-->

Apa itu DM-Verity, OPT Encrypt Dan Force Encryption Beserta Fungsinya dan Cara Menggunakannya

MIUIPEDIA - Mari mengenal lebih dalam apa yang dimaksud dengan DM Verity, OPT Encrypt, Force Encryption serta mengetahui apa saja fungsi – fungsi dari istilah tersebut | Pada versi Android 4.4 ( kitkat ) dan versi diatas nya terdapat fitur yang bernama Device Mapper – Verity atau disingkat dengan DM-Verity.

Dengan seiring pengembangan sistem Android DM-Verity ini terdapat Fiturnya dengan forward error correction disingkat FEC, Berguna agar mencegah data korup atau error yang awal diimplentasikan pada sistem Android 7.0 dan versi diatasnya.

DM-Verity Pada dasarnya berguna untuk mencegah malware, rootkit yang memodifikasi file dalam system dan mengecek kaitan block device serta melindungi pengguna dari kerusakan file yang tidak sengaja korup atau rusak.

Baca Juga : Perbedaan ROM Stock, Android Pure dan Android Go


Sedangkan OPT Encrypt dan Force Encryption itu adalah istilah yang terjadi ketika kamu mengganti atau memasang TWRP pada saat masuk ke Recovery kamu akan menjumpai bahwa data tidak dapat di akses karena terenkripsi.



Dengan seiringnya perkembangan teknologi, Google terus meningkatkan keamanan pada perangkat Android sehingga membuat pengguna yang ingin Melakukan Proses Rooting, memodifikasi system, mengubah recovery, ataupun lainnya yang menyangkut memodifikasi sistem membutuhkan waktu yang agak lama.

Memang bagi kaum opreker hal ini menyebalkan karena pada dasarnya Android adalah Open Source yang artinya kamu memiliki akses control penuh untuk mengkostuminasinya,


Baca Juga : Cara Mencegah Malware Memasuki Sistem Android Kamu


Namun disisi lain bagi pengguna biasa keamanan yang tinggi adalah priotas utama, karena maraknya kejahatan seperti pencurian, hacking, ataupun berbau privasi itu sangat mengerikan.

Sehingga untuk mengikuti perkembangan teknologi tidak ada salahnya kita mengetaui istilah – istilah apa itu DM-Verity, OPT Encrypt, Force Encryption berserta fungsi – fungsinya dibawah ini.
 

#Mengenal istilah DM-Verity, OPT Encrypt Dan Force Encryption



Apa Itu DM - Verity ?


Device Mapper Variety atau disingkat dengan DM Verity adalah salah satu mekanisme keamanan pada perangkat Android untuk membatasi perubahan yang lebih lanjut kepada sistem perangkat, sebagian perangkat dan os versi terbaru telah menerapkan fitur ini.

DM - Verity ini bersemanyam pada file Boot.img tepatnya pada Ramdisk / kernel.



Fitur dm-verity memungkinkan perangkat memeriksa perangkat blok, lapisan penyimpanan yang mendasari sistem file, dan menentukan apakah cocok dengan konfigurasi yang diharapkan, bekerja dengan menggunakan pohon hash kriptografi. Untuk setiap blok (biasanya 4k), dengan tipe hash SHA256.

Fungsi Fitur ini ya seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu mencegah atau menjaga kecocokan / integritas blok perangkat agar tetap sama seperti pertama kali sistem berjalan yang di keluarkan oleh pabrik.

Baca Juga : Daftar Ponsel xioami yang kebagian MIUI 11

Beberapa ponsel Xiaomi keluaran  terbaru sudah menerapkan fitur DM-Verity jadi jika tidak cocok maka sistem akan gagal booting ( tidak bisa masuk ke sistem ) bootloop atau stuck di logo setelah proses reboot system pada TWRP yang berhasil terpasang. 

Apa Itu OPT Encrypt dan Force Encryption ?



OPT Encrypt dan Force Encryption adalah istilah yang digunakan bagi kalian yang memaksa memasang Kustom Recovery seperti TWRP misalnya.

Sehingga DM - Verity mengecek dan terjadi ketidak cocokan sistem blok pada perangkat, dan langkah dilakukan selain Gagal Booting atau Bootloop / Stuk di logo.

Adalah proses PAKSA ENKRIPSI DATA maka jangan kaget jika Kamu pernah mengalami hal seperti ini.


Misalnya pada saat pertama booting ke Recovery kamu akan menemukan TWRP meminta Password dan Memori internal 0 MB Padahal kamu tidak melakukan pengaturan password sebelumnya


Untuk mengatasi dan mengembalikan ke semula maka kamu harus rela kehilangan data data yang ada di penyimpanan internal.

Maka untuk mencegah hal hal Kehilangan data yang tidak di inginkan sebaiknya lakukan 5 tips cara backup khususnya untuk Ponsel Xiaomi Sebelum melakukan hal hal seperti memodifikasi file sistem, mengganti custom rom, kustom recovery, ataupun lainnya.

#Unduh DM-Verity

Versi Minimal:


Versi Advanced:


#Cara Menggunakan DM-Verity

Cara instal atau menggunakan DM-Verity sangatlah mudah, setiap kali selesai instal atau update TWRP, lakukan penginstalan DM-Verity, dengan langkah-langkah berikut: 
  1. Unduh terlebih dahulu DM-Verity versi terbaru atau apabila tidak sesuai gunakan versi lain, apabila file tersebut tersimpan pada PC, kamu dapat menyalinnya langsung ke ponsel dalam mode TWRP. 
  2. Berkas DM-Verity  dapat kamu salin pada penyimpanan internal storage atau  eksternal storage namun lebih disarankan disimpan pada penyimpanan eksternal agar berkas tidak hilang apabila nantinya dilakukan format data pada ponsel.  
  3. Setiap kali selesai penginstalan TWRP atau custom recovery jangan lakukan reboot system terlebih dahulu. 
  4. Lanjut dengan instal DM-Verity menggunakan TWRP atau Custom Recovery, terakhir reboot system.
  5. Done! 


Demikian tutorial apa itu DM-Verity, OPT Encrypt Dan Force Encryption Beserta Fungsinya,  semoga bermanfaat yah!

Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.