Iklan Jumbo

Tips dan Solusi fingerprint Smartphone Xiaomi kamu yang tidak berfungsi



Dalam beberapa tahun terakhir  fitur sensor sidik jari (fingerprint sensor) merupakan fitur yang sangat diandalkan sebagai alat mencegah atau memproteksi smpartphone agar tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Yang bertujuan untuk mengamankan ponsel agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dahulu kita hanya membuat kode unik atau pola membuka kunci pada handphone saja yang dapat dilakukan.

Lantas bagaimana tips dan solusi bagi fingerprint Xiaomi kamu yang memiliki fitur ini namun tidak berfungsi dengan semestinya.

#Tips Sebelum kamu ingin melakukan pemindai fingerprint 

  1. Pastikan permukaan jari-jari tangan kamu dalam keadaan bersih dan kering
  2. Kemudian bersihkan juga permukaan area pemindai  fingerprint dari debu-debu, noda-noda sehingga area tersebut dalam keadaan bersih dan kering
  3. Lakukan pemindaian pada setiap jari tangan kamu agar nantinya setiap jari dapat melakukan unlock smartphone menggunakan fingerprint sehingga dapat dilakukan tidak hanya satu jari saja

Naah.. apabila tips tersebut sudah kamu lakukan dan ternyata kamu masih kesulitan untuk unlock smartphone Xiaomi menggunakan fingerprint bahkan tidak berfungsi sama sekali, coba solusi berikut ini untuk mengatasinya.

#Solusi Fingerprint Xiaomi tidak Berfungsi dengan Baik

1. Bersihkan sidik jari terlebih dahulu

Sebelumnya sudah saya jelaskan tips sebelum ingin melakukan pemindaian, hal utama ini yang mungkin jarang perhatikan pengguna smartphone yang memiliki fitur ini dikarenakan kelalaian atau kurang memperhatikan permukaan jari-jemari mereka yang kotor atau terhalang zat lain seperti air, minyak, lem atau sebagainya yang menghalangi area pemindai  fingerprint tidak dapat menganalisa dengan baik.

Solusinya usahakan setiap kali anda ingin melakukan perekaman data fingerprint  atau ingin membuka kunci handphone pastikan dalam keadaan bersih dan kering.

2. Hapus Cache Fingerprint

Salah satu penyebab Fingerprint tidak berfungsi baik kemungkinan terjadi pada "cache fingerprint". Cache merupakan history dari sidik jari yang terekam dalam aplikasi.

Dengan cache yang tersimpan bisa jadi hal ini yang mengganggu kinerja aplikasi, solusinya cobalah untuk menghapus data sidik jari pada pengaturan kunci dan sandi di pengaturan ponsel.       

3. Lakukan Mulai ulang (Reboot System

Apabila dua hal di atas sudah kamu lakukan namun ternyata tidak dapat memberikan solusi juga, coba lakukan reboot system atau restart ulang tunggu hingga handphone menyala kembali dan bekerja dengan normal bisa jadi hal ini disebabkan karena handphone Xiaomi kamu dalam keadaan "error".

4. Lakukan Reset Ulang (Factory Reset)

Factory reset atau mengembalikan smartphone pada pengaturan pabrik. Hal ini bertujuan agar sistem yang error pada smartphone dapat kembali normal.

Adakalah sistem pada smartphone mengalami "error" sehingga mengakibatkan hardware tidak dapat berkerja dengan baik sehingga mengganggu sensor-sensor yang disematkan pada devices, untuk melakukan reset ulang kamu dapat melakukan langkah - langkah berikut :
  • Masuk ke menu Setting
  • Setelan tambahan 
  • Buat cadangan & Setel Ulang (Backup & Reset) 
  • Kembali ke setelah pabrik, nah di dalam menu kembali ke setelah pabrik jangan sekali-kali mengaktifkan opsi "hapus isi yang tersimpan"  apabila kamu tidak ingin kehilang data-data penting seperti, foto, video dan yang lainnya pada penyimpanan internal hilang begitu saja kecuali sudah melakukan backup sebelumnya.
  • Terakhir, klik setel ulang telepon apabila anda yakin ingin melakukannya

Setelah kamu mengklik "setel ulang telepon" smartphone Xiaomi otomatis melakukan reboot system atau restart secara otomatis umumnya proses ini memakan waktu beberapa menit.

5. Update MIUI ke Versi Terbaru

Apabila masih belum berhasil juga ada baiknya kamu mengikuti langkah berikut ini, dengan melakukan update MIUI ke versi terbaru. 

Adakalanya dengan hanya nelakukan update ke versi MIUI yang terbaru permasalahan fingerprint yang tidak bekerja dengan baik atau "error" dapat diatasi dengan melakukan update ke versi MIUI yang terbaru dengan cara: 
  • Penting ! Jangan lupa mem-backup data penyimpanan internal kamu sebelum melakukan update pembaruan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Pastikan devices anda memiliki daya baterai minimal 30% , pembaruan tidak akan dimulai apabila kurang dari ini
  • Nah sekarang cari aplikasi pembaruan
  •  atau,  dengan  mengakses Settings -> About Phone -> System updates  klik tab tombol check for update, apabila terdapat versi MIUI terbaru sistem akan melakukan update OTA secara otomatis
  • Namun bagi kamu yang memiliki file "update.zip" sistem pembaruan dapat  melakukan [klik tiga titik pada sudut kanan atas] > Pilih Paket Pembaruan [choose update package] dan temukan file update recovery berextensi  "zip" yang telah anda download tadiapabila gagal dalam proses verifikasi file update recovery tersebut coba ganti nama file update tersebut menjadi "update.zip
  • Apabila sukses nantinya akan memunculkan pop up notifikasi perangkan akan otomatis memuat ulang, silahkan anda klik "mulai ulang dan diperbarui [reboot and update]", secara otomatis sistem akan melakukan restart atau reboot
  • Proses update ROM akan memakan waktu beberapa menit karena itu tetap sabar dalam menunggu prosesnya.

6. Lakukan Instal Ulang 

Para pengguna smartphone Xiaomi ternyata masih banyak tidak mengetahui mengenai istilah "ROM distributor" atau disebut juga dengan "ROM abal-abal" yang pada dasarnya ini merupakan ROM resmi dari Xiaomi namun di modifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan market smartphone Xiaomi di Indonesia.

Salah satu kekurangan ROM ini banyaknya kekurangan contoh seperti, banyak bloatware, iklan yang secara tiba-tiba muncul sendiri,  ketidak stabilan sistem, .serta tidak akan pernah mendapatkan update MIUI versi terbaru.

Nah.. yang terakhir yang dapat kamu lakukan dari semua solusi yang telah kamu lakukan namun fingerprint tidak berfungsi juga, solusi terakhir yang dapat dilakukan adalah install ulang atau melakukan flashing ROM Fastboot dengan menggunakan Miflash Tool bagi smartphone Xiaomi kamu bertipe prosesor Snapdragon dan Menggunakan SP flash tool bertipe prosesor Mediatek dan jangan lupa mem-backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghapus penyimpanan internal kamu.

Dengan cara ini kamu dapat mengganti ROM Distributor tersebut ke ROM resmi Xiaomi Global atau versi China.


Demikian semoga bermanfaat... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel