Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel] MTK Tanpa UBL

Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel] MTK Tanpa UBL

MIUIPEDIA | Untuk flashing atau Install ulang Xiaomi Redmi Note 4 dengan kode name Nikel yang menggunakan chipset Mediatek [MTK] ini sebenarnya dapat menggunakan Miflashtool dalam mode Fastboot dengan syarat devices harus dalam keadaan Unlock Bootlaoder (UBL).

Namun apabila smartphone Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel] kamu tidak berstatus Unlock Bootloader pada umumnya harus menggunakan SP Flashtool yang khusus untuk melakukan poses flashing Firmware smartphone berchipset MTK.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel]  menggunakan prosesor bertenaga Deca-core 2.1 GHz yang dipadukan dengan chipset Mediatek MT6797 Helio X20 dan GPU Mali-T880 MP4 dan tersedia dalam dua varian RAM dan memori internal. Untuk varian pertama memiliki RAM 2 GB dengan media penyimpanan internal 16 GB, sedangkan varian keduanya dibekali RAM 3 GB dan memori internal 64 GB.

Naah... dengan menggunakan SP Flashtool sangat berguna untuk mengatasi devices yang mengalami bootloop, softbrick bahkan hardbrick yang pasti khusus yang berchipset Mediatek saja yah.

Berikut Adalah Tahapan Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel] dengan Mudah 


Pastikan Hal-Hal Berikut ini Sudah kamu Persiapkan:


Tahapan Flash ROM

Lakukan backup data-data penting pada penyimpanan Internal seperti photo, video dll karena kemungkinan besar data akan terhapus opsi ini hanya berlaku apabila devices masih dalam keadaan dapat mengakses penyimpanan internal. 

Ekstrak semua bahan yang telah kamu download tadi dengan menggunakan aplikasi WinRAR atau 7zip atau sejenisnya.

Info tambahan! 
bagi kamu yang ingin ekstrak file ROM Fastboot, kebanyakan jenis file yang di download ber-extension ".tgz" ekstrak file ini terlebih dahulu apabila hasil ekstrak terdapat hanya satu file saja misal  ber-extesion ".tar" lakukan ekstrak kembali, namun terkadang dari hasil ekstrak file ".tgz" tidak memiliki extension atau jenis file sama sekali, untuk mengatasi ini kamu rename nama file dan beri tulisan ".tar" atau ".zip" di akhir nama file tersebut.

Kalau sudah lanjut cek pada bagian driver MTK telah kamu install tadi dan lakukan konfigurasi driver dengan baik  pada bagian "Device Manager" PC  tentunya perangkat dalam keadaan terhubung dengan menggunakan kabel data USB ke PC dan pastikan daya baterai masih terisi lebih dari 50%.

Sampai disini saya anggap kamu sudah mempersiapkan semua dengan baik, lanjut pada inti pembahasan.

copy paste file cust.img

PertamaCopy- Paste kan file cust.img ke dalam folder "images" pada ROM Nikel, sesuaikan dengan jenis ROM yang kamu download tadi. Misal kamu ingin flash ROM Nikel Global gunakan cust.img Global, jangan sampai salah karena biasanya akan muncul pesan "error".


jalankan SP Flash Tool

Kemudian jalankan aplikasi SP Flashtools klik kanan pada flash_tool.exe dan jalankan sebagai administrator klik pada bagian “Run as administrator” tunggu beberapa saat hingga aplikasi terbuka.

konfigurasi setting flash SP Flash Tool

Setelah terbuka lakukan konfigurasi pada bagian tab “Download-Agent” klik dan cari hasil ekstrak SP Flashtools pilih file “MTK_AllInOne_DA.bin” selanjutnya lakukan juga konfigurasi pada bagian “Scatter-loading File” cari file ini pada folder ROM Redmi Note 4 [Nikel] di folder "images" dengan nama file “MT6797_Android_scatter.txt

Jika langkah tersebut berhasil dimuat pilih opsi “Download Only” jangan buru-buru mengklik tombol “Download” lihat pada bagian file yang akan di flash hilang kan centang pada “Preloader” ingat ini harus dihilangkan! Opsi tambahan apabila ingin data aman, kamu juga dapat menghilangkan centang pada bagian “user data” apabila sudah, klik tombol “Download”.

Kedua, Hubungkan smartphone Xiaomi Redmi Note 4 [Nike] ke PC dalam status tombol “Download” yang sedang aktif, namun sebelum menghubungkan dengan pc dengan kabel data pastikan devices dalam keadaan tidak menyala kamu dapat mencoba langsung menghubungkan atau kamu juga dapat mencoba menekan tombol volume down terlebih dahulu sebelum USB kabel data terhubung tungggu beberapa saat lihat pada aplikasi SP Flashtools apabila muncul bar berwarna merah itu menandakan proses flashing sedang berlangsung .

Bagi kamu yang mencoba menggunakan opsi menekan tombol volume down terlebih dahulu, setelah SP Flashtool muncul bar berwarna merah lepaskan tombol tersebut.

proses flashing sukses

Ketiga, terakhir tunggu proses Flashing ROM hingga selesai usahakan untuk tidak menjalankan aplikasi lain disaat proses ini berlangsung. Setelah muncul notifikasi “Download Ok” menandakan proses flashing telah “sukses”

Lepaskan kabel data USB yang terhubung dan coba nyalakan smartphone xiaomi kamu. Selesai!

Q&A:

Min... saya hubungkan kabel data USB dari perangkat ke PC, eh.. malah ngecas doang? 
Coba cek pada driver, apakah sudah terinstall dengan benar dan usahakan juga kabel data yang digunakan menggunakan kabel data original.

Muncul pesan "SEC IMG TOO LARGE error" ngatasinnya gmana?
Tandi kelupaan yaah  copy-paste file "cust.img" ke folder "images" ROMdan coba lagi Flash lagi

Kalau Muncul Pesan "STATUS_SEC_IMG_TYPE_MISMACTH" apa ini min?
Waah.. sepertinya salah download ROM ini... pastikan ROM yang didownload kompatibel dengan perangkat bingun caranya gaman coba baca tutorial Cara Mudah Mengetahui Tipe Smartphone Xiaomi dalam Keadaan Bootloop dan Kode Bentukannya .

"STATUS DOWNLOAD EXCEPTION error" ini penyebabnya apa min?
Coba pindahkan kabel data USB ke port USB lain dan copy-paste lagi cust.img sesuaikan dengan ROM didownload tadi.

Min... Flashing sukses namun Redmi Note 4 tetap saja bootloop itu gmana solusinya?
Putuskan arus baterai perangkat terlebih dahulu, nah.. ini agak ribet perlu bongkar dahulu karena tipe perangkat smarphone ini menggunakan baterai non-removable kemudian biarkan selama kurang lebih 10-20 menit  dan kembali flash ulang perangkat.

Kalau gak ada respon setelah selesai flashing min?
Mungkin cara ini bisa kamu coba dngan menggunakan kombinasi tombol (vol -, vol + & power)  selama 20 detik.

Peringatan :
Dengan mengikuti tutorial ini mungkin tidak akan sepenuhnya seperti apa yang diharapkan, karena perbedaan kondisi smartphone yang digunakan. Setuju dengan mengikuti tutorial ini berarti setuju dengan resiko yang mungkin tidak diinginkan. 

Demikian Cara Mudah Flashing ROM Xiaomi Redmi Note 4 [Nikel] MTK Tanpa UBL, semoga bermanfaat... Goodluck..... Bantu saya mengembangkan website ini menjadi lebih baik lagi, semakin banyak di share semakin banyak yang terbantu, semakin semangat saya menulis artikel hehe dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar apabila tutorial ini bermanfaat bagi anda.

Kalau anda punya saran atau ide tambahan materi yang ingin anda pelajari terkait artikel ini, jangan sungkan silahkan hubungi kami. Jangan lupa follow kami di google + dan twitter.
Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email bersama ribuan pelanggan lainnya secara Gratis!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel