Cara Enable/Disable Camera2API dan Install Google Camera Redmi Note 6 Pro [Tulip] Tanpa ROOT & TWRP

MIUIPEDIA -  Cara Enable/Disable Camera2API dan Install Google Camera Redmi Note 6 Pro [Tulip] Tanpa ROOT & TWRP | Sebenarnya ada beberapa macam cara untuk enable camera2API diantaranya dengan cara melakukan editing pada build.prop atau mempergunakan Module Magisk yang memerlukan akses root pada ponsel android mereka, namun sebagian orang ragu mengaktifkan atau enable camera2API dengan cara ini, dikarenakan takut sistem android rusak atau menjadi lebih rentan terkena virus karena cara tersebut memerlukan akses root terlebih dahulu.

Ternyata untuk menghindari hal tersebut, ada cara yang dapat kamu lakukan dalam hal mengaktifkan/Enable camera2API dan bahkan Disable kembali, tanpa harus mengaktifkan akses root pada Redmi Note 6 Pro [Tulip] terlebih dahulu.

Tahukah Mi Fans! sebenarnya sistem android minimal versi Lolipop telah mendukung camera2API namun pada sistem MIUI fitur ini di non aktifkan, sistem MIUI hanya mengaktifkan HAL1 bukan HAL3 yang secara otomatis non aktifkan camera2API .
Ada kelebihan yang akan kamu dapatkan pada smartphone Xiaomi Redmi Note 6 setelah mengaktifkan fitur ini, diantaranya sebagai berikut.

Beberapa Keunggulan Fitur Camera2API 

  • Manual fokus
  • Manual white balance
  • Manual shutter speed
  • Manual ISO
  • RAW
  • dll
Kelebihan mengaktifkan fitur camera2API dapat dipadukan dengan memasang aplikasi Google Camera yang sama pada smartphone Google Pixel 3, yang memiliki software pendukung berbasis teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). apps Google Camera Pixel 3 tidak akan berjalan, apabila fitur camera2API di non aktifkan.

Berikut ulasan singkat fitur baru di kamera Pixel 3 yang memberikan pengalaman fotografi mengagumkan penggunanya.
  • Top Shot, fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengambil gambar sebelum dan sesudah suatu momen ketika kamu menekan tombol potret virtual, secara otomatis puluhan foto akan tersajikan dan kamu dapat memilih foto terbaik diantaranya. 
  • Photobooth, ini adalah fitur anyar yang tidak terdapat pada sebelumnya, dengan adanya fitur photobooth, kamu dan teman kamu dapat mengambil foto tanpa perlu menekan tombol potret. Caranya cukup mudah dengan hanya memberikan ekspresi tersenyum atau lucu, secara otomatis akan langsung terdeteksi kamera oleh AI. 
  • Super Res Zoom,  berfungsi meningkatkan resolusi foto disaat kamu melakukan zoom pada suatu titik objek gambar, ini termasuk salah satu fitur baru yang terdapat pada camera google Pixel 3.
  • Night Sight, ini adalah salah satu fitur yang juga cukup menarik untuk di gunakan, fitur ini memungkinkan mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya terlihat lebih terang, dengan memanfaatkan machine learning mampu mencerahkan bintik-bintik gelap dalam foto.
  • Group Selfie Cam,  Dengan fitur ini mampu melakukan pengambilan foto selfie secara berkelompok dalam jumlah banyak.
  • Playground, Jika pengguna iPhone XS mengenal Animoji, maka Google memiliki Playground pada Google Camera Pixel 3. Fitur ini merupakan re-branding dari AR stickers, diperkenalkan di musim gugur yang lalu pada kamera Pixel 3. Playground memungkinkan kamu berekspresi dalam mengambil foto dan video dengan menambahkan stiker animasi augmented reality dengan berbagai tema, seperti hewan maupun karakter komik. 
Bagian terbaik dari panduan ini adalah bahwa metode ini tidak akan menggantikan pemulihan stok ponsel kamu dan bahkan tidak merusak pembaruan OTA pada ponsel. Kamu akan mendapatkan semua pembaruan OTA dan dapat menginstalnya tanpa masalah.

Silahkan simak video di akhir artikel ini sebagai referensi, dengan cara ini, hal tersebut dapat diterapkan pada Redmi Note 6 Pro dan sekaligus memasang Google Camera tanpa masalah, namun dengan langkah yang sedikit berbeda dengan tujuan akhir yang sama pada tutorial yang saya tulis ini.

Tutorial ini dilakukan dengan langkah melakukan-boot TWRP sementara untuk menjalankan beberapa perintah ADB dan selanjutnya mengaktifkan Camera2API pada ponsel sehingga kamu dapat menginstall Google Camera.

Tahapan Enable/Disable Camera2API dan Install Google Camera Redmi Note 6 Pro [Tulip] Tanpa ROOT & TWRP



#Syarat dan Ketentuan


#Unduh File untuk Menginstall Google Camera Pixel 3 

  1. Unduh PdaNet,  sebagai solusi permasalahan driver ponsel Xiaomi agar terhubung dengan PC, PdaNet adalah salah satu solusi yang terbaik untuk mengatasi driver pada ponsel yang terkadang tidak terkoneksi dengan baik antara PC dan perangkat Android, abaikan kalau PC kamu sudah terinstall driver ADB atau fastboot ponsel Xiaomi dengan baik
  2. Sekarang unduh Minimal ADB and Fastboot pada desktop kamu.
  3. Unduh file tuliprecovery.img. Tidak perlu menginstall TWRP, ini digunakan hanya untuk melakukan boot sementara 
  4. Unduk Manual Camera Compatibility pada play store, untuk mengetahui status Enable/Disable Camera2API
  5. Unduh file GoogleCameraP3.apk,  untuk memasang Google Camera di ponsel MIUI kamu.

#Enable Camera2API Redmi Note 6 Pro

1. Pastikan bootloader ponsel kamu tidak terkunci.

2. Sekarang install software PdaNet pada PC Windows.

3. Selanjutnya, boot ponsel kamu dalam mode Fastboot. Untuk melakukan ini, pertama-tama matikan daya ponsel kamu dan sekarang tahan tombol Volume bawah + Power  bersama-sama.

4. Untuk mempermudah unzip terlebih dahulu file Minimal ADB and Fastboot  yang telah di download tadi pada Desktop PC kamu.

5. Sekarang,  pada folder Minimal ADB and Fastboot klik dua kali pada 'Minimal ADB and Fastboot,exe' tunggu beberapa saat jendela cmd.exe berjalan.

6. Sewaktu ponsel dalam mode fastboot, hubungkan ponsel ke PC dan masukkan perintah berikut untuk mem-boot ponsel ke mode TWRP.
fastboot boot  tuliprecovery.img
Perintah ini akan melakukan proses boot ponsel kamu dalam mode TWRP.

7. Setelah ponsel berada mode TWRP. Jangan melakukan perubahan apa pun pada ponsel.

8. Sekarang jalankan perintah berikut ini tanpa menuliskan, satu per satu pada jendela cmd.exe untuk mengaktifkan Camera2API tanpa ROOT.

adb shell
setprop persist.camera.HAL3.enabled 1
setprop persist.camera.eis.enable 1
exit
adb reboot bootloader
fastboot reboot

9. Sekarang Camera2API diaktifkan dan TWRP dihapus dari ponsel Anda.

#Disable Camera2API Redmi Note 6 Pro

Untuk melakukan disable Camera2API Redmi Note 6 Pro, secara proses tahapannya hampir sama, yang membedakan adalah mempergunakan perintah yang berbeda pada jendela cmd.exe.

Karena langkah-langkahnya hampir sama, saya tidak akan menjelaskan langkah-langkah tersebut dari awal, setelah ponsel berada pada mode TWRP, gunakan perintah berikut ini, satu-persatu untuk proses disable Camera2API tanpa ROOT.
adb shell
setprop persist.camera.HAL3.enabled 0
setprop persist.camera.eis.enable 0
exit
adb reboot bootloader
fastboot reboot

Sekarang Camera2API dinonaktifkan dan TWRP dihapus dari ponsel Anda.

#Cek Status Enable/Disable Camera2API

Setelah proses tersebut kamu lakukan dengan benar, saatnya lakukan pengecekan status enable/disable Camera2API, caranya cukup dengan menjalankan Manual Camera Compatibility yang sudah terpasang pada ponsel.




#Install Google Camera Pixel 3 

Proses install Google Camera Pixel 3 cukup mudah, setelah kamu unduh dan mengaktifkan camera2API, apps Kamera Google Pixel 3 baru dapat digunakan.

Cari file GoogleCameraP3-miuipedia.apk pada file manager ponsel kamu, selanjutnya lakukan proses pemasangan apps tersebut hingga selesai, bagi kamu pertama kali melakukan proses install apps menggunakan file berformat 'apk', adakalanya sistem pada android akan meminta untuk mengaktifkan fitur sumber tidak dikenal [unknown sources], aktifkan fitur terlebih dahulu kemudian proses pemasangan apps dapat dilanjutkan hingga selesai.

#Video Tutorial Cara Mengaktifkan Camera2API Redmi Note 6 Pro 






Selamat! kamu telah mengaktifkan Camera2API tanpa kehilangan kemampuan untuk menerima Pembaruan MIUI OTA, karena proses ini tidak mem-flash pemulihan kustom apa pun.

Demikian tutorial Cara Enable/Disable Camera2API dan Install Google Camera Redmi Note 6 Pro [Tulip] Tanpa ROOT & TWRP, silahkan berkomentar dibawah jika sukses atau ada masalah yang kamu alami.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bantu share kepada orang lain agar orang lain juga merasakan manfaat yang sama.

Kalau kamu punya saran atau ide tambahan materi yang ingin kamu pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.
Artikel:
https://www.youtube.com/watch?v=oE-JFYqFcKM
Gambar:
https://9to5google.com/2018/11/20/pixel-3-fatal-error-camera-bug-cant-connect-to-camera/