Hai Mi Fans, Yuk! berpartisipasi dengan cara Instal dan share ke berbagai media sosial kamu tentang aplikasi PeduliLindungi  demi menekan penyebaran pandemi virus C0VID-19 yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga berdampak buruk segala hal dalam kehidupan.

Cara Mudah Mengaktifkan App Drawer MIUI 10 dan 11 pada Ponsel Xiaomi

MIUIPEDIA - Cara Mudah Mengaktifkan App Drawer MIUI 10 dan 11 pada Ponsel Xiaomi Redmi dan Mi | Pada tahun lalu tepatnya di bulan November, salah satu produsen ponsel terbesar di dunia asal Tiongkok, Xiaomi mengumumkan  akan terdapat fitur terbaru melalui update MIUI 11, salah satunya fitur app drawer atau "laci aplikasi", namun pada saat itu fitur ini hanya diperkenalkan di MIUI 11 ROM China, tidak diberitahu kapan pastinya fitur ini tersedia pada MIUI 11 ROM Global.

Fitur tersebut dikonfirmasi langsung oleh mereka lewat sebuah postingan di situs microblogging Weibo. Kabar baiknya sekarang fitur drawer ini sudah dapat digunakan MIUI 11 ROM Global dan bahkan MIUI 10.



Eh, tapi tunggu dulu saat artikel diterbitkan, sekarang fitur ini ternyata masih disembunyikan, berikut adalah cara mudah mengaktifkan app drawer MIUI 10 dan 11 pada Ponsel Xiaomi Redmi dan Mi.

Cara Mudah Mengaktifkan App Drawer MIUI 10 dan 11

Sebelum mengaktifkan fitur ini, kamu memerlukan sebuah aplikasi agar nantinya kamu dapat mengaktifkan fitur app drawer.

#Unduh Quick Shortcut Maker



Setelah app QuicshorcutMaker terpasang di ponsel kamu pada menu "kegiatan" temukan app peluncur sistem. Kamu dapat menggeser layar ponsel ke bawah hingga menemukannya, akan banyak terdapat app peluncur sistem yang akan kamu temukan.

Pilih "peluncur sistem" yang paling bawah dengan detail informasi yang tertera "layar utama, com.miui.home/ com.miui.home.launcher.allapps.AllAppsSettingsActivity".

Baca Juga : Cara install Launcher Pocophone ( App vault ) + Full Screen Gesture untuk Semua Android Tanpa Root 


Ketuk pada app tersebut kemudian akan terdapat jendela baru "mengedit shortcut" Peluncur Sistem dan kamu ketuk "coba".


Apabila langkah yang dilakukan benar, akan terdapat jendela "layar utama" dengan dua pilihan :
  • Regular, ini merupakan tampilan secara default antar muka pada MIUI yang biasa digunakan;  
  • App Drawer "Laci Aplikasi", fitur yang memungkinkan kamu menampilkan kumpulan aplikasi dengan cara mengusap layar home ke atas (swipe up). 

Pilih "dengan laci aplikasi [with app drawer]" untuk mengaktifkan app drawer agar dapat diterapkan pada ponsel Xiaomi kamu.

Mungkin ada beberapa sobat bertanya : Kok di ponsel saya gak ada yaah... pilihan peluncur sistem untuk mengaktifkan app drawer? 


Kalau ponsel Xiaomi kamu ternyata tidak terdapat fitur tersembunyi ini bisa jadi  peluncur sistem MIUI perlu diperbarui.

#Cara Update Peluncur Sistem MIUI 


  • Buka aplikasi setelan → temukan sub menu pembaruan apl sistem → cari aplikasi peluncur sistem dan ketuk "perbarui" atau update.

Kamu juga dapat mengaktifkan fitur app drawer atau laci aplikasi dengan memasang aplikasi peluncur sistem versi alpha.

Baca Juga : Cara Flash Firmware Semua Tipe HP Xiaomi


#Install Peluncur Sistem


  • Unduh MIUI Launcher AlphaTerbaru;
  • Lakukan pemasangan aplikasi; 
  • Bagi kamu pertama kali memasang aplikasi diluar playstore atau getApps dan mengunduhnya dalam bentuk file "apk" diperlukan akses atau izin sumber yang tidak dikenal pada pengaturan setelan, aktifkan toggle ini;
  • Dengan cara ini kamu dapat melakukan update peluncur sistem ke versi yang terbaru.


Setelah aplikasi terpasang atau terupdate tekan lama-lama pada layar beranda akan terdapat beberapa menu wallpaper, widget, settings atau setelan.

Ketuk setelan untuk menampilan pengaturan app lebih banyak dan cari sub menu  app drawer, masih sama dengan cara yang diawal tadi pilih "dengan laci aplikasi [with app drawer]" untuk mengaktifkan fitur ini.

#Mengkostumisasi Tampilan App Drawer

Untuk mengkostumisasi tampilan app drawer dapat diakses pada menu yang terdapat pojok kanan atas.


Apabila kamu tidak menemukan tab menu pada layar app drawer berkemungkinan ponsel kamu tidak terdapat fitur membuat perubahan pada app drawer seperti kategori aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan, merubah latar belakang dan lainya.

#Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti

Apabila mendapati peluncur sistem launcher yang dipasang memberikan notifikasi pesan error aplikasi telah berhenti sehingga menjadi kesulitan mengakses menu yang terdapat pada layar.

Jangan panik dahulu! cara mudah dan terbaik mengatasi hal ini hanya perlu menghapus atau uninstal pembaruan pada sub menu aplikasi terinstal di setelan dengan langkan :
  • Geser layar dari atas ke bawah lihat pada sudut kanan terdapat icon roda bergerigi, ini adalah icon untuk mengakses setelan ponsel;
  • Lanjut dengan menemukan sub menu aplikasi terinstal, pada sub menu ini temukan app peluncur sistem;
  • Untuk mempermudah gunakan menu pencarian dengan mengetik "peluncur sistem" setelah ditemukan uninstal pembaruan tersebut, maka kamu akan dapat mengakses menu ponsel kembali dengan lancar.

Demikian tutorial cara mengaktifkan App Drawer MIUI 10 dan 11 pada Ponsel Xiaomi Redmi dan Mi,  semoga bermanfaat yah!

Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih. 

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.