Cara Mudah Pasang TWRP OrangeFox, Stock Recovery dan Magisk Root Redmi Note 7 [Lavender]

MIUIPEDIA - Cara Mudah Pasang TWRP OrangeFox, Stock Recovery dan Magisk Root Redmi Note 7 [Lavender] | OrangeFox recovery adalah salah satu custom recovery atau lebih dikenal dengan TWRP.

Tujuan mereka para Mi Fans memasang TWRP tentunya untuk mempermudah memaksimalkan perangkat ponsel mereka, mulai dari memasang Root, custom ROM, menjadikan interface smartphone terlihat lebih indah, lebih stabil, overclock dan lain sebagainya sesuai yang mereka inginkan.

Salah satu perangkat yang support penggunaan TWRP orangefox ini adalah Redmi Note 7  dengan codename Lavender, ponsel ini memiliki spesifikasi cukup mumpuni di kelasnya dengan dapur pacu Snapdragon 660, RAM 3/4 GB media penyimpanan internal 32/64/120 GB serta dapat ditambah lagi dengan microSD pada slot hybrid sebagai penyimpan eksternal.

Dengan desain kekinian, Redmi Note 7 hadir dengan bentuk water drop  di tengah atas layarnya, namun sebenarnya bentuk ini lebih terlihat setengah lingkaran.

Redmi Note 7 diusung dengan layar 6,3 inci yang memiliki rasio 19,5:9 dan resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel tak heran tampilan layar Redmi Note 7 ini terlihat luas dengan ukuran bezel samping di kurangi menjadi 1.95mm. Layar ini membawa dukungan kecerahan 450-nits, rasio kontras 1.500:1, yang memiliki mode pelindung mata.


#Fitur yang terdapat pada OrangeFox Recovery

  • Supports Treble and non-Treble ROMs
  • Up-to-date Oreo kernel, built from sources
  • Increased compatibility with TWRP
  • Updated with latest TWRP commits
  • Built-in support for installing init.d functionality
  • Built-in support for installing Magisk
  • Built-in support for installing SuperSU (v2.82-201705271822 - non-Treble ROMs only)
  • AromaFM
  • White Flashlight
  • Password, torch, led
  • Support for Miui and Custom ROMs
  • MIUI OTA support
  • Better language support
  • Optimized versions of community scripts
  • Alternative lockscreen
  • Fox theme engine:
  • - choice of theme (black, dark, etc)
  • - choice of color scheme
  • - choice of splash screen
  • dan lain-lain


Cara Mudah Pasang TWRP OrangeFox, Stock Recovery dan Magisk Root Xiaomi Redmi Note 7 [Lavender]




Pada tutorial kali ini kamu tidak perlu repot-repot menulis perintah CMD fastboot selama proses flash TWRP Redmi Note 7, kamu hanya perlu menjalankan aplikasi toolkit yang mempermudah pemasangan TWRP dan mengembalikannya ke Stock Recovery Xiaomi.

#Syarat dan Ketentuan

  • Pada aplikasi setelan  setelan tambahan   opsi pengembang [developer options] aktifkan membuka kunci OEM [OEM unlocking] dan Debugging USB [USB debugging
  • Proses pemasangan custom recovery akan berlangsung dengan mudah apabila perangkat ponsel kamu sudah berstatus Unlock Bootloader (UBL),  kalau belum kamu tidak dapat melanjutkan proses ini. Pahami tutorial Lengkap 100% Sukses Unlock Bootloader XIAOMI untuk mendapat solusi masalah tersebut.

#Pastikan Hal Berikut ini Sudah Kamu Persiapkan


#Cara Pasang TWRP OrangeFox Xiaomi Redmi Note 7 

Matikan daya ponsel terlebih dahulu.

Kemudian beralih ke mode fastboot dengan cara menekan tombol kombinasi volume bawah terlebih dahulu kemudian dengan menekan tombol  power secara bersamaan sehingga nantinya akan menampilkan gambar MIUI BUNNY.

Jangan lupa ekstrak  terlebih dahulu tool MiPediToolKit OrangeFox Recovery Reno 7 di komputer kamu, dapat menggunakan software 7zip, WinRAR  atau yang lain.

Pastikan kamu sudah menginstall driver ponsel Xiaomi abaikan apabila kamu telah memasang Mi PC Suit atau MiFlash Tool sebelumnya pada perangkat PC yang akan digunakan.

Hubungkan kabel data USB dari perangkat ponsel ke komputer. Jalankan aplikasi toolkit tersebut  dengan mengklik "MiPediToolKit OrangeFox Recovery Reno 7 [Lavender].exe versi bahasa Indonesia atau Inggris".


Selanjutnya ikuti perintah yang ada di toolkit, gunakan keyboard untuk menjalankan tool, ketik angka [1] untuk install Orangefox Recovery  dan ketik angka [2] untuk mengembalikan Stock Recovery dan ingat pastikan terlebih dahulu kode device [code name] atau tipe smartphone Xiaomi kamu "apakah sesuai dengan custom recovery yang akan di install?"

Selanjutnya lihat pada bagian "Cek Status Bootloader Perangkat" pastikan Device unlocked: "True" bukan "False" ikuti perintah yang ada di layar hingga selesai. apabila proses flashing atau install OrangeFox Recovery telah berhasil terpasang pada perangkat lakukan langkah selanjutnya.

Dalam keadaan ponsel Xiaomi Redmi Note 7 masih dalam mode fastboot, lakukan langkah untuk beralih ke mode recovery dengan cara lepaskan kabel data yang terhubung selanjutnya gunakan kombinasi tombol  volume atas, kemudian dengan menekan tombol  power secara bersamaan tunggu hingga mode fastboot beralih ke mode recovery dengan sukses.

Nah, pada langkah ini kamu sebenarnya sudah sukses memasang orangefox recovery, namun pada tahap ini masih ada yang harus dilakukan agar recovery terpasang secara permanen dan fitur-fitur yang terdapat pada recovery ini dapat bekerja dengan baik.

#Install OrangeFox Recovery Versi Terbaru dan Disable_Dm-Verity

Setelah proses pemasangan selesai dan ponsel berhasil beralih ke mode recovery, lakukan pemasangan atau update OrangeFox recovery yang di unduh tadi.


Setelah ditemukan "swipe to install" untuk memulai proses pemasangan, tunggu beberapa saat proses  pemasangan Orangefox Recovery berlangsung dan akan reboot secara otomatis.

Kemudian untuk mencegah TWRP kembali ke stock recovery, setelah terpasang dengan sukses, pastikan kamu melakukan proses install file Disable_DM-Verity terlebih dahulu, lakukan hal ini sebelum proses reboot system.

Caranya temukan file  Disable_DM-Verity yang telah unduh tadi, cari dan temukan file tersebut, namun bagi kamu menyimpan file tersebut pada microSD lakukan pengaturan akses data penyimpan pada bagian menu atas kanan pada icon "SDcard".

Setelah ditemukan pilih "swipe to install" secara otomatis proses install akan berlangsung. dan terakhir Reboot System.

Perlu diketahui Disable_DM-Verity yang digunakan saat ini kemungkinan tidak dapat digunakan dan memberikan notifikasi pesan error, karena itu disarankan untuk menggunakan DM-verity yang lama atau yang terbaru untuk menyesuaikan versi MIUI yang digunakan saat ini.
    Nah... sekarang tahap selanjutnya melakukan Root pada Xiaomi Redmi Note 7 [Lavender] ini, yuk simak tahapan berikut ini:
    Apa itu Root?
    Root pada android adalah merupakan proses mendapatkan ijin akses ke semua subsistem di dalam sistem android baik itu smartphone, tablet atau perangkat android lainnya yang bertujuan mendapatkan akses penuh atau lebih dikenal dengan "akses root".


    #Cara Pasang Magisk Root Xiaomi Redmi Note 7 

    Untuk menginstall Magisk Root yang sudah terpasang orangefox recovery caranya sangat mudah, karena fitur ini sudah include di dalamnya jadi tidak perlu penggunaan PC untuk mulai proses pemasangannya. Berikut adalah tahapan cara menginstall Magisk Root pada Redmi Note 7.

    Bagi kamu yang sudah keluar dari mode recovery dapat  mematikan kembali daya ponsel terlebih dahulu, kemudian beralih ke mode recovery dengan cara menekan tombol kombinasi volume atas terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol  power secara bersamaan, tunggu beberapa saat sehingga menampilkan menu recovery.

    Atau kamu juga dapat beralih ke mode recovery dengan cara lain tanpa menggunakan tombol atau karena salah satu tombol tidak berfungsi dengan baik dapat menerapkan teknik tersebut di tautan ini.


    Pilih tab menu  yang terletak pada kiri bawah dan cari  menu Fox Addons kemudikan ketuk install Magisk 20.1 dan lakukan swipe to install untuk memulai pemasangan, tunggu hingga proses pemasangan selesai dan terakhir ketuk reboot system.

    Selain dengan mempergunakan menu yang terdapat pada recovery, pemasangan Magisk Root dapat kamu lakukan dengan cara memasang atau update recovery terbaru dan tertunya terlebih dahulu mengunduh file Magisk Root melalui tautan ini.

    Selesai, untuk meyakinkan apakah sudah ter-root  dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi RootChecker.


    #Cara Menyembunyikan Status Root

    Salah satu keunggulan pada Magisk Root adalah dapat menyembunyikan (hiden)  status root pada aplikasi yang kamu inginkan semisal app Banking, caranya sangat mudah hanya dengan mengaktifkan fitur "Magisk Hide" pada aplikasi magisk manager. 

    Baca Juga :

    Peringatan!
    Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada ponsel Anda selama proses ini, perbedaan kondisi ponsel mungkin akan mendapatkan hasil yang berbeda.

    Demikian tutorial cara mudah pasang TWRP OrangeFox, Stock Recovery dan Magisk Root Redmi Note 7 [Lavender],  semoga bermanfaat yah!

    Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih.


    - https://sourceforge.net/projects/orangefox/
    - https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_7-9513.php

    Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.