Iklan Jumbo

yuuk... Berkenalan dengan Safetynet berserta module fix safetynet Universal Xiaomi


Menurut Adrian Ludwig (Direktur Keamanan Android), keamanan pada perangkat android sama kuatnya dengan apple ios, ia mengatakan Android memiliki software yang bernama Safetynet.

SafetyNet adalah software anti-tamper yang dikeluarkan oleh google dan ditanamkan pada sistem operasi terbaru keluaran google, software ini mulai dirintis sejak update terakhir lollipop (api 22).

SafetyNet dapat memindai jutaan perankat dan miliaran aplikasi dalam satu hari, dan aplikasi tersebut menjamin hanya sedikit aplikasi yang rentan terhadap serangan malware.
SafetyNet bekerja dengan mendeteksi adanya modifikasi di folder /system dan mengumpulkan catatan aktifitas perangkat kalian, kumpulan catatan tersebut kemudian dikumpulkan menjadi sebuah profile yang bernama CTS.

CTS (Compatibillity Test Suite) yang menjadi standar apakah ponsel kalian aman atau tidak,
jika perangkat kalian tidak lolos dalam CTS, ketika membuka aplikasi yang mewajibkan perangkat lolos CTS ( safetynet ) aplikasi tersebut tidak akan terbuka dan menimbukan notifikasi " Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat anda ".

lantas, bagaimana cara mengetahui apakah perangkat kalian lolos dalam safetynet ?
kalian bisa mendownload aplikasi yang bernama SafetyNet Test di playstore jika hasilnya seperti ini.... maka perangkat anda tidak lolos dalam CTS

Apa saja yang menyebabkan perangkat tidak lolos dalam safetynet ?

  • Phonsel buatan china pada umumnya tidak afiliasi karena diblokir oleh pemerintahan.
  • menggunakan ROM yang "abal abalan" yang memiliki sertifikat yang tidak sah.
  • melakukan root.
  • syarat ketentuan safetynet yang berubah mengikuti zaman.

Apa SafetyNet itu penting ? 

Tergantung pengguna jika pengguna hanya menggunakan untuk sosmed, mobile banking, bisnis dan bermain game.
lolos dari CTS adalah yang wajib karena terdapat aplikasi mobile banking dan game yang mewajibkan lolos dari SafetyNet.

Jika pengguna ingin seseuatu yang waw dengan perangkatnya seperti memodifikasi sistem agar menjadi lebih indah, lebih stabil, overclock dan developer. safetynet menurut mereka adalah yang tidak wajib.

ada sebuah module yang bernama fix safetynet di magisk, kalian bisa mencobanya jika failed setelah memasang magisk di perangkat kalian. modul ini tidak tersedia di repo official magisk, jadi sobat bisa download di forum xda.

Bahan

Langkahnya

  • Masuk ke twrp - volume atas + power
  • Install zip file
  • reboot system

Sudah menggunakan module fix safetynet magisk tetapi masih failed di safetynet test? ada beberapa rom yang memang tetap failed walaupun menggunakan modul fix safetynet ini, salah satunya di MIUI Versi Stabil, karena itu saya sarankan setelah install fix Safetynet ternyata "Failed" juga coba beralih ke ROM versi Developer atau kostum ROM.


Peringatan :
Garansi mungkin akan hilang jika anda melakukan modifikasi pada sistem perangkat handphone Xiaomi anda.

Kami juga tidak bertanggung jawab apabila  handphone anda mengalami bootloop, kehilangan data pada penyimpanan internal, SDCard rusak, Soft brick bahkan Hard Brick,  jangan salahkan penulis karena anda sendiri yang memilih untuk memasang dan atau modifikasi, jika anda menyalahkan admin atau penulis karena telah menyebabkan kerusakan pada handphone anda itu diluar dari tanggungjawab kami.


Demikian semoga bermanfaat... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel