Hai Mi Fans, Yuk! Instal dan share ke berbagai media sosial kamu tentang aplikasi PeduliLindungi  demi menekan penyebaran wabah virus C0VID-19 yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga dampak buruk segala hal dalam kehidupan.

Solusi Mengatasi Berbagai Masalah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi

MIUIPEDIA - Solusi Mengatasi Berbagai Masalah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi | Hai! Mi Fans, banyak yang mengeluh di forum tentang masalah yang dialami saat melakukan Unlock Bootloader (UBL), apa lagi kamu yang sering memodifikasi atau "oprak" sistem ponsel Xiaomi tentu tidak dapat dilakukan kecuali harus membuka kunci bootloader secara aman, walaupun ada alternatif lain tanpa harus UBL yang memiliki resiko kalau kamu tidak melakukan teknik tersebut dengan benar.

Padahal secara step by step Unlock Bootloader bisa dikata gak susah-susah amat, hanya perlu memulai langkah seperti :

  1. Buat Akun Mi dan aktifkan di perangkat ponsel Xiaomi;
  2. Unduh aplikasi MiFlash Unlock ke PC, dan login dengan Akun Mi kamu; 
  3. Matikan daya ponsel kamu, dan tahan tombol Volume down dan tombol Power bersamaan untuk beralih ke mode Fastboot; 
  4. Hubungkan ponsel kamu ke PC menggunakan kabel USB; 
  5. Terakhir,  klik "Unlock" untuk memulai proses unlock. 


Tapi kok, gak bisa ya?

Dirangkum dari berbagai website dan forum c.mi.com tentunya dan pengalaman admin sendiri melalui artikel ini memberikan solusi mengenai masalah yang sering dialami pengguna ponsel Xiaomi yang gagal melakukan Unlock Bootloader, berikut ini.


#1. Couldn’t Unlock After 72 hours of trying to unlock device

Sebuah notifikasi yang memberi tahu, kamu tidak dapat melakukan proses unlock bootloader sebelum 72 jam berlalu atau lebih tepatnya 3 hari yang akan datang, pesan ini akan muncul saat kamu mencoba pertama kali di perangkat smartphone yang akan di unlock.

Xiaomi membatasi proses unlock bootloader setiap 72 jam pada perangkat smartphone yang berbeda dengan penggunaan akun yang sama.

Umumnya pengguna akan menemukan notifikasi “Couldn’t Unlock After 72…” namun terdapat juga notifikasi memberikan waktu proses unlock yang lebih panjang, after 360/697 bahkan sampai 1080 jam.

Solusinya : Kamu hanya perlu bersabar hingga waktu yang ditentukan berakhir, jangan keluarkan akun Mi pada perangkat selama tenggang waktu yang diberikan dan setelah berakhir uang proses unlock dengan Mi Unlock Tool.

#2. Progress Stop di 50% "Couldn’t verify Device"

Sebuah pesan error yang umum dialami pengguna sewaktu melakukan proses unlock bootloader ternyata disebabkan karena Anda lupa atau salah melakukan langkah berikut ini :
  • Login dengan akun yang berbeda antara ponsel dengan Mi Unlock Tool, solusinya pastikan akun Mi yang digunakan sama.
  • Cek setelan pada fitur cari perangkat [Find Device] bisa jadi tidak aktif pada Mi Cloud pada perangkat, aktifkan fitur ini di setelan layanan Mi Cloud, untuk memastikannya masuk ke Pengaturan [Settings] -» Akun Mi [Mi Account] -» Mi Cloud -» Cari Perangkat [Find device]
  • Pastikan status Akun Mi sudah aktif pada perangkat, lakukan pengecekan dengan menggunakan fitur find device pada laman i.mi.com
  • Solusi terakhir dari beberapa langkah yang telah dicoba, Anda dapat membuat treat di forum dengan menyampaikan problem atau masalah yang dialami dengan format pesan :
Mi Account UID :
MIUI version:
Your device :
Screenshot of the unlocking page status
Days of application :
Tunggu hingga Anda mendapat balasan;


#3. Couldn’t Unlock

Akun Mi pada ponsel dan Mi Unlock Tool sudah sama, proses binding pada perangkat sudah sukses, tapi kok terdapat pesan error yang lain lagi “Couldn’t Unlock”.?

Kalau kamu mengalami hal ini, pastikan ROM yang terpasang pada perangkat benar-benar bukan ROM yang sudah dimodifikasi sistemnya walaupun informasi yang terdapat pada tentang ponsel terlihat informasi mempergunakan ROM Stable/Developer resmi Xiaomi bisa jadi itu adalah ROM distributor atau kamu telah memasang TWRP sebelumnya tanpa melakukan unlock bootloader (UBL) secara resmi.

Ada baiknya mengetahui ROM yang kamu gunakan saat ini. ROM apa sih yang digunakan ponsel kamu?

Solusinya dapat kamu ketahui pada artikel cara mengetahui jenis, ciri, perbedaan ROM Developer, Stable, abal-abal (distributor) dan juga kostum ROM Xiaomi.

Dan solusi terakhir, kamu dapat melakukan flashing ulang atau install ulang ponsel dengan cara mengikuti panduan tutorial  cara sukses Flashing ROM Fastboot Xiaomi (Lock Bootloader).

#4. Current account is not bound to this device

Masalah ini terjadi dikarenakan kamu belum atau gagal melakukan proses Binding Account atau mengaitkan akun yang terdapat pada setelan Mi Unlock Status sehingga tidak bisa menambah akun pada perangkat di status mi unlock.


Solusinya : lakukan langkah berikut ini dengan cara:
  • Akses ke setelan [Settings] > Tentang Ponsel [About Phone] >  tekan sebanyak 7 kali pada Versi MIUI [MIUI Version]
  • Kemudian cek pada menu setelan > ...setelan tambahan [Additional Settings] cek apakah sub menu opsi pengembang [Developer Options] sudah terlihat?

Abaikan langkah di atas, apabila sub menu opsi pengembang telah aktif.

Pada sub menu opsi pengembang, cari dan temukan, aktifkan toggle Buka kunci OEM kemudian ketuk sub menu Status Mi Unlock.

Selanjutnya lakukan proses binding atau mengkaitkan dengan ketuk tambah akun dan perangkat [Add account and device] hingga muncul notifikasi sukses.

Pastikan akun Mi Xiaomi kamu sudah diaktifkan pada perangkat, kalau belum aktifkan terlebih dahulu, ingat samakan dengan akun yang akan di gunakan untuk Mi Unlock Tool.

Apabila proses binding ini tidak dapat dilakukan atau memunculkan kode error seperti berikut:


* Error Code 10008: 参数错误、 请参考API文档

Hal ini disebabkan dikarenakan server Xiaomi tidak dapat merespons proses binding pada perangkat ponsel Xioami kamu.

Solusinya: Kamu dapat mengatasi dengan cara memasang aplikasi VPN pada ponsel kamu yang akan dilakukan proses binding dengan mengubah sever data seluler ke China, banyak yang merekomendasikan mengatasi permasalahan ini dengan aplikasi VPN MonkeyFanFan atau PlexVPN atau VPN yang lain namun memiliki akses server ke China yang cepat dan stabil.

Setelah kamu berhasil beralih data internet ke server China, ulangi proses binding.

* Error Code 86023 : hardwareId 异常

Kode ini muncul diduga karena permasalahan dua hal seperti data akun mi anda tidak lengkap atau bisa juga disebabkan karena Bug yang terdapat pada ROM yang digunakaan saat ini.

Solusinya: pertama cek terlebih dahulu pada menu Mi Account, pastikan nomor handphone yang digunakan masih aktif atau kamu dapat beralih dan mendaftar akun mempergunakan alamat email yang aktif untuk dapat dilakukan proses verifikasi akun mi.

Apabila tahap pertama ternyata gagal, ada baiknya beralih ke ROM yang terbaru versi stable yang minim bug dan mempergunakan mi unlock tool terbaru.

* Error Code 86006 : 参数组合非法

Kode error ini yang membuat gerah Mi Fans pengguna Redmi 5 Plus Redmi Note 5, sampai-sampai salah satu pengguna membuat petisi di laman https://www.change.org/p/xiaomi-akses-binding-device-unlock-bootloader-pada-xiaomi-distributor-tam-indonesia.

Yang intinya “pengguna redmi 5 plus, redmi note 5  yang didistribusikan resmi oleh TAM tidak dapat melakukan binding device, dan akibatnya tidak dapat melakukan unlock bootloader”

Solusinya : update MIUI ke terbaru atau beralih ke ROM  Developer/ ROM China, apabila ingin beralih ke rom developer kamu harus melakukan test point dan melakukan flashing ROM Fastboot dalam mode EDL caranya  dapat kamu pelajari pada artikel cara sukses Flashing ROM Fastboot Xiaomi (Lock Bootloader).

* Error Code 86012 曼备不存在

Penyebabnya diduga mirip dengan error code 10008: 参数错误、 请参考API文档, memerlukan aplikasi VPN dalam mengatasinya.

Solusinya : gunakan VPN dengan akses internet cepat dan stabil mempergunakan aplikasi VPN MonkeyFanFan atau PlexPVN atau VPN yang lain namun memiliki akses server ke China yang cepat dan stabil.

* Error Code 20091

Error code 20091 disebab banyak hal mulai dari server Xiaomi sedang down, server tidak dapat mengakses ke perangkat dan ada juga dikarenakan Bug yang terdapat pada MIUI yang digunakan.

Solusinya: Bila permasalahanya dikarenakan server Xiaomi sedang down coba lakukan proses binding di lain waktu atau ulangi proses ini di beberapa hari kedepan.
  • Apabila server tidak dapat mengakses ke perangkat, kamu dapat mencobanya dengan mempergunakan VPN yang cepat dan stabil.
  • Sedangkan apabila masalah terjadi dikarenakan Bug pada ponsel, kamu dapat mencoba update ke versi MIUI terbaru atau beralih ke ROM MIUI ke Developer Global/China ke Stable Global/China atau sebaliknya.

#5. Akses Internet Tidak Stabil



Pastikan akses internet yang terhubung pada komputer atau laptop selama proses unlock bootloader dapat terhubung dengan lancar dan stabil.

#6. Perangkat Smartphone Xiaomi Tidak Terhubung



Sebelum memulai proses unlock pastikan kamu telah mengikuti langkah-langkah yang benar. Salah satu faktor penyebab perangkat tidak terhubung bisa jadi dikarenakan hal-hal berikut:
  • Tidak beralih ke mode fastboot, syarat unlock harus dalam mode fastboot dengan mematikan daya ponsel, dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan atau dengan perintah CMD pada komputer, untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada tutorial cara mudah masuk ke mode fastboot.
  • Kabel data yang digunakan tidak terpasang dengan baik atau dikarenakan kamu mempergunakan kabel USB yang buruk, untuk itu disarankan mempergunakan kabel data yang original atau yang berkualitas baik selama proses unlock berlangsung.
  • Driver ponsel tidak terinstall atau pemasang driver gagal sehingga perangkat tidak terdeteksi pada komputer, solusinya dapat dengan mudah diatasi dengan tutorial yang membahas permasalahan driver pada tutorial ini.

#7. Gagal Unduh Mi Unlock "403 Forbidden"

Diduga penyebab gagalnya unduhan atau download file mi unlock di halaman miuirom.xiaomi.com yang merupakan sub domain laman resmi Xiaomi dikarenakan suatu kebijakan Internet Service Provider (IPS) di Indonesia mem-blocker laman tersebut, untuk informasi dan cara mengatasinya dapat mengikuti tutorial mengatasi gagal unduh mi unlock  "error 403 forbidden".

Demikian semoga bermanfaat ya sobat, tentang artikel solusi mengatasi berbagai masalah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi.

Jika artikel ini mencerahkan kamu, maukah kamu menekan tombol share dan berbagi ke berbagai media sosial kamu, itu sangat membahagiakan mimin.

Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.