Mengatasi Masalah updater process ended with ERROR : 7 Pada saat install Custom ROM

MIUIPEDIA Error updater process ended with ERROR : 7 di TWRP | Pada saat install suatu Custom ROM menggunakan TWRP muncul pesan Error yang menyebabkan proses install tersebut gagal.

Padahal Sudah mencoba men-download ulang file Custom ROM beberapa kali masalah tersebut pun tetap muncul dengan pesan Error updater process ended with ERROR : 7

Dan bahkan telah mencoba mengganti TWRP yang lain pesan error : 7 di twrp tersebut tetap muncul.

Baca Juga : Cara Install All Driver USB Xiaomi


Pada awalnya saya kira pesan Error : 7 pada TWRP tersebut terjadi akibat file mengalami kerusakan atau Corrupt sudah berkali kali men-download hal serupa tetap terjadi.

Dan Ternyata ada Tutorial untuk mengatasi masalah Error yang menyebabkan gagalnya proses install pada twrp tersebut.

Dapat diatasi atau diperbaiki ( fix ) dengan syarat File tersebut Memang benar benar tidak mengalami kerusakan atau biasanya di sebut Corrupt pada saat Men-Downloadnya.


TWRP Recovery updater process ended with ERROR : 7




Menurut saya muncul Pesan Error " updater process ended with ERROR : 7 " ini terjadi karena beberapa penyebab.

  1. Karena File Corrupt ( Saat Download ) atau dari sananya.
  2. sebuah kode yang berada di update-script yang dibuat oleh Pengembang ( Developer ) ROM tersebut mengalami ketidak cocokkan pada Versi Perangkat kalian Contohnya Build Prop.


Jika Custom ROM Tersebut memang untuk Perangkat Anda dan Tetap Mengalami Error " updater process ended with ERROR : 7 "

seperti yang saya alami awal awal ini, dan menurut saya ini mungkin terjadi akibat Custom ROM sebelumnya yang saya gunakan Telah membuat tipe atau Codename yang berada di Build Prop Mengalami perubahan.

Baca Juga : Convert EXT4 to F2FS Tanpa Kehilangan Data


Sehingga membuat Custom ROM yang seharusnya Cocok dengan Perangkat yang saya gunakan Mengalami Error dengan Pesan Bahwa Perangkat Tidak Cocok dengan Custom ROM yang ingin saya pakai.

sehingga TWRP memunculkan pesan Error tersebut dan menyebabkan kegagalan Pada saat Install.

Kali ini saya akan membuat Tips, Tutorial Untuk memperbaiki dan mengatasi masalah error process ended with ERROR : 7 di TWRP

Dan saya kira ini juga bisa di terapkan di beberapa tipe Xiaomi umumnya seperti Mi Mix 2, Mi 6, Mi 5s Plus, Mi 5s, Mi 5, Mi 4, Mi 3, Mi Note 2, Mi Max 2, dan Mi Max. Juga, Redmi Note 5, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5A, Redmi Note 5A Prime, Redmi Note 3, Redmi Note 4X, Redmi Note 4 (TW), Redmi Note 3, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 3S, Redmi Y2, Redmi Y1 Lite, Redmi Y1 dan lain-lain.

Bahan yang perlu di Download

  • Sebuah PC / Laptop Windows 7 atau yang terbaru
  • Software buat Extrak file Zip, bisa 7-zip , Winrar Atau Software yang biasanya kalian gunakan. 
  • Notepad ++

Cara Mengatasi Pesan Error : 7 di TWRP


  • Pindahkan File ROM yang telah kalian Download tadi ( Jika Berada di Penyimpanan Perangkat ) Ke PC / Laptop
  • Lalu Ekstrak File ROM Menggunakan Software yang Biasanya kalian gunakan Contoh : 7-Zip atau Winrar.


  • Masuk Ke Folder Hasil Ekstrak Tadi Lalu Cari File yang Bernama updater-script Biasanya Terletak Di META-INF - com - google - android Jika kurang jelas kalian bisa lihat Gambar Dibawah ini.




  • Lalu edit File Tersebut Menggunakan Text Editor yang biasanya kalian gunakan, disini saya menggunakan Software Notepad ++
  • Sebagai Tambahan saya sarankan gunakan Mode View Word wrap, Jika kalian bingung dimana letak settingannya di Notepad++ bisa lihat gambarnya dibawah.


  • Hapus Bagian dari assert (getprop("ro.product.device") === blaa blaaa.... untuk lebih jelas lihat gambar Dibawah. Lalu Save.


  • Kembali Ke awal Folder ROM ( Hasil ekstrak tadi )
  • Select Semua File ( bisa menggunakan Ctrl + A ) lalu lakukan Compress file menjadi ZIP kembali dan pilih Compression level STORE ( PENTING ), untuk lebih jelas lihat gambar dibawah, disini saya menggunakan 7-Zip.



  • Tunggu Hingga Selesai proses compressnya.. Jika proses nya sudah selesai maka akan muncul file zip yang baru.
  • Salin file zip hasil Compress yang sudah di edit ke perangkat penyimpanan internal kalian.
  • Lalu lakukan Flashing lewat TWRP menggunakan file yang telah kalian edit tersebut.
  • Maka Error updater process ended with ERROR : 7 yang terjadi sebelumnya dapat diatasi dan ROM tersebut dapat di Flashing dengan sukses.



Semoga Artikel Tentang Mengatasi Masalah updater process ended with ERROR : 7 Pada saat install Custom ROM ini bermanfaat untuk kalian semua..


Misalnya ada pertanyaan terkait artikel ini, atau sebuah usulan untuk pembahasan (artikel) di situs ini, silahkan hubungi kami.

Juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, Jangan lupa follow kami di twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.
Google