4 Cara Update ROM Xiaomi Smartphone yang Benar

4 Cara Update ROM Xiaomi Smartphone yang Benar
Umumnya pengguna Xiaomi smartphone hanya mengetahui proses update OS Xiaomi MIUI via OTA (Over The Air), bagi pengguna terpilih akan mendapatkan update versi terbaru. Namun tidak jarang juga pengguna Xiaomi Smartphone di Indonesia malah sama sekali tidak mendapat notifikasi update pada versi yang terbaru.

Hal ini biasanya disebabkan Xiaomi smarphone yang beredar di Indonesia tidak mempergunakan OS resmi dari Xiaomi, nah inilah yang disebut "ROM Abal-Abal" sebenarnya ini ROM asli dari Xiaomi bukan itu saja penyebab utama dari permasalahan ini, salah satunya juga sebagian produk tidak memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)  karena itu agar diterima pangsa pasar market di Indonesia yang distribusi secara tidak resmi ini, maka mereka melakukan penyesuaian/modifikasi ROM agar dapat diterima konsumen.

Naah... sebelum anda ingin menerapkan salah satu cara update ROM, pastikan smartphone anda terlebih dahulu memiliki daya lebih dari 30%, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada saat proses update berlangsung.

Masih bingung juga bagaimana cara update OS pada Xiaomi smartphone anda? 

Berikut 4 Cara Update ROM Xiaomi Smartphone yang benar yang dapat anda Terapkan 




1. Melalui OTA

Untuk melakukan update secara otomatis OTA (Over The Air) anda hanya perlu mengakses aplikasi pembaruan [updater] pada Xiaomi smartphone atau dengan mengakses Setelan [Settings] -> Tentang Ponsel [About Phone] -> Pembaruan [System updates],  kemudian "Periksa Pembaruan [Check for Update]". Secara otomatis aplikasi akan melakukan download apabila terdapat versi terbaru. Setelah proses download selesai klik "mulai ulang dan perbaharui", smartphone akan reboot secara otomatis dan proses update akan berjalan dalam beberapa menit.

Namun bagi anda yang ingin melakukan update secara otomatis setiap kali ada versi yang terbaru dapat melakukan pengaturan pada setelan aplikasi pembaruan tersebut.


2. Melalui Aplikasi Pembaruan

Tidak berbeda jauh dengan melakukan update via OTA masih tetap menggunakan aplikasi pembaruan [updater] dengan cara terlebih dahulu anda mendownload ROM recovery pada Xiaomi smarphone yang berextensi ".zip" file terlebih dahulu.

Kemudian Klik aplikasi pembaruan [updater] pada Xiaomi smartphone atau dengan mengakses Setelan [Settings] -> Tentang Ponsel [About Phone] -> Pembaruan [System updates],  kemudian  klik tiga titik pada sudut kanan atas  >  [Choose update package] temukan file update.zip pembaruan yang telah anda download tadi, aplikasi akan melakukan pengecekan/verifikasi pada file update.zip tersebut apabila sukses kemudian klik "mulai ulang dan perbaharui", smartphone akan reboot secara otomatis dan proses update akan berjalan dalam beberapa menit.

Sama hal dengan update secara OTA dengan cara ini anda tidak membutuhkan komputer (PC) untuk melakukan update pada versi Xiaomi smartphone yang terbaru.


3. Menggunakan MiflashTool

Ada beberapa kasus yang menyebabkan tidak  dapat melakukan update secara OTA maupun menggunakan aplikasi pembaruan pada ROM Recovery update.zip  yang diinginkan dengan notifikasi yang muncul "tidak dapat verifikasi pembaruan [couldn't verify update package]",  untuk mengatasi hal ini anda harus melakukan update ROM Fastboot  mempergunakan MiFlashTools.

Dan jangan lupa untuk menginstall  software Mi PC Suite terlebih dahulu agar mempermudah driver smartphone terdeteksi pada komputer.

Sebelum melakukan update melalui MiFlash Tools ada baiknya  terlebih dahulu melakukan backup data-data yang tersimpan pada penyimpanan primer (internal memory) anda, karena melakukan update menggunakan metode ini umumnya akan memformat internal memory. Dengan metode ini juga  dapat melakukan install ulang Xiaomi smartphone anda.

Setelah anda melakukan backup, matikan daya smartphone dan beralih dalam Emergency Mode Download (EDL). Adan beberapa cara untuk beralih ke mode ini :
  1. Dengan menggunakan kombinasi tombol, tekan terlebih dahulu  tombol volume atas kemudian barulah menekan tombol power bersamaan dalam keadaan Xiaomi smartphone tidak menyala, setelah itu anda pilih menu download, smartphone akan menjadi blank dengan layar hitam dan indikator lampu notifikasi menyala berwarna merah berkedip-kedip. Namun tidak semua tipe memiliki menu ini dan umumnya terdapat pada ROM versi China saja dengan mempergunakan kombinasi tombol ini. 
  2. Yang kedua adalah dengan menekan kombinasi tiga tombol yaitu dengan cara menekan tombol volume atas + volume bawah dilanjutkan dengan menekan tombol power bersamaan dalam keadaan Xiaomi smartphone tidak menyala. Untuk kombinasi tombol ini hanya terdapat pada tipe-tipe tertentu saja yang dapat mempergunakan kombinasi tombol ini. 
  3. Menggunakan  tools Fastboot Mode to EDL, cara menggunakan tools ini cukup mudah dalam keadaan smartphone tidak menyala gunakan  kombinasi tombol, tekan terlebih dahulu  tombol volume bawah kemudian barulah menekan tombol power bersamaan nantinya akan muncul gambar MIUI BUNNY Fastboot kemudian hubungkan kabel data ke komputer kemudian jalankan tools Fastboot Mode to EDL, jangan lupa untuk ekstrak terlebih dahulu kemudian klik xiomi_edl_boot, apabila sukses devices akan beralih ke mode EDL mode. 
  4. Mempergunakan kabel khusus modifikasi DFC flash dengan cara ini anda akan lebih mudah beralih ke mode EDL, kabel ini juga dapat membantu anda untuk mengatasi hardbrick, apabila devices tidak dapat beralih ke mode EDL menggunakan metode 1, 2 dan 3 yang telah saya sebutkan sebelumnya. 
Namun bagi devices anda sudah Unlock Bootloader (UBL) tidak perlu untuk beralih ke mode EDL, anda hanya perlu beralih ke mode Fastboot saja dan juga pada tipe keluaran lawas tidak perlu untuk beralih ke mode EDL ini.  

Kemudian barulah menjalankan Mi Flash Tool yang telah anda install terlebih dahulu pada komputer (PC) anda, untuk mempergunakan tool ini klik "refresh" terlebih dahulu apabila terdeteksi driver kemudian baru klik "select / Browser" cari file ROM Fastboot yang telah anda download dan jangan lupa untuk di ekstrak terlebih dahulu. 

Setelah anda menemukan file ROM tersebut, pilih salah satu opsi yang ada di bagian bawah seperti clear all, save user data atau clear all and lock.

Terakhir barulah anda mengklik "Flash" tunggu hingga notifikasi tool menjadi "success' setelah selesai lepas kabel data yang terhubung dan nyalakan kembali smartphone anda. 


4. Menggunakan TWRP Recovery

Terakhir yang sudah terinstall TWRP untuk melakukan update ROM Recovery yang harus anda lakukan adalah matikan terlebih dahulu daya smartphone, kemudian gunakan kombinasi tombol,  tekan terlebih dahulu  tombol volume atas kemudian barulah menekan tombol power untuk beralih ke mode TWRP.

Tunggu beberapa saat, pilih menu "Install" temukan lokasi penyimpanan ROM Recovery yang berextenxi ".zip" yang telah anda download tadi, setelah ditemukan dilanjutkan dengan menggeser “swipte to comfirm Flash” proses akan berjalan beberapa saat, apabila selesai Reboot System.

Namun biasanya bagi yang mempergunakan TWRP versi Non UBL setelah selesai melakukan proses update harus melakukan proses install kembali "Boot Patch " agar tidak terjadi bootloop.

Demikian semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.
Terima kasih atas kunjungannya.


Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel