Cara Hapus Modul Magisk via TWRP Dengan Mudah

MIUIPEDIA Ternyata Modul di Magisk dapat di uninstall via TWRP, Barangkali Kalian pernah memasang suatu modul di magisk baik Lewat Magisk Manager atau TWRP.

Namun ternyata Modul tersebut tidak support atau tidak cocok dengan ponsel yang kalian gunakan, Alhasil yang terjadi adalah ponsel kalian mengalami Stuck Di logo / boot animation atau biasa dikenal dengan istilah Bootloop.

Kejadian seperti itu sering kali bikin kesal apalagi jika aplikasi yang di pasang atau di install telah banyak, mau tidak mau biasanya seseorang akan melakukan Flashing ulang Sistem Androidnya untuk mengatasi masalah Bootloop ini.

Magisk berbeda dengan SuperSU, Magisk bekerja dengan tidak mengubah langsung Partisi system tersebut.

karena magisk memiliki Framework ( Ruang Kerja ) sendiri untuk memodifikasi, Jika kamu pernah menggunakan Xposed Framework nah seperti itulah kurang lebih cara kerjanya.

Baca Juga : Pembahasan Mengenai Magisk 

Jika masalah Bootloop ini terjadi karena masalah modul di magisk,
 Kalian tidak perlu melakukan install ulang Sistem Androidnya, cukup menghapus modul yang menjadi penyebabnya menggunakan TWRP.


Solusi untuk mengatasi stuk di logo akibat Modul Magisk 100% Berhasil




Karena kondisi ponsel dalam keadaan stuk di logo atau Bootloop sehingga tidak dapat masuk ke sistem untuk menghapus modul tersebut lewat Magisk Manager.

Ternyata ada cara lain untuk menghapus modul Magisk yaitu dengan menggunakan TWRP, dengan cara memuat ( mount ) file image Magisk tersebut.



Sekedar Info
Sebelum melanjut ke langkah berikut, perlu diketahui Syarat utama dalam Tutorial ini ialah Ponsel sudah memiliki atau terpasang TWRP.


Menurut pengalaman saya tentang masalah Stuk Logo akibat modul magisk ini dapat di atasi dengan 2 cara yaitu :


1. Menggunakan Fix Bootloop Magisk ( Mount Magisk )

File Fix Bootloop Magisk ini terbagi menjadi 2 :

  1. File Fix Bootloop Magisk V1 : untuk magisk versi 14.0-15.0
  2. File Fix Bootloop Magisk V2 : untuk magisk versi 16.0-terbaru

Pertama Silahkan Download FIX Bootloop Magisk Setelah itu Salin ke Penyimpanan internal atau di memori eksternal dan ingat lokasi file tersebut.


Pertama seperti biasa masuk dahulu ke TWRP lalu pilih install - Dilanjutkan dengan memilih file yang telah di Download tadi.  


Jika File yang di Download tadi benar sesuai dengan versi magisk yang digunakan maka proses pemasangan magisk mount akan berjalan dengan sukses.



Lalu kembali lagi ke awal, ketuk menu Advanced - File Manager - dan cari Folder Magisk, jika hasil tidak seperti berikut silahkan ulang kembali langkah dari awal dan pastikan versi file sesuai dengan versi magisk yang sedang di gunakan.



Masuk ke Folder Magisk tersebut maka didalam folder itu terdapat berbagai modul yang telah kamu pasang.

Nah kamu cuman perlu cari modul apa yang barusan di install / pasang yang menjadi penyebab Ponsel kamu Bootloop atau Stop di logo.

Ini adalah contoh bagaimana cara menghapus modul magisk menggunakan TWRP dikarenakan salah pasang modul atau modul tidak cocok dengan ponsel yang digunakan.


Setelah menghapus modul magisk, pada tahap ini jika tidak terjadi error atau masalah dari tahap pertama sampai terakhir silahkan reboot / restart dan.

tadaaaa Ponsel kalian akan dapat masuk lagi ke sistem masalah stuk logo atau nyangkut di logo ( bootloop ) dapat diatasi tanpa perlu Flashing ulang atau install ulang.

2. Menggunakan Magisk uninstaller



Tahap kedua ini akan menghapus Magisk sepenuhnya bahkan menghapus semua modul yang telah kamu pasang atau install dengan kata lain akses root ataupun fitur magisk lainnya tidak akan berfungsi lagi karena boot.img akan kembali ke awal lagi.

untuk tahap kedua ini cara penggunaan sama seperti tahap pertama tapi ini lebih mudah cukup Klik menu install - lalu cari File Magisk uninstaller yang telah didownload di atas dan swipe to confirm lalu reboot.


Info Penting
Bagi kamu yang menggunakan ROM Android MIUI 10 ataupun versi dibawahnya, yang mencoba menggunakan tahap kedua ( Magisk uninstaller ) setelah Flash Magisk uninstaller kamu jangan reboot dulu, Kamu harus Flashing LazyFlasher Download DISINI untuk cara installnya sama seperti saat install Magisk uninstaller, jadi urutannya seperti ini, **Flashing Magisk uninstall dulu lalu Flashing lagi LazyFlasher. dan jangan lakukan wipe apapun!. untuk yang mencoba tahap pertama ( magisk mount ) kalian tidak perlu melakukan langkah ini.



Begitulah Cara Mudah untuk menghapus modul Magisk lewat TWRP, yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah jika kalian mengalami stuk di logo akibat modul yang dipasang ternyata tidak cocok di ponsel kalian, Kalian tidak perlu panik atau mencoba menginstall ulang Sistem operasi Androidnya cukup menggunakan TWRP untuk menghapus modul tersebut.

Penting
Semua resiko yang terjadi diluar tanggung jawab, karena bisa saja perbedaan kondisi maka hasil akan berbeda.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Menarik Lainnya: