Cara Disable / Hapus Modul Xposed untuk Mengatasi Bootloop Via TWRP

MIUIPEDIA Terjadi Kesalahan / Ketidak-cocokan Modul Xposed Framework Saat di pasang di Ponsel yang berakibatkan Ponsel mengalami Fase stuk di logo atau biasanya di sebut Bootloop.

untuk itu ada cara agar kamu dapat menon-aktifkan ( disable ) sementara semua modul yang ada di Xposed kemudian ketika berhasil masuk ke sistem kamu dapat menghapus modul yang menjadi penyebab Bootloop itu.

Pada dasarnya caranya hampir sama dengan Artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mudah Hapus Modul Magisk dengan Mudah Yang sedikit berbeda disini adalah untuk disable modul xposed ini kamu tidak perlu yang namanya tambahan file untuk me-mount data xposed seperti di Magisk.

Ada banyak cara untuk mengatasi yang namanya Bootloop akibat memasang modul yang tidak cocok ini, cara tersebut dengan menon-aktifkan atau disable semua modul agar kamu dapat masuk lagi ke sistem android dan menghapusnya ( modul ) dan mengaktifkannya atau enable kembali.


Terlepas dari cara apa yang kamu gunakan jika itu dapat masuk ke sistem android dan menghapus modul tersebut itulah yang merupakan Metode Terbaik untuk Mengatasi stuk logo akibat modul di Xposed Framework.

Cara Disable Sementara Modul Xposed Framework - Fix Bootloop




Kamu dapat menggunakan cara ini dengan Syarat telah menggunakan Custom Recovery seperti TWRP atau lainnya.

Disable Modul Xposed Menggunakan Recovery 

  • Langkah awal yang pastinya Masuk Ke Recovery, biasanya Volume atas + Power
  • Ketika sudah berada di tampilan TWRP, klik Menu Advanced - File Manager.
  • dan Masuk Ke folder Data

 Lihat Gambar 1.1

  •  Lalu Masuk lagi ke Folder Data
  •  Setelah itu masuk ke Folder yang bernama de.robv.android.xposed.installer
  •  Dan terakhir masuk ke Folder Shared_prefs
Lihat Gambar 1.2

  •  Didalam Folder Shared_prefs
  •  Kamu akan menemukan File yang bernama enabled_modules.xml 
  •  Nah file tersebut kamu ganti namanya dengan rename menjadi disabled_modules.xml

Info Penting
Dari Berbagai sumber yang admin cari, Jika cara diatas kamu menemukan folder / file yang tidak sama, kalian bisa menggunakan metode dibawah ini dan HAPUS file tersebut  :
* /data/data/de.robv.android.xposed.installer/conf/modules.list
* /data/data/de.robv.android.xposed.installer/conf/disabled
Caranya sama seperti diatas cuman beda file dan folder.

Setelah Mengikuti semua langkah diatas yang terakhir adalah reboot / restart ponsel kamu dan jika berhasil kamu akan dapat masuk lagi ke sistem android dan Hapus Modul Xposed yang bermasalah maka yang namanya Bootloop akibat modul Xposed dapat di atasi dengan mudah bukan ?  


Xposed Framework uninstaller 

Nah yang ini pastinya manjur buat mengatasi masalah Bootloop Akibat Modul Xposed, dengan cara langsung hapus aja Xposed Framework-nya,.

Tapi hal ini akan membuat kamu harus memasang kembali Aplikasi Modul dari awal Jika ingin menggunakan Xposed Lagi. berbeda dengan metode pertama diatas yang hanya disable semua modul lalu menghapus modul yang bermasalah.

Sebelum itu donwload dulu File uninstall dengan tipe arsitektur Xposed yang digunakan :
Jika bingung Arsitektur ( Platform ) yang ponsel kamu gunakan Silahkan lihat DISINI
Cara Menggunakannya sama seperti biasanya yaitu tinggal, Pilih Tab INSTALL - Cari File Xposed Uninstaller - Dan Swipe To Confirm dan Reboot Tanpa lakukan Wipe apapun. 

Lihat Gambar 2.1

100% Fix Bootloop Akibat Modul Xposed Dengan Mudah

Begitulah Cara Disable / Hapus Modul Xposed untuk Mengatasi Bootloop Via TWRP, yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah jika kalian mengalami stuk di logo akibat modul yang dipasang ternyata tidak cocok di ponsel kalian.

Kalian tidak perlu panik atau mencoba menginstall ulang Sistem operasi Androidnya cukup menggunakan TWRP atau Custom Recovery Lainnya untuk menghapus modul tersebut.

Penting
Semua resiko yang terjadi diluar tanggung jawab, karena bisa saja perbedaan kondisi maka hasil akan berbeda.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Menarik Lainnya: