-->

6 Langkah Flashing ROM Fastboot MIUI Dengan MiFlash

MIUIPEDIA - 6 Cara Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI Xiaomi Dengan Miflashtool

Kesal sering mengalami gagal saat flashing rom padahal sudah banyak download berbagai macam versi stock rom XIAOMI, atau ingin mengatasi update smartphone Anda ke versi yang terbaru tapi kok tidak ada pembaharuan nya yah..??

Ati..ati bisa jadi itu rom abal..abal alias rom distributor hehe

Hingga saat ini XIAOMI terus menyempurnakan Mi Flashtool mereka, untuk mempermudah para penguna gadget yang ingin mengupdate melalui pc atau ingin mengatasi gadget mereka yang bermasalah.

Mi Flashtool adalah sebuah tool yang berfungsi untuk flash ROM khusus smartphone XIAOMI berchipset Qualcomm saja, namun ada berberapa device keluaran XIAOMI seperti pada varian Redmi Note menggunakan chipset Mediatek untuk mengetahui jenis chipset yang disematkan pada smartphone dapat menggunakan aplikasi CPU-Z.

Lantas bagaimana sih supaya sukses flash ROM agar tidak timbul pesan ‘error’.


Berikut 6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI menggunakan MIFlashtool yang harus Anda ketahui :




Pertama, pergunakan komputer baik itu pc atau laptop OS windows 7, 8 (8,1), 9, 10 atau versi terbaru direkomendasikan bersistem 64 Bit

Kedua, kabel data yang digunakan harus berkualitas baik, dapat menggunakan kabel data ory XIAOMI atau kabel data merek lain yang berkualitas baik

Ketiga, apabila pada saat proses installasi MIFlashtool terdapat peringatan ‘Driver Signature’ ada baiknya kamu menonaktifkan Driver Signature terlebih dahulu

Keempat, devices dalam mode "Fastboot" atau EDL XIAOMI ditandai dengan lanyar menjadi blank hitam dan lampu indikator nitifikasi berwarna merah berkedip, untuk mempermudah masuk ke mode EDL gunakan MipediTools Kits Fastboot Mode to EDL

Kelima, driver yang tidak terdeteksi sempurna coba cek di devices manager komputer


Lihat pada bagian Ports (COM & LPT) devices yang terdapat tanda "!" berwarna kuning, itu berarti driver tidak terdeteksi dengan sempurna. 

Untuk memperbaiki klik kanan pada devices akan muncul beberapa pilihan, klik update driver sofware > browse my computer for sofware cari lokasi Folder XIAOMI  hasil dari installasi  MiFlashtool  secara default berada di drive C atau di Program File.


Setelah menemukan pilih Folder Quadcomm  dan klik OK 


Selanjutnya hilangkan "contrengan" pada Include subfolders dan klik > let me pick from a list of device...  akan tampil opsi pilihan driver untuk installasi driver devices XIAOMI. 


dan cek kembali pada Devices manager komputer, apabila tandar "!" (seru) telah hilang, selamat anda telah sukses "DEVICES TERDETEKSI DENGAN BAIK" Dan Juga Ada Baiknya kamu juga membaca Cara Sukses Install Driver USB untuk Semua Xiaomi di windows.

Keenam, disaat flashing ROM sebelumnya Anda sukses melakukannya flashing dan dikala ingin Flash ROM pada versi yang MIUI yang terbaru  terjadi kegagalan cobalah untuk mengganti MIFlashtool versi yang terbaru



Proses flashing berjalan sekian detik dan timbul pesan "error"  itu artinya Anda harus mengupdate MiFlashtool yang terbaru untuk mencoba flashing ROM kembali


Sudah paham...?

Fungsi Clean All, Save User Data Dan Clean All and Lock MiFlash


Saya anggap sudah mengerti tahapan-tahapannya kita lanjut mengenai fungsi Clean All, Save User Data dan Clean All and lock yang terdapat pada sudut kanan bawah aplikasi MiFlashtool.

Clean all,  pada opsi ini Anda akan kehilangan semua data yang tersimpan pada smartphone tapi tenang data di Mi Cloud tetap aman.

Save user data, sedangkan jika Anda memilih opsi ini, semua data pengguna yang tersimpan dalam smartphone akan tetap aman tidak perlu khawatir tentang data Anda. Namun saya tetap menyarankan untuk data seperti poto, video dan data-data penting yang tersimpan di memori internal lebih baik di backup terlebih dahulu. Karena banyak pengguna MiFlashtool pada opsi ini data-data yang tersimpan di dalamnya ternyata tatap terhapus juga.

Clean all and lock, dan untuk opsi ini bagi Anda yang devices XIAOMInya ter-Unlock Bootloader-Nya dan berkeinginan untuk meng-lock nya kembali pilihlah opsi ini.

Kalau sudah memahami dengan baik, silahkan download beberapa versi MIFlashtool  yang dapat Anda gunakan :

MiFlashtool :


Mi PCsuite :

Driver Qualcomm :

Driver Mediatek


Bagi pemula silahkan baca perlahan-lahan jangan keburu nafsu ya Sob.... :D
pengen cepat mengeflashing ROM yang ada cuman capek mikirnya, ini knapa kok selalu timbul error hehe

Peringatan !!!
Segala resiko selama proses Flashing ROM ditanggung sendiri ya Sob.


Semoga Artikel Tentang 6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI menggunakan MIFlashtool ini bermanfaat untuk kalian semua..


Misalnya ada pertanyaan terkait artikel ini, atau sebuah usulan untuk pembahasan (artikel) di situs ini, silahkan hubungi kami.

Juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, Jangan lupa follow kami di twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.