Kok Tidak Berfungsi! Begini Cara Mengaktifkan Asisten Google Berbahasa Indonesia pada Smartphone Xiaomi

MIUIPEDIA - Begini Cara Mengaktifkan Asisten Google Berbahasa Indonesia pada Smartphone Xiaomi  | Tak seperti biasanya setelah melakukan update ke MIUI 10, aplikasi Asisten Google tidak bekerja dengan semestinya, hal ini diketahui setelah menekan tombol home dalam waktu beberapa detik, ternyata tidak berfungsi atau tidak terinstal dalam paket pembaruan kali ini.

Asisten Google dirilis 2016 yang lalu,  sedangkan Asisten Google dalam versi Bahasa Indonesia baru diperkenalkan 2018, aplikasi ini sudah banyak digunakan di berbagai perangkat mulai dari bersistem Android, iOS, Google HOME dan lainnya.

Dengan hanya mempergunakan perintah suara, aplikasi ini dapat melakukan beberapa hal mulai dari bisa mengirim SMS, menyetel alarm untuk esok hari, meminta petunjuk arah, menyetel pengingat dan sebagainya.

Namun, sayangnya sewaktu menekan tombol "HOME" yang terlihat hanya seperti halaman pencarian dilengkapi dengan artikel yang direkomendasikan oleh google, hal ini terjadi setelah melakukan pembaruan MIUI 10 Global pada beberapa perangkat smartphone Xiaomi.

Untuk mengatasi masalah tersebut ternyata caranya cukup mudah, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu praktekkan untuk mengaktifkan aplikasi Asisten Google Berbahasa Indonesia.


#Cara Mengaktifkan Asisten Google di Xiaomi


Untuk mengaktifkan asisten google pada perangkat dapat dilakukan dengan cara mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu di play store, dengan langkah berikut ini:


  • Pertama, bukan aplikasi Play Store
  • Pada kolom pencarian gunakan kata kunci "Assistant Google" → dan ketuk Install Assistant Google
  • Tunggu hingga aplikasi terinstal dengan sukses
  • Gunakan tombol "home" untuk menjalankan aplikasi ini 
  • Terakhir, apabila ternyata Asisten Google Berbahasa dalam bahasa Inggris atau yang lain kamu dapat mengikut langkah berikut ini.  


Baca Juga : Langkah - Langkah Memasang Font Apple + ios emoji Pada Ponsel Android


#Cara Mengganti Bahasa Asisten Google ke Bahasa Indonesia

Cara mengganti atau mengaktifkan Asisten Google Bahasa Indonesia cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan penyetelan pada sub menu bahasa yang kamu gunakan pada perangkat, berikut adalah langkah yang harus dilakukan:


  • Akses ke Settings → cari dan temukan sub menu Additional Settings → kemudian lanjut ke Language & Input → Language 
  • Selanjutnya cari dan pilih bahasa Indonesia 
  • Dan coba gunakan aplikasi Asisten Google "Apakah sudah berbahasa Indonesia?
Mungkin terdapat perbedaan posisi menu saat akan mengikuti langkah di atas karena perbedaan perangkat dan juga versi MIUI yang digunakan, namun intinya adalah cari menu untuk mengganti bahasa pada perangkat yang digunakan saat ini.

Terakhir, seharusnya setelah semua langkah diatas sudah selesai dilakukan, kini saat nya kamu mencoba mengakses Asisten Google yang  sudah Berbahasa Indonesia dengan menekan dan menahan tombol home di perangkat Xiaomi kamu.

Note:
Bagi penggunaan ROM Base China Developer atau China Stable hal ini tidak dapat dilakukan dikarenakan tidak terdapat bahasa Indonesia dalam sistem perangkat, hal ini yang menjadi salah satu penyebab Asisten Google tidak Berbahasa Indonesia.

Begitulah artikel yang berjudul  " Kok Tidak Berfungsi! Begini Cara Mengaktifkan Asisten Google Berbahasa Indonesia pada Smartphone Xiaomi" Silahkan berkomentar dibawah jika sukses atau ada masalah yang kamu alami.

Jika Artikel ini bermanfaat silahkan bantu share kepada orang lain agar orang lain juga merasakan manfaat yang sama.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.