3 Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Muncul atau Tersembunyi Jika Aplikasi Tidak Dibuka

MIUIPEDIA - 3 Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Muncul atau Tersembunyi Jika Aplikasi Tidak Dibuka | Hai Mi Fans! Sering mengalami terlambatnya notifikasi yang muncul pada aplikasi yang digunakan pada smartphone Xiaomi, seperti WhatsApps, Facebook, BBM. Hal ini dialami hampir semua pengguna Xiaomi semenjak melakukan update pembaruan MIUI 8, MIUI 9 dan terakhir MIUI 10 kecuali mereka membuka aplikasi tersebut maka notifikasi akan selalu terlihat. 

Bagi pengguna aplikasi belanja online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia atau aplikasi sejenis ternyata juga mengalami hal yang sama, salah satu hal yang bikin kesal terlambatnya info diskon yang ditunggu-tunggu dari produk yang diinginkan pastinya sangat dinantikan dan ternyata notifikasi yang masuk eh ternyata telat.

Nah.. bagaimana, Anda orang termasuk bingung bagaimana cara mengatasinya? simak ulasan berikut ini untuk mengatasi masalah notifikasi yang terlambat muncul, dengan cara ini juga dapat mengatasi notifikasi mengambang, notifikasi LED, notifikasi yang tidak berbunyi dengan cara mengaktifkan pengaturan notifikasi yang benar.

Tahukah Anda? Bahwa Xiaomi menerapkan fitur keamanan MIUI yang secara default menon aktifkan proses background aplikasi tersebut dalam kondisi standby, karena hal tersebut semua pesan yang masuk atau notifikasi aplikasi akan terlihat setelah aplikasi dibuka atau dijalankan. 


Sebenarnya fitur keamanan membatasi latar belakang bertujuan baik agar penggunaan mutltasking dengan banyak aplikasi yang berjalan tidak semakin memberatkan pengguna RAM pada smartphone Xiaomi.



3 Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Muncul atau Tersembunyi Jika Aplikasi Tidak Dibuka 



#1. Kunci Proses Aplikasi Terkini yang Sedang Digunakan

Opsi pertama ini sangatlah mudah, tidak perlu melakukan pengaturan setting pada aplikasi yang menjadi masalah tidak munculnya notifikasi jika smartphone Xiaomi dalam keadaan standby.


Caranya, gunakan tombol yang terletak di sebelah kiri (recent app) bawah bersebelahan dengan tombol home, tombol ini akan menampilkan aplikasi yang sedang digunakan, nah sekarang cari aplikasi yang ingin tetap berjalan dalam keadaan standby proses background aplikasi, silahkan tarik aplikasi ke bawah atau pada MIUI 10 tahan aplikasi tersebut hingga muncul icon gembok dan aktifkan hingga icon gembok terlihat pada recent apps tersebut.

Baca JugaCara Hapus Modul Magisk via TWRP Dengan Mudah

#2. Aktifkan  Mulai Otomatis pada Aplikasi Keamanan 

Cara kedua ini lebih saya sarankan ketimbang cara pertama, karena aplikasi akan berjalan otomatis walau anda melakukan mulai ulang dan anda juga tidak perlu lagi mengunci recent apps seperti cara pertama tadi.


Berikut langkah-langkah yang perlu diterapkan:
  1. Masuk ke aplikasi Keamanan MIUI perangkat. 
  2. Selanjutnya ketuk pada menu Kelola Aplikasi.
  3. Setelah itu masuk ke sub menu perizinan.
  4. Kemudian ketuk tab menu  Mulai Otomatis.
  5. Tahap selanjutnya, cari aplikasi yang ingin berjalan secara otomatis meskipun kamu tidak membuka atau menjalankan aplikasi tersebut dengan ketuk toggle pada aplikasi yang ingin berjalan secara otomatis, selesai.
Bagi pengguna khusus MIUI 8 atau MIUI 9, apabila dengan mengikuti langkah tersebut dan ternyata notifikasinya masih terlambat muncul, ada baiknya kamu mengikuti langkah tambahan yang harus dilakukan berikut ini. 

Masih pada aplikasi keamanan, cari sub menu penghemat batrai agar memberikan akses pada aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang, silahkan simak langkah berikut ini:
  1. Pertama, buka aplikasi keamanan, kemudian cari sub menu baterai. 
  2. Selanjutnya, pilih penghemat baterai aplikasi. 
  3. Setelah ini ketuk aplikasi yang ingin diberi akses pada latar belakang dengan opsi tak ada pembatasan, selesai.
Apakah langkah ini sudah selesai? belum.. silahkan lanjut ke tahap berikutnya.

Baca JugaLangkah - Langkah Memasang Font Apple + ios emoji Pada Ponsel Android

#3 Aktifkan Toggle Notifikasi LED, Suara, Mengambang pada Pengaturan Notifikasi Xiaomi 

Setelah Anda mengikuti dua langkah di atas, mungkin ada sebagian aplikasi yang ternyata masih saja tidak menampilkan notifikasi, bunyi, LED atau mengambang pada lock-screen. Langkah ketiga berikut ini merupakan cara mengaktifkan dan menonatifkan toggle notifikasi Xiaomi.


  1. Pertama, akses pada setelan, lanjut cari sub menu notifikasi & bar status.
  2. Lanjut lagi dengan mencari dan ketuk notifikasi aplikasi.
  3. Pada sub menu ini cari aplikasi yang ingin diaktifkan notifikasi lambang ikon apl, notifikasi mengambang, notifikasi layar kunci, suara, getaran dan lampu notifikasi 
  4. Atur sesuai keinginan, notifikasi apa yang ingin dimunculkan dengan cara mengetuk toggle yang disediakan. 
  5. Terakhir, masih di bagian sub menu notifikasi & status, aktifkan juga toggle tampil ikon notifikasi agar notifikasi terlihat di atas layar, selesai 

Catatan :
Apabila semua langkah demi langkah sudah diterapkan, namun ternyata notifikasi yang di harapkan tidak sesuai dengan keinginan, ada baiknya Anda memilih opsi mengganti ROM yang digunakan, misal ROM yang digunakan masih mempergunakan ROM Developer yang masih sering terdapat bug ke Stable yang minim bug, atau tetap menunggu update ROM yang selanjutnya guna mendapatkan versi yang minim bug.


Tutorial ini saya terapkan pada MIUI 10 mungkin terdapat perbedaan pengaturan setelan pada MIUI 8 atau MIUI 9  dan juga model perangkat smartphone Xiaomi yang digunakan.

Demikian 3 cara mengatasi notifikasi Xiaomi tidak muncul atau tersembunyi jika aplikasi tidak dibuka, semoga bermanfaat, bagikan artikel ini di media sosial  apabila bermanfaat,  jangan lupa tinggalkan pesan di komentar apabila masih ada yang harus di koreksi dan informasi yang saya berikan belum akurat, jangan lupa follow kami di google +  dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram  kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.