Berbagai Cara Menerapkan Tema tanpa Error di MIUI

MIUIPEDIA - Cara Menerapkan Tema Pihak Ketiga atau dari Theme Store tanpa Error di MIUI 7, MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 Xiaomi.

Permasalahan umum yang sering terjadi pada saat menerapkan Tema Pihak Ketiga di MIUI adalah munculnya pesan "Tidak mendukung tema dari sumber pihak ketiga error: download|auth rejected 402" atau "Themes from third-party sources are not supported error: download|auth rejected 402".

Dan masalah yang terjadi pada saat mengunduh / mendownload melalui Themes Store adalah munculnya pesan "error / gagal mengunduh : 4000, 4001, 4002" atau "Tidak dapat memuat sumber tema" atau "ketika dibuka di Theme Store, Tema tidak muncul apa - apa (kosong)".

Saya sarankan jangan pernah mendownload Tema sembarangan, Karena jika tidak kompatibel / cocok, akibatnya HP akan menjadi Reboot sendiri (lebih lengkap silahkan baca disini) jadi bila ingin mendownload tema, silahkan cari di Themes MIUIPEDIA karna sebelum di share akan di coba terdahulu.

Berbagai Cara Jitu Menerapkan Tema MIUI Dari Pihak Ketiga dan Theme Store Yang Terbukti Work 100% Tanpa Error




Seperti yang kita ketahui MIUI Merupakan sebuah OS Android buatan Xiaomi, Pastinya sudah menjadi pengetahuan umum dikalangan pengguna Ponsel Besutan Xiaomi bahwa MIUI OS ini memiliki Kelebihan Custom-able (Mudah di modifikasi).

Seiring perkembangannya, Tepatnya versi MIUI 9.5.X.X Hingga Terbaru seperti MIUI 10 Xiaomi mempersulit pengguna untuk menggunakan Tema Pihak Ketiga.

Biasanya versi MIUI 7, MIUI 8 dan MIUI 9 (Kecuali MIUI versi 9.5) cukup menggunakan MIUI Theme Editor yang dapat dilakukan tanpa UBL dan Root.

Untuk versi MIUI 9.5 dan diatasnya (terbaru) bisa menggunakan Aplikasi Mirape Tanpa UBL dan Root, tapi itu tidak akan bertahan lama, karna beberapa menit / jam akan kembali lagi ke default nya (tema asalnya), agar bertahan lama bisa dilakukan dengan Membuat Akun Mi Designer Tapi membutuhkan Waktu yang lama untuk membuatnya dan prosedurnya cukup sulit.

Nah Agar bertahan lama atau permanen dan tidak membutuhkan waktu yang lama dibutuhkan Proses UBL (unlock bootloader) dan Memasang TWRP Agar Bisa Menggunakan Custom ROM atau Mod Theme Manager.

Untuk lebih jelas silahkan lihat Pembahasan Lengkapnya dibawah ini..


Cara import File MTZ Tema Pihak Ketiga ke Theme Manager


  • Jika File MTZ Berada di Komputer / PC Salin ke Memori Internal / Eksternal Smartphone, dan Ingat lokasi File Tema tersebut berada.
  • Buka Tema Manager, Klik Tab Bagian Profile, Pilih Tab Tema, Scroll Hingga kebawah dan Temukan opsi Import, Klik Opsi import dan Cari File Tema [mtz], dan klik oke.
  • Maka Tema yang Berformat MTZ tadi akan Masuk ke list Tema yang kalian miliki, Silahkan Cari Tema tersebut dan Terapkan, Untuk Hasil yang optimal silahkan restart Ponsel Kamu.


#1 Menerapkan Tema Sumber Pihak Ketiga atau Theme Store Tanpa Root dan Status Lock Bootloader


MIUI Theme Editor

  • Persiapkan Tema Pihak Ketiga yang biasanya Format filenya .mtz dan ingat lokasi File Tema Tersebut.
  • Buka Aplikasi MIUI Theme Editor Klik Browser Dan Cari Lokasi Tema yang Telah kamu Download tadi Lalu klik OK Dan Klik Start.


  • Pada Langkah Selanjutnya kamu klik saja NEXT dan FINISH Lalu akan ada Pemberitahuan untuk menambahkan List Tema tersebut ke Tema Manager Kalian, Klik INSTALL.


  • Langkah Terakhir buka Tema Manager dan Cari Tema Yang Telah ditambahkan dari MIUI Theme Editor tadi, dan Klik Terapkan.


Alternatif Aplikasi : Mi Rape, My Themer (Theme Swap)



Mengatasi Tidak Dapat Memuat Sumber Tema ( Themes Store )



  • Buka Setelan - Setelan Tambahan - Lokasi Ganti Ke China / India
  • Lalu Lakukan Hapus data dan cache Aplikasi Thema lewat Setelan.

Jika Mengalami tidak bisa ganti Lokasi / Region atau Ketika di ganti kembali ke Lagi ke Region Awal Silahkan Ikuti Langkah ini. Setelah berhasil mengubah lokasi / region, silahkan klik link Tema Tersebut dan buka dengan Aplikasi Tema.


  • Klik Link Download
  • Lalu Pilih Buka Dengan Aplikasi Tema
  • Download dan Terapkan.


Cara Daftar Akun MI Designer Terbaru


Pertama pastikan Browser yang digunakan menggunakan versi terbaru, Mozilla / Firefox, Google Chrome.

Karna Jika Browser Yang digunakan versi lama, Kalian akan menemukan pesan error 404 Not Found ketika membuka situs designer.xiaomi.com seperti dibawah ini :


Perlu diketahui Bahwa Akun MIUI Yang didaftar Sudah lama (Tahun lalu) dan Akun yang baru dibuat itu berbeda, untuk itu saya membuat Cara Pertama dan Cara Kedua, jika di salah satu tutorial tersebut sama dengan yang kalian alami, silahkan pilih cara tersebut untuk mendaftar Akun MIUI Designer Agar Sukses 100%.

Berikut Cara Daftar Akun MI Designer Terbaru yang pastinya sukses 100%..

  • Kunjungi Situs ini MIUI Designer.
  • Silahkan Login Menggunakan Akun MIUI Milikmu atau Jika Belum Punya Silahkan Register Dahulu.


Cara Pertama

Jika Setelah Login Kalian Dapat Langsung Mengisi Form, Silahkan Ikuti Tutorial Dibawah ini :

  • Pilih Individual Designer.


  • Dan isi Form Pendaftaran Sesuai yang di minta


  • Jika semua sudah di isi dengan benar tanpa error / kesalahan, Silahkan Pilih Accept Agreement and Register.


Langkah Terakhir adalah menunggu balasan Email dari Tim Xiaomi, Biasanya 3 - 7 Hari Namun ada Juga hanya membutuhkan 1 hari atau bahkan dalam jangka 1 bulan.

Jadi Pastikan Data yang di isi tidak ada yang salah ya..


Cara Kedua

Jika Setelah Login Kalian Langsung Menemukan Gambar Pesan dengan Tulisan China seperti dibawah ini :


Yang perlu kalian lakukan adalah silahkan ikuti cara ini (hasil translate) atau Original dari Forum MIUI.


    #2 Menerapkan Tema Pihak Ketiga Status Unlock Bootloader


    Mod Theme Manager


    Jika belum terinstall TWRP silahkan lihat artikel Tentang Cara Unlock Bootloader 100% Sukses Agar dapat Memasang TWRP.


    Silahkan Backup Thema manager kalian sebelum melakukan Tahap selanjutnya, jadi jika mengalami ketidakcocokan kalian bisa Restore kembali ThemaManagernya.

    Langkah Selanjutnya..

    Alternatif Mod Theme Manager :
    Atau kalian bisa Hubungi Kami, Agar Kami bisa membantu mencari kan Theme Manager Modnya 


      Custom ROM MIUI



      Dengan Menggunakan Custom ROM dengan Based MIUI, akan Terdapat Kelebihan seperti Kustomisasi yang mudah dan banyak lagi yang lainnya, Bahkan dengan ini Tema Pihak Ketiga langsung dapat digunakan Tanpa menggunakan Patch Theme Manager ataupun Trik seperti MIUI Theme Editor.

      Yang ingin menggunakan ROM ini Silahkan kunjungi miuipro.info dan pilih ROM sesuai dengan perangkat yang digunakan sekarang, untuk install ROM ini dibutuhkan TWRP. untuk tahapan umum install ROM ini adalah seperti berikut :

      • Masuk ke TWRP
      • wipe data, system, cache, dan dalvik cache
      • Flash ROM MIUIPRO
      • Flash abootmod ( jika menggunakan unlock bootloader tidak resmi ) lewati langkah ini jika menggunakan unlock bootloader resmi.
      • Reboot.

      Alternatif Custom ROM : xiaomi eu, miui am, globerom

      Peringatan!
      Segala resiko yang diakibatkan selama proses install ditanggung pengguna.

      Semoga Artikel Tentang Berbagai Cara Menerapkan Tema tanpa Error di MIUI ini bermanfaat untuk kalian semua..


      Misalnya ada pertanyaan terkait artikel ini, atau sebuah usulan untuk pembahasan (artikel) di situs ini, silahkan hubungi kami.

      Juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, Jangan lupa follow kami di twitter.

      Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.

      * Gambar :
      Logo MiuiPro
      https://bit.ly/2LKfXL2
      * Referensi Artikel :
      Di Ambil dari Berbagai Sumber.