-->

Mengatasi CCTV XiaoFang Tidak Dapat Merekam Video

MIUIPEDIA - Mengatasi CCTV XiaoFang Tidak Dapat Merekam Video | Xiaomi Inc, tidak hanya terkenal dengan perusahaan yang memproduksi smartphone saja, namun dalam perkembangannya mereka juga memproduksi CCTV seperti XiaoFang yang dapat menyimpan rekaman video ke dalam kartu SD [miroSD].

XiaoFang dibekali dengan lensa yang memiliki aperture sebesar F2.0 yang mampu menyerap cahaya lebih banyak untuk menghasilkan gambar yang lebih terang yang dipadukan dengan fitur lain seperti IR-Cut dan lampu LED sehingga dapat menghasilkan gambar yang sangat bagus saat merekam dalam kondisi gelap.

Ada beberapa masalah yang muncul saat kamu membeli CCTV XiaoFang pada versi China ini jangan pernah update firmware  jika sudah terlanjur downgrade secara manual menggunakan kartu SD.

Salah satu yang menjadi masalah apabila kamu terlanjur melakukan upgrade ke versi terbaru adalah terjadinya masalah pada fitur rekaman video pada penyimpanan kartu SD yang tidak dapat tersimpan, namun sebelum pada inti pembahasan, apakah kamu sudah melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi masalah ini :



  • Melakukan pengecekan pada kartu SD, yang digunakan apakah terjadi error atau rusak? dengan menggunakan PC atau ponsel
  • Format kartu SD mengunakan PC atau ponsel
  • Ganti kartu SD dengan yang lain
  • Lakukan reset XiaoFang dengan menekan tombol 'setup/reset' dalam beberapa detik sehingga terdengar notifikasi suara 

Apabila langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan namun tidak berhasil juga silahkan ikuti langkah berikut:

Cara Mengatasi CCTV XiaoFang Tidak Dapat Merekam Video 




Pastikan hal berikut ini sudah kamu persiapkan:

Setelah semua dipersiapkan berikut langkah harus kamu lakukan:

Langkah 1, ekstrak Firmware XiaoFang v.3.0.3.56 dengan menggunakan sofware WinRAR atau 7zip atau sejenisnya.


Copy-paste file tersebut pada kartu SD, saran saya ada baiknya kamu melakukan format kartu SD terlebih dahulu namun jangan lupa membackup data atau video penting tersimpan.

Setelah file sudah tersimpan dengan baik lepaskan kartu SD yang terhubung menggunakan Card Reader  pada PC dan masukkan kembali pada slot kartuSD CCTV XiaoFang, pastikan sudah terpasang dengan baik.


 
Langkah 2, Dalam keadaan CCTV Xiaofang  tidak menyala lepaskan kabel USB Power yang terhubung, kemudian tekan dan tahan tombol "setup" selanjutnya hubungkan kembali USB Power tersebut dalam keadaan tombol "setup" masih ditekan dan tahan lebih kurang 3-5 menit hingga terdengar suara "notifikasi setup" dalam bahasa China terdengar [maaf saya sendiri tidak tau artinya hehehe]

Dan lepaskan tombol setup/reset kemudian lakukan pairing Xiaofang seperti biasanya.

Langkah 3, Langkah ini hanya bersifat optional karena saya sendiri dengan hanya mengikuti langkah 1 dan 2 masalah CCTV XioFang tidak merekam video sudah dapat teratasi, namun apabila ternyata masih tidak berfungsi dengan baik mungkin langkah selanjutnya ini dapat membantu, berikut yang harus kamu lakukan:
Setelah semua file tersebut telah kamu download ekstrak terlebih dahulu file fanghacks  menggunakan sofware WinRAR atau 7zip atau sejenisnya.

Kemudian pada software Win32 Disk Imager lakukan installasi terlebih dahulu hingga selesai.


Langkah 4, Hubungkan kartuSD menggunakan Card Reader,  sebelum melanjutkan langkah ini pastikan data tersimpan tidak ada yang penting karena proses ini akan memformat data kartu SD kamu, Jalankan software Win32 Disk Imager klik pada "image file" kemudian klik "Device" samakan driver pada kartu SD kamu, ingat jangan salah 'device"  setelah dirasa sudah benar klik 'write" proses ini akan berlangsung dalam beberapa menit hingga muncul notifikasi "write successful". 


Apabila sukses akan terlihat file seperti gambar diatas, dan copy-paste kembali file firmware Xiaofang pada penyimpanan kartuSD sehingga menjadi seperti ini.


Setelah langkah demi langkah kamu laku dengan benar kemudian lepaskan kembali kartuSD pada Card Reader dan masukkan kembali pada slot kartuSD CCTV XiaoFang, pastikan sudah terpasang dengan baik.

Untuk selanjutnya ulang kembali proses seperti langkah 2 hingga selesai terakhir lakukan pairing Xiaofang seperti biasanya.
Tips Agar Pairing Sukses:
1. Gunakan Mi Home versi 4 ke bawah silahkan download mi-home-4-3-14.apk ini
2. Pastikan internet dirumah/kantor harus kencang jangan lelet


Setelah CCTV dalam status "Device Online" lakukan pengaturan pada setting profile aplikasi Mi Home, dengan cara masuk ke menu profile kemudian akses ke sub menu settings dan terakhir non aktifkan "Update Plug-ins", ini bertujuan untuk mencegah Mi Home melakukan update ke versi terbaru secara otomatis apabila ter-koneksi Wi-Fi, karena apabila ter-update ke versi yang terbaru umumnya CCTV XiaoFang pada versi China ini akan mengalami "crass" atau "error" yang paling sering terasa saat membuka rekaman video sering menutup atau close secara tiba-tiba.

Terakhir bagi yang telah mengikuti langkah 3, kartuSD hanya akan terbaca 100MB saja, untuk mengembalikan seperti semula silahkan format kembali kartuSD menggunakan PC dengan Mini Tool Partition Wizard karena menggunakan format yang biasa tidak akan mengembalikan kapasitas penyimpanan atau langkah lebih mudahnya siih tinggal format ulang menggunakan ponsel saja.

Peringatan :
Dengan mengikuti tutorial ini mungkin tidak akan sepenuhnya seperti apa yang diharapkan, karena perbedaan kondisi perangkat yang digunakan. Setuju dengan mengikuti tutorial ini berarti setuju dengan resiko yang mungkin tidak diinginkan. 

Demikian Mengatasi CCTV XiaoFang Tidak Dapat Merekam Video, semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.
Terima kasih atas kunjungannya.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.