
Segala resiko selama proses Flashing ROM ditanggung sendiri ya Sob.

Ada yang ingin ditanyakan...?
Silahkan beri komentar, semampu saya akan membantu sahabat dan terakhir jangan lupa di share dan berkunjung kembali.


Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu.

Terima kasih atas kunjungannya. 

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di  google + dan twitter.
Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel