-->

Cara Merubah Tampilan / Tema Android OREO dengan Substratum Tanpa ROOT

MIUIPEDIA - Cara menggunakan Substratum Tanpa ROOT dengan Andromeda | Xiaomi Mi A1 mengusung sistem Android One yang memiliki Tampilan tidak jauh beda dengan Pendahulunya, Bagi kalian yang sangat memperhatikan Tampilan.

Tampilan yang begitu saja pasti akan membuat bosan saat menggunakannya, Banyak sekali cara yang tersedia di internet untuk merubah tampilan atau menginstall Tema yang mengharuskan perangkat dalam Keadaan ROOT dan wajib melakukan Unlock Bootloader.


mungkin banyak dari kalian yang tidak menginginkan hal itu atau malas Melakukan Root dan Unlock Bootloader yang dapat membahayakan Perangkat Anda. Berbeda dengan Perangkat Xiaomi yang menggunakan Sistem Android MIUI yang dengan mudahnya mengganti Font, Tema, Tampilan dari Pihak ketiga, yang membuat kalian betah saat menggunakannya.

Tenang Dengan Aplikasi Substratum dan Add-ons Andromeda kalian dapat mengubah Tampilan pada Android Oreo anda menjadi lebih menarik dan keren Cara ini dapat kalian lakukan tanpa melakukan tanpa ROOT dan melakukan Unlock Bootloader, Kalian cukup menginstall seperti biasanya dan langkahnya pun cukup mudah.



Buat yang bingung apa itu substratum dan bagaimana cara kerjanya ? Substratum adalah sebuah aplikasi untuk mengganti tema yang dikembangkan oleh Nicholas Chum, Syko Pompos dan Substratum Theme Development yang bekerja pada sistem Android Versi Marshmallow ( 6.0 )

Dan versi Android diatasnya contoh : Android Oreo 8.0 substratum menggunakan Overlay Manager Service ( OMS ) yang ditemukan oleh Google kemudian dikembangkan oleh pihak Sony yang dijadikan sebuah Driver untuk aplikasi pengganti Tema Android.

Pada dasarnya Mengganti Tema dengan Aplikasi Substratum tidak harus memiliki akses ROOT asalkan ROM yang kalian gunakan support OMS, jika tidak maka kalian bisa menggunakan Add-ons yang Bernama Andromeda.

tetapi aplikasi Andromeda hanya bisa digunakan untuk versi Android OREO ( 8.0 ) maka untuk versi android yang dibawahnya mau tidak mau kalian harus melakukan ROOT di Perangkat Smartphone kalian.

Kali ini adalah Tutorial Bagaimana cara Menginstall Tema Pada Android Oreo yang berbasis Android ONE contoh : ROM Pixel Tanpa Melakukan Unlock Bootloader dan ROOTING caranya cukup mudah kalian dapat simak Tutorialnya dibawah lengkap beserta Gambar yang dapat memudahkan kalian untuk memahaminya.


Syarat Dan Ketentuan



Cara Menggunakan Andromeda + Substratum Pada Android Oreo Tanpa Root


#Aktifkan USB DEBUGGING



Buka Setelan pada Perangkat kalian lalu masuk Ke About Phone pada perangkat yang saya gunakan harus Tap berkali kali pada Build Number, mungkin akan berbeda untuk Smartphone yang kalian gunakan, jadi silahkan lakukan sendiri dengan Tap Berkali kali yang tersedia di About Phone Tersebut.

#Install ANDROMEDA Dan Sambungkan Ke PC


  • Saat Pertama kali dibuka Andromeda akan berstatus "DISCONNECTED" 


Agar Statusnya "CONNECTED" Hubungkan Ke PC / Laptop, Smartphone sudah dalam keadaan USB DEBUGGING dan lanjutkan langkah dibawah ini.

  • Ekstrak Script Andromeda Client menggunakan aplikasi yang biasanya kalian gunakan, disini saya menggunakan 7-Zip lalu masuk ke folder Hasil Ekstrak tadi, Jalan kan file "start_andromeda.bat"

  • Maka akan timbul CMD lalu Tekan "ENTER" untuk melanjutkan dan biarkan Proses berjalan ketika sudah selesai CMD tersebut akan tertutup sendiri. ( lihat gambar dibawah ini )



Buka Kembali aplikasi Andromeda dan lihat apakah statusnya telah menjadi "CONNECTED" seperti gambar dibawah ini.


Di langkah ini jika sudah statusnya menjadi "CONNECTED" Maka Proses menggunakan Laptop / PC ini sudah selesai, kalian dapat cabut Kabel data yang terhubung ke Laptop / PC dan melanjutkan pada langkah dibawah ini.

#Install SUBSTRATUM Dan Tema


  • Banyak sekali Tema yang tersedia untuk Aplikasi Substratum ini Kalian dapat men-downloadnya DISINI Sebagai Contoh disini saya akan install tema atau menerapkan Perubahan Tampilan untuk mengubah Kunci Layar ( Lockscreen ) agar terlihat minimalist. cara ini bisa jadi untuk referensi kalian bagaimana cara install Tema untuk menerapkan di Perangkat Smartphone Anda.



Buka aplikasi Substratum Lalu pilih Tema yang sudah kalian Siapkan, Lalu "Select to toggle all overlays" --> jika ingin menggunakan semua Fitur yang tersedia di Tema tersebut, Jika tidak ingin silahkan Pilih salah satu yang di inginkan, Setelah itu Klik Build & Enable. ( Lihat Gambar Diatas ).

Buat Yang bingung Apa Perbedaan "Build & Enable" dan "Build & Update" : Build & Enable digunakan jika kalian Pertama kali menggunakan Tema Tersebut, Sedangkan Build & Update digunakan Ketika kalian sudah Menggunakan Tema Tersebut dan ingin merubah Tampilan yang tersedia diTema itu.

Jika ada perintah untuk melakukan REBOOT / RESTART sebaiknya lakukan hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Pada langkah ini setelah Reboot / Restart maka Tema yang telah kalian pilih Tersebut akan terinstall pada Perangkat SmartPhone kalian. ( Lihat Perbandingan dibawah )


Cara UNINSTALL / NON-AKTIFKAN Tema  Pada SUBSTRATUM

  • Klik TAB MANAGER maka disitu akan terlihat Overlays Tema apa saja yang terinstall pilih "Select To Toggle All Overlays" Jika ingin menghapus semuanya, Atau Pilih salah satu Overlay Tema yang diinginkan Lalu pilih Uninstall Selected.


Peringatan!
Segala resiko yang diakibatkan selama proses ditanggung pengguna.
Misalnya ada pertanyaan terkait artikel Cara Merubah Tampilan / Tema Android OREO dengan Substratum Tanpa ROOT ini silahkan komentar dibawah dan juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.