Cara mengatasi 'Error' pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot Smartphone Xiaomi

Cara mengatasi 'Error'  pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot  Smartphone Xioami

MIUIPEDIA |  Kamu yang membaca tutorial ini mungkin salah satu pengguna smartphone Xiaomi yang mengalami 'Error'  pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot, hal ini bisa jadi disebabkan oleh karena sistem yang error di saat melakukan update ROM MIUI, modifikasi sistem dan bisa juga terjadi dikarenakan melakukan bypass akun mi Cloud.

Salah satu cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup dengan melakukan install ulang smartphone menggunakan ROM Fastboot, namun tentu saja hal ini memakan waktu dan quota internet yang bergiga-gigabite namun lain cerita dengan yang melakukan bypass atau "jebolin"  akun mi Cloud Xiaomi hal ini tidak dapat menyelesaikan problem ini dengan hanya melakukan install ulang.

Sebenarnya caranya hampir sama melakukan install ulang smartphone Xiaomi menggunakan Mi Flashtool yang membedakan hanya file flash yang khusus untuk memperbaiki atau fix error pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot saja.

Berikut Cara mengatasi 'Error'  pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot  Smartphone Xiaomi


Pastikan Hal-Hal Berikut ini Sudah kamu Persiapkan:

  • PC OS Windows 7, 8 (8,1), 10 atau yang terbaru
  • Kabel data ory XIAOMI atau kabel data yang berkwalitas bagus
  • Downlaod Mi Flashtool 
  • MipediTools Kits Fastboot Mode to EDL
  • Download salah satu file Fix Error Wifi, Bluetooth dan Hotspot  di bawah ini sesuaikan dengan devices kamu


No
Nama Devices
 Link Download
1.
Mi 3/Mi 4
2.
Mi 5S
3.
M4i
4.
Mi 5
5.
Redmi Note Prime
6.
Mi Max Pro / Prime
7.
Mi Max 32GB
8.
Redmi 3/Prime
 ido
9.
Redmi Note 3 SE
 kate V1 | V2
10.
Redmi Note 3 Pro (Qualcomm)
 kenzo V1 | V2
11.
Redmi 3S/Prime/3X
 land
12.
Mi Note Pro
 leo
13.
Mi 4C
14.
Redmi 4 Prime
15.
Redmi Note 4 Qualcomm/4X
 mido
16.
Mi 5S Plus
17.
Redmi 4A
18.
Mi Note
19.
Redmi 2


Pertama, Backup terlebih dahulu file data penting di penyimpanan internal seperti foto, video atau file lain yang kamu anggap penting, kamu dapat melakukan backup secara offline dengan mengcopy- paste file ke memori external, flashdisck OTG atau langsung ke PC, atau dapat juga melakukan backup secara online melalui Mi Clond yang telah diaktifkan. 

Kedua, Ekstrak salah file fix yang telah kamu download tadi ingat! sesuaikan dengan code name atau nama devices smartphone Xiaomi kamu,  dengan menggunakan winrar atau 7zip, ekstrak file pada lokasi penyimpanan yang mudah ditemukan kembali pada direktori penyimpanan.

Ketiga, Masuk ke Emegensi Downlooad Mode  (EDL) Xiaomi,  ada beberapa cara untuk menggunakan mode EDL ini :
  • Dengan menggunakan kombinasi tombol  volume + (atas) + power bersamaan.  tapi ingat smartphone-nya dimatiin dulu yaah... dan apabila muncul menu recovery cari menu "download". namun tidak semua smartphone Xiaomi memiliki menu recovery ini untuk beralih ke mode EDL. 
  • Kedua, menggunakan toolkits fastboot to EDL mode, caranya sedikit berbeda untuk kombinasi tombol yang digunakan, yang harus terlebih dahulu kamu lakukan adalah dengan mematikan daya kemudian gunakan kombinasi  tombol volume - (bawah) + power bersamaan  apabila sukses smartphone secara otomatis akan beralih ke mode Fastboot dan sekarang hubungkan kabel data dari smartphone ke PC kemudian jalankan  MipediTools Kits Fastboot Mode to EDL  yang sebelumnya sudah kamu ekstrak, klik nama file "Mipedi ToolKits Fastboot To EDL Mode.bat " pilih salah satu menu yang ada, kamu dapat memilih menu (1) menggunakan keyboard untuk mengetahui nama devics/code name smartphone kamu agar tidak salah memilih file Fix wifi, bluetooth dan hotspot yang telah di download tadi. Ikuti perintah selanjutnya, pilih salah satu menu berikutnya untuk beralih ke mode EDL.  
Fastboot to EDL
  • Cara berikutnya dapat  menggunakan kabel DFC Flash yang merupakan kabel khusus untuk dapat beralih ke mode EDL, tidak perlu membeli kamu dapat membuat sendiri kabel ini, dengan mengikuti tutorial cara mudah membuat kabel "DFC" untuk Devices Xiaomi Qualqoom.
  • Yang terakhir, kamu dapat menggunakan teknik Test Point, bagi yang masih awam teknik ini sedikit sulit dilakukan karena harus membongkar smartphone terlebih dahulu kemudian melakukan test point dengan menghubungkan titik-titik tertentu menggunakan pinset atau benda lain untuk menghubungkan titik tersebut.
Apabila sukses dengan salah satu motode  tersebut, nantinya secara otomatis smartphone akan menjadi blank atau terlihat lampu indikator berwarna merah berkedip-kedip, JANGAN KHAWATIR HP ANDA TIDAK ERROR !

Kelima, Pada tahapan ini pastikan kabel data dan driver terinstall dengan baik, bagi kamu yang devicenya tidak terdeteksi COMXX silahkan baca 6 Langkah Mudah Sukses Flashing ROM Fastboot MIUI menggunakan MIFlashtool.

Flash Fix Wifi, Bluetooth dan Hotspot  menggunakan Mi Flashtool

Kalau sudah jalankan MiFlashtool yang telah kamu install sebelumnya, klik select, cari dimana lokasi hasil ekstrak file Fix Wifi, Bluetooth dan Hotspot yang telah kamu download pastikan sudah sesuai dengan devices kamu.

kemudian klik "refresh" lihat pada bagian kiri apabila devices terdeteksi dengan "COMXXX" lanjutkan dengan mengklik  "clear all" dan terakhir klik "flash"  proses ini hanya memakan waktu beberapa detik.

Proses flash ROM akan selesai ditandai dengan notifikasi pada kolom result  “success” pada MIFlash. Sampai pada tahapan ini lepaskan kabel data dan hidupkan kembali smartphone, jalankan seperti biasa coba hidupkan Wifi, Bluetooth atau Hotspot yang tadinya tidak berfungsi .

Demikian Cara mengatasi 'Error'  pada Wifi, Bluetooth dan Hotspot  Smartphone Xiaomi semoga bermanfaat... Goodluck.....yaah .... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi kamu.

Peringatan :
Dengan mengikuti tutorial ini mungkin tidak akan sepenuhnya seperti apa yang diharapkan, karena perbedaan kondisi smartphone yang digunakan. Setuju dengan mengikuti tutorial ini berarti setuju dengan resiko yang mungkin tidak diinginkan. 

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel