Cara Mudah Root dan Unroot Redmi 1S MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 Tanpa PC

MIUIPEDIA - Cara Mudah Root dan Unroot Redmi 1S MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 Tanpa PC | Redmi 1S atau disebut juga Redmi HM1S merupakan salah satu produk keluara Xioami yang memiliki spesifikasi RAM 1GB, ROM 8GB, dengan diusung layar 4,7 Inci, kamera di bagian belakang 8MP dan  depan 1,6 MP dengan spesifikasi lumayan dengan harga yang terjangkau.

Hmm.. walau ponsel keluar lawas Mi Fans masih setia dengan ponsel ini kan?
Smartphone ini kini sudah mendapat update sistem ke MIUI 9, yang sebelumnya secara bertahap mendapatkan update dari MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 secara resmi namun untuk mendapat updater sistem OS Android yang lebih tinggi seperti MIUI 10 sepertinya Xiaomi enggan memberikan update pada Redmi 1S.

Namun jangan kecewa dahulu kamu  dapat memaksimalkan perangkat dengan melakukan Root atau dengan menginstall TWRP agar dapat menginstall ROM unofficial yang dikembangkan oleh para developer.



Apa itu Root?
Root pada android adalah merupakan proses mendapatkan ijin akses ke semua subsistem di dalam sistem android baik itu smartphone, tablet atau perangkat android lainnya yang bertujuan mendapatkan akses penuh atau lebih dikenal dengan "akses root".
Dan bagi sobat Mi Fans yang ingin melakukan install aplikasi yang membutuhkan akses root guna untuk memaksimalkan kinerja smartphone Redmi 1S dapat mengikuti tutorial berikut ini : 

Cara Mudah Root Redmi 1S MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 Tanpa PC 




Download dahulu file "zip" root dan unroot berikut, sesuaikan dengan versi MIUI yang kamu gunakan, cek pada bagian tentang ponsel [about ponsel] untuk mengetahui versi MIUI yang digunakan.

Bahan untuk Root dan Unroot

Root

Unroot


Cara Root Xiaomi Redmi 1S 

#Pertama dengan Pembaruan Sistem


  1. Jalankan aplikasi pembaruan atau akses ke menu setelan dan pilih sub menu tentang ponsel dilanjutkan dengan memilih pembaruan sistem.
  2. Pada menu pembaruan sistem ketuk icon tiga titik pada sudut kanan atas, pada menu yang muncul pilih paket pembaruan selanjutnya temukan file root yang dalam bentuk file "zip" yang telah di download tadi, jangan salah pilih yah sobat harus sesuai dengan versi MIUI pada perangkat yang ingin kamu install root tersebut. 
  3. Perangkat akan melakukan reboot ke sistem recovery tunggu hingga selesai jika ada supersu berarti proses install Root telah berhasil.
  4. Untuk meyakinkan apakah sudah ter-root kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi RootChecker.

#Kedua dengan Recovery Mode 

Sedikit berbeda dengan cara diatas untuk beralih ke mode recovery mode, terlebih dahulu sobat Mi Fans perlu beberapa langkah berikut ini untuk melakukan root pada Redmi 1S.
  1. Sebelum beralih ke Recovery mode, ganti nama [rename] file root yang di download tadi menjadi update.zip simpan pada penyimpanan internal, jangan disimpan di dalam folder namun simpan di pinyimpanan internal saja agar file "update.zip" dapat terbaca.
  2. Masuk ke recovery mode dengan cara matikan perangkat smartphone Xiaomi Redmi 1S
  3. Gunakan kombinasi tombol power dan volume atas secara bersamaan, apabila sukses akan menampilkan menu pada recovery mode, gunakan tombol volume  dan tombol on/off  sebagai navigasi ganti bahasa ke bahasa inggris untuk memudahkan mengikuti instruksi selanjutnya.
  4. Lalu pilih update.zip to system kemudian ada konfirmasi pilih yes dan tunggu sampai selesai.
  5. Jika update.zip berhasil nanti ada centang hijau lalu reboot ke system dan selesai

Cara Mengaktifkan Akses Root Xiaomi Redmi 1S

Setelah memiliki akses root, sebagian pengguna ada yang merasa kebingungan, dimana sih posisi aplikasi supersu tersebut kok gak muncul pada layar?

Apakah sobat Mi Fans salah satunya? kalau iya coba ikuti langkah berikut ini agar kebingungan lagi.


Langkah ini saya coba pada versi MIUI 9.2.3 untuk versi lain kemungkinan terdapat perbedaan setelan menu untuk mendapat akses root pada aplikasi yang di inginkan.

Lakukan langkah berikut apabila kamu memiliki versi yang sama dengan versi MIUI yang saya coba, jalankan aplikasi Keamanan > Kelola Aplikasi > Perizinan > Akses Root > dan terakhir cari aplikasi yang ingin mendapatkan  akses root, selesai.


Baca Juga : Begini Cara Install Magisk Root Universal Terbaru untuk Semua Tipe Smarphone Xiaomi

 Cara Unroot Xiaomi Redmi 1S 

Untuk tahapan proses unroot, tidak berbeda dengan proses root yang sudah di jelaskan sebelumnya yang berbeda hanya pada filenya saja, namun pada MIUI 5, 6 dan 7 lakukan proses unroot pada setelan aplikasi superSU yang terinstall.

Peringatan!
Segala resiko yang diakibatkan selama proses install ditanggung pengguna.

Demikian cara mudah root dan unroot Redmi 1S MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 Tanpa PC,  semoga bermanfaat... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi kamu.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Menarik Lainnya: