Hai Mi Fans, Yuk! Instal dan share ke berbagai media sosial kamu tentang aplikasi PeduliLindungi  demi menekan penyebaran wabah virus C0VID-19 yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun juga dampak buruk segala hal dalam kehidupan.

16 Tips Agar Ponsel Xiaomi Kamu menjadi lebih Awet

MIUIPEDIA - 16 Tips Agar Ponsel Xiaomi Kamu menjadi lebih  Awet | Hai! Mi Fans, apa kabar dengan ponselmu saat ini?

Banyak pengguna ponsel saat ini tidak tahu cara merawat ponsel dengan baik. Apakah membiarkan baterai sampai habis total itu bagus buat ponsel?  salah satu pertanyaan yang mungkin kamu sendiri belum tahu itu baik atau tidak untuk kesehatan ponsel.


Nah, postingan artikel kali ini membahas tentang tips-tips apa saja sih agar ponsel kesayangan kamu menjadi lebih awet, yuk simak ulasan berikut ini.


#1.Gunakan Kabel Data Asli atau Berkualitas Baik



Meski menggunakan kabel data yang bukan asli dan berkualitas buruk tidak akan membahayakan ponsel secara langsung namun akan berdampak pada proses pengecasan menjadi tidak akan stabil dan cepat, selain menggunakan bahan produksi kabel murahan, kabel data murahan juga mudah putus dibanding kabel data original yang sudah memiliki standar kualitas yang baik.

#2.Colokkan Kabel Charger dengan Hati-hati



Salah satu kebiasaan buruk saat mau tidur, kamu mencolokan kabel charger yang salah atau posisi terbalik saat mau tidur, sehingga goresan kecil atau tekanan pada colokkan ponsel itu akan mempersingkat umur ponsel karena kontak listrik yang sensitif jauh lebih berbahaya daripada yang kamu duga.

#3.Jangan Ganti Baterai Original Ponsel dengan Baterai Pengganti Murahan



Apabila kamu mengganti baterai ke konter ponsel mintalah untuk mengganti baterai sesuai dengan aslinya atau original pabrikan ponsel dan selalu periksa apa yang mereka kerjakan selama perbaikkan, ingat jika baterai itu tidak asli bisa saja akan memperpendek usia ponsel kamu.

#4.Gunakan Pelindung Layar



Pelindung layar atau anti gores layar ponsel mungkin  tampak seperti  plastik yang rapuh dan tak berguna, pelindung tersebut dapat menyelamatkan layar ponsel, bagaimanapun ini adalah lapisan tambahan layar yang akan berguna jika ponsel jatuh ke lantai atau jalan trotoar yang keras.

#5. Hindari Menjatuhkan Ponsel Meski Sudah Terlindungi Casing



Mungkin kamu tidak melihat secara fisik, sudut ponsel yang penyok atau layar yang retak pada ponsel, kamu tidak akan pernah tahu yang akan terjadi di dalam ponsel, masalah ponsel yang terjadi sekarang bisa jadi dikarenakan ponsel sering terjatuh.

#6. Jangan Pakai Semprotan Pembersih diarahkan Langsung ke Ponsel Saat Membersihkannya



Saat ini masih banyak ponsel yang belum tahan air, jika sedikit saja ada air yang masuk akan berakibat fatal pada ponsel dikemudian hari, seperti microphone berhenti berfungsi.

Cara terbaik seharusnya, semprotkan cairan pembersih ke kain pembersih terlebih dahulu, bukan langsung menyemprotkan langsung ke ponsel kamu.

#7. Cas Ponsel Sebelum Daya Baterai Habis Total



Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila hanya terjadi beberapa kali, tapi jika ini sering terjadi ponsel akan beresiko tak bertahan lebih lama yang seharusnya, setiap ponsel memiliki siklus pengecasan masing-masing yaitu siklus saat  mengecas daya hingga 100 persen lalu dihabiskan hingga 0 persen, jika baterainya kosong setiap hari diperkirakan ponsel tidak akan bertahan 400 hingga 500 hari.

#8.Jangan Biarkan Ponsel Terpapar Cuaca



Bukan hanya karena banjir, hujan atau kelembaban udara. Cuaca dingin maupun panas sama-sama berdampak buruk pada ponsel, kemampuan ponsel akan melambat apabila berada di bawah suhu minus 40 derajat celcius.

Dan tahukah kamu? suhu panas berakibat lebih buruk lagi pada ponsel, jika tergeletak dan terpapar sinar matahari atau diletakkan di suhu ruangan mencapai lebih dari 45 derajat celcius akan berakibat ponsel kamu berhenti bekerja dengan normal, bahkan lebih parah kerusakannya bisa permanen.

#9. Jangan Abaikan Ancaman Malware



Ada anggapan yang salah kaprah kebanyak orang tentang ancaman malware pada ponsel, virus hanya berbahaya pada komputer tapi malware ponsel pintar bisa mencuri data sensitif dan pribadi dan bahkan bisa melacak lokasi kamu, sebaiknya hindari pemasangan aplikasi yang mencurigakan dan hindari mengunduh aplikasi yang berasal bukan dari play store.

#10. Jangan Pasang Aplikasi Pengoptimal Baterai



Cara kerja aplikasi pengoptimal baterai hanya menghapus aplikasi yang bekerja di latar belakang, dan membersihkan cache memori ponsel yang menyimpan informasi yang sering dipakai.

Dan kebanyakan aplikasi pengoptimal ponsel saat ini hanya akan membuat ponsel sering muncul iklan yang mengganggu di layar ponsel.

#11. Matikan Bluetooth Saat Tidak Dipakai



Dengan mematikan bluetooth saat tidak terpakai dapat menghindari ponsel dari transfer data  yang tidak perlu dan mungkin berbahaya pada keamanan ponsel sehingga tak ada penyusup yang akan membaca data pribadimu di dalam ponsel.

#12. Jangan Memenuhi Memori



Dampak pada ponsel memang tidak parah, tapi sebaiknya gunakan kartu SD atau penyimpanan cloud untuk menyimpan beberapa poto-poto, video atau dokumen.

Cara ini dapat membuat ponsel pintar kamu akan jarang memberikan notifikasi memori penuh yang  akan membuatmu terganggu.

Baca Juga : Beberapa Cara Menerapkan Tema Tanpa Error di MIUI

#13. Jangan Lupa Bersihkan Cache Ponsel



Saya yakin ada beberapa aplikasi yang sayang atau terlalu penting untuk dihapus, tapi belum tentu kamu memakainya setiap hari, kamu dapat membuang cache aplikasi di menu pengaturan penyimpanan memori dengan begitu aplikasi tersebut tidak terlalu banyak menyita memori dan akan membuat ponsel bekerja lebih cepat.

#14. Update versi MIUI



Jika ponsel menyarankan untuk melakukan update perangkat lunak ke versi MIUI yang terbaru lakukan!

Karena setiap ada pembaruan bertujuan untuk mengatasi bugs yang terjadi pada versi sebelumnya dan jangan pernah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan yang bisa membuat ponsel bermasalah di waktu mendatang atau yang paling parah lagi seseorang dapat mengunduh data pribadi di ponsel mu.

#15. Matikan atau Istirahatkan Ponsel Setidaknya Seminggu Sekali



Matikan ponsel setidaknya seminggu sekali dan istirahatkan dalam beberapa menit, ponsel juga butuh istirahat dan nyalakan kembali, ini akan membantu kinerja ponsel menjadi lebih baik, memperpanjang daya baterai, mengosongkan beban yang tidak diperlukan memori dan mencegah kerusakan lainnya.

Baca Juga : 2 Cara Sukses Reset Akun Mi Cloud Xiaomi yang Terkunci


#16. Jangan Matikan Ponsel, Jika Baterainya Nyaris Habis



Jangan matikan ponsel jika baterai ponsel hampir habis dan kemudian berniat menyalakan kembali 30 menit kemudian.

Tahukan kamu cara tersebut ternyata salah! niat ingin menghemat energi malah sebaliknya baterai akan habis total, seluruh kegiatan menyalakan dan mematikan ponsel mengkonsumsi jauh lebih banyak daya dari pada mengalihkannya ke mode pesawat jika kamu berniat memakainya beberapa jam lagi sebaiknya barulah ponsel dimatikan, ini adalah cara sederhana untuk menghemat baterai.

Jika artikel 16 Tips Agar Ponsel Xiaomi Kamu menjadi lebih  Awet mencerahkan kamu, maukah kamu menekan tombol share dan berbagi ke berbagai media sosial kamu, itu sangat membahagiakan mimin.

Jangan lupa  follow kami di Twitter  dan klik Tombol Share yang ada di bawah artikel ini dengan share ke berbagai media sosial kamu, sebagai bentuk dukungan kamu akan perkembangan blog ini menjadi lebih baik lagi, terima kasih.

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.