-->

Update 2020! Tutorial Lengkap, 100% Sukses Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi

MIUIPEDIA - Update 2020! Tutorial Lengkap, 100% Sukses Unlock Bootloader Xiaomi (UBL) | Unlock Bootloader (UBL) adalah suatu cara untuk membuka kunci bootloader  pada perangkat ponsel, untuk perangkat ponsel Xiaomi menggunakan tool “Mi Unlock” atau "MiFlash Unlock", selama proses unlock dibutuhkan akses internet.

Dikutip dari miui.web.id “xiaomi sudah mulai me-lock bootloader pada redmi Note 3 sejak pertama kali diluncurkan, yang tujuannya untuk melindungi keselamatan data pengguna".

Seperti yang Xiaomi ungkap sebelumnya, Xiaomi akan membuat perubahan yang sama untuk Seri Mi lainnya secara bertahap. Dan Device selanjutnya seperti Mi 4c dan Mi Note Pro. Mungkin Juga untuk perangkat teranyar Xiaomi kedepannya.

Apa sih perbedaan perangkat Lock Bootloader dan Unlock Bootloader?


#Lock Bootloader

  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA;
  2. Menjaga masa garansi;
  3. Melindungi data pengguna;
  4. Tingkat keamanan ponsel lebih baik terhadap serangan virus atau malware;
  5. Akses Root dinonaktifkan.
  6. Melakukan proses flashing ROM Fastboot melalui komputer/ laptop hanya dapat dilakukan dalam mode EDL atau dengan teknik test point.  

#Unlock Bootloader

  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA. Namun ada sebagian pengguna yang mengganti sistem recovery menjadi recovery TWRP tidak dapat melakukan update via OTA dikarenakan fitur TWRP yang tidak menyediakan fitur tersebut;
  2. Akses Root dapat diaktifkan;
  3. Dapat memodifikasi sistem ponsel sesuai keinginan, diantaranya install custom recovery, custom ROM, tweak, dll yang bertujuan memaksimalkan kemampuan ponsel;  
  4. Melakukan proses flashing ROM Fastboot dengan Mi Flash Tool dapat dilakukan dengan mode fastboot dan juga mode EDL. 
  5. Setelah ponsel tidak terkunci, tingkat keamanan menjadi kurang aman dan lebih rentan terhadap serangan virus, malware, yang dapat menyebabkan pengungkapan dan hilangnya data pribadi.

Jika Anda sendiri tidak mengerti banyak hal tentang dunia Android mulai dari Flashing ROM, custom ROM, ROOTing, custom recovery TWRP, tweak dll. Unlock Bootloader sangat tidak disarankan, karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Anda atau data pribadi.

#Permohonan Unlock Bootloader (Apply Unlock Bootloader)

Tahap ini, kini sudah tidak diperlukan lagi dengan perubahan prosedur dalam step by step unlock bootloader pada ponsel Xiaomi sekarang, Anda tidak perlu lagi melakukan permohonan izin unlock bootloader melalui halaman http://en.miui.com/unlock/, hal ini berlaku sejak Bulan Oktober 2018 lalu.

Dengan peraturan baru ini prosesnya disederhanakan dan izin diberikan secara otomatis. Anda hanya perlu mendownload MiFlash Unlock Tools terbaru dan memberikan akses pada opsi pengembang dengan mengaktifkan toggle Buka Kunci OEM. 



#Syarat Unlock Bootloader

Secara prosedur proses unlock bootloader sebenarnya mudah, hanya perlu beberapa langkah, mulai dari :
  1. Buat Akun Mi dan aktifkan di perangkat ponsel Xiaomi;
  2. Unduh aplikasi MiFlash Unlock ke PC, dan login dengan Akun Mi Anda; 
  3. Mematikan daya ponsel Anda, dan tahan tombol Volume down dan tombol Power untuk beralih ke mode Fastboot; 
  4. Hubungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB; 
  5. Terakhir, dan klik "Unlock" untuk memulai proses unlock. 

Namun, prosedur tersebut dapat dilakukan dengan mudah apabila telah memiliki syarat sebagai berikut:
  • Mempergunakan ROM OS MIUI original atau bawaan Xiaomi baik itu versi Global Stable atau Developer dan juga ROM China Stable atau Developer dengan catatan ROM yang digunakan pada ponsel saat ini tidak dimodifikasi;
  • Untuk menghindari gagal proses UBL dengan notifikasi "Current account is not bound to this device” Stop di 99 %" disarankan pada ponsel telah aktif atau login Mi Akun setidaknya 6 hari, kemudian baru dilakukan proses UBL, apabila hal ini terjadi;
  • Baca informasi yang tertera pada aplikasi Mi Unlock, seperti kasus  yang sering terjadi Couldn’t Unlock After 72 hours of trying to unlock device Xiaomi. Pesan ini akan muncul saat pengguna melakukan proses unlock, cara mengatasinya hanya perlu bersabar dalam beberapa hari kedepan lebih tepatnya 3 hari yang akan datang untuk mencoba kembali memulai proses ini.

Yuk! Cari tahu Cara Mengetahui Jenis, Ciri, Perbedaan ROM Developer, Stable, Abal-Abal dan Juga Custom ROM Xiaomi melalui tautan ini.

Tutorial Lengkap, 100% Sukses Unlock Bootloader Xiaomi dengan Cara ini



Tutorial ini bisa dikatakan pengalaman saya pribadi, dengan mencari berbagai sumber tutorial unlock bootloader yang membuat saya sedikit kebingungan untuk melakukan proses UBL pada ponsel  Xiaomi saya. Anda dapat menerapkan tutorial ini pada ponsel lawas maupun terbaru sekalipun.

#1. Persiapan 

  1. Perangkat Smartphone Xiaomi;
  2. Komputer OS Windows 7, 8 (8,1), 10 atau yang terbaru, diutamakan bersistem 64 Bit;
  3. Kabel data original Xiaomi  atau yang sejenis dengan kualitas baik;
  4. Memiliki koneksi internet yang stabil;
  5. Telah terpasang Driver USB Xiaomi, kalau belum Anda dapat mengikuti tutorial memasang driver ponsel Xiaomi melalui tautan ini , namun apabila sudah terinstal tool MiFlashtool atau SP Flash Tool atau juga PC Suite pada komputer Anda abaikan saja hal ini;
  6. Backup data pada penyimpanan Internal, proses unlock bootloader  dapat menghapus data di media penyimpanan internal ponsel.

#2. Buat Akun Mi  

Ada beberapa cara dalam hal membuat akun Mi, Anda dapat langsung membuatnya melalui ponsel Xiaomi melalui menu yang terdapat pada Setelan > Akun Mi.

Atau dapat mengakses halaman www.account.xiaomi.com melalui ponsel atau komputer, namun setelah selesai membuat akun melalui halaman ini, wajib login di setelan > akun Mi di ponsel yang akan dilakukan proses UBL.

#3. Unduh MiFlash Unlock Tool




  • Unduh atau download MiFlash Unlock melalui tautan ini, klik buka sekarang [unlock now], Anda akan diarahkan ke halaman account.xiaomi.com, login dengan menggunakan nomor handphone atau email, untuk mempermudah proses loging ubah pengaturan bahasa ke bahasa Inggris yang terletak di bagian bawah menu halaman. Untuk login mempergunakan alamat email klik masuk dengan kata sandi [sign in with password]
  • Apabila gagal unduh dan terdapat notifikasi "403 Forbidden" pada halaman,  coba unduh Mi Unlock Tool kembali dan gunakan VPN server China;
  • Namun, Anda juga dapat mempergunakan link alternatif unduhan melalui mirror link ini. 

#4. Unlock dengan MiFlash Unlock Tool

Tinggal beberapa langkah lagi yang harus dilakukan.

Pertama, sebelumnya aktifkan terlebih dahulu Buka Kunci OEM [OEM unlocking] pada opsi pengembang pada Ponsel.


Apabila menu opsi pengembang [Developer Options] tidak terlihat pada setelan ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, dengan cara :


  • Akses ke setelan [Settings] > Tentang Ponsel [About Phone] tekan sebenyak 7 kali pada Versi MIUI [MIUI Version]
  • Kemudian cek pada menu setelan > ...setelan tambahan [Additional Settings] cek apakah sub menu opsi pengembang [Developer Options] sudah terlihat?

Pada sub menu opsi pengembang, cari dan temukan, aktifkan toggle Buka kunci OEM kemudian ketuk sub menu Status Mi Unlock. 

Ada yang perlu Anda ketahui, status sub menu Mi Unlock pada OS MIUI 7 dan juga sebagian MIUI 8 tidak terdapat pilihan ini, jadi abaikan saja opsi ini ikuti langkah selanjutnya kalau gagal coba update ke versi MIUI yang terbaru. 

Kemudian ketuk tambah akun dan perangkat, pastikan akun Mi Xiaomi Anda sudah diaktifkan pada perangkat, kalau belum silahkan aktifkan terlebih dahulu, ingat samakan dengan akun yang akan di gunakan untuk Mi Unlock Tool.

Proses tambah akun dan perangkat tidak akan berlanjut apabila Anda tidak memiliki koneksi internet baik itu melalui paket data ataupun WiFi, namun ada kalanya dalam proses tambah akun dan perangkat tidak dapat dilakukan terkecuali dengan mempergunakan koneksi WiFi.

Baca informasi yang diberikan dan resiko yang terjadi apabila perangkat dalam keadaan Unlock Bootloader. Tujuan Lock Bootloader untuk memastikan keamanan dan agar pihak ketiga tidak bisa memperoleh info pribadi Anda.

Lihat pada icon gembok, apabila terbuka itu artinya perangkat sudah dalam keadaan unlock bootloader, abaikan tutorial ini karena perangkat Anda sudah berstatus terbuka bootloadernya,

Kedua,  Extract MiFlash Unlock yang sudah Anda unduh sebelumnya pada direktori drive PC/Laptop yang mudah ditemukan dan jalankan tool sebagai Administrator dengan cara klik tombol sebelah kanan pada mouse pada MiFlash Unlock.exe, selanjutnya klik "Run as administrator".



Selanjutnya akan terlihat notifikasi Disclaimer  dan dilanjutkan dengan mengklik agree”.


Sign in with you Mi Account ..... sign in menggunakan Mi Account yang sama pada ponsel yang akan di unlock.

Login mempergunakan Email, nomor handphone atau Akun Mi atau boleh juga mempergunakan alternatif lain login dengan akun Facebook Anda.

Dalam penulisan nomor handphone wajib menuliskan kode negara di awal  penulisan jika tidak akan muncul pesan "Account Doesn’t Exist" (*misal nomor handphone dari negara Indonesia diawali dengan +62, dengan penulisan yang benar +62812543212).

Apabila sukses akan terlihat menu selanjutnya dengan tombol  “Unlock”.


Setelah itu dilanjutkan dengan mematikan daya ponsel dan masuk ke mode fastboot dengan menggunakan kombinasi tombol volume bawah + power atau menggunakan trik tanpa tombol masuk ke fastboot hingga muncul tampilan MIUI BUNNY sedang oprak robot android.

Ketiga, hubungkan kabel data dari komputer ke ponsel, tampilan MiFlash Unlock akan menjadi seperti ini.


Dari informasi yang  terlihat, akan memberitahukan status perangkat belum terhubung atau terhubung dengan baik, tombol "Unlock" akan aktif apabila status ponsel sudah terhubung.


Lihat pada informasi yang diberikan apabila ponsel tidak terlihat terhubung lakukan langkah berikut ini.


Jika terdapat problem pada koneksi USB driver gunakan MiUsbDriver.exe yang terdapat pada folder aplikasi MiFlash Unlock Tool, lepaskan dan hubungkan kembali kabel data ponsel ke komputer.


Sebelum Anda benar-benar yakin  Klik "Unlock", baca informasi yang tertera pada jendela informasi untuk memulai proses Unlock Bootloader, baca pop up notifikasi  "Unlock the phone will erase all phone data" yang artinya proses unlock akan menghapus data  pada media penyimpanan internal ponsel.

Nah, pertanyaan saya "sudahkah Anda mem-backup data-data penting pada penyimpanan internal ponsel Anda? dan tunggu beberapa saat hingga tombol "unlock anyway" dapat di klik next pop up selanjutnya tunggu kembali tombol "unlock anyway" dapat di klik untuk memulai proses unlock bootloader.

Saat Anda mengklik "unlock anyway" progres unlock akan dimulai dari Verifying device, Unlocking dan Done.


Unlocked Successfully.... !!! Selesai sampai disini selamat, anda Sukses Unlock Bootloader Dengan Baik.

#5. Cara Relock dan Cek Status Bootloader dengan Mudah

Ngomong-ngomong pengen mengunci kembali bootloader lagi gak? kalau jawaban "IYA" Anda dapat mengikuti tutorial melalui tautan ini, caranya gak ribet kok.

#6. Solusi Mengatasi Berbagai Masalah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi

Step by step dirasa sudah mengikuti langkah yang benar namun tetap saja gagal, mungkin Anda perlu membaca tutorial solusi mengatasi berbagai masalah unlock bootloader (UBL) Xiaomi yang saya bahas tersendiri pada tautan ini.

Semoga artikel tentang  tutorial lengkap, 100% sukses unlock bootloader (UBL) Xiaomi terbaru ini bermanfaat untuk kalian semua.

Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.