-->

Cara Root dan Pasang TWRP Recovery Xiaomi MI 9

MIUIPEDIA - Install Magisk dan TWRP Tanpa Ribet Dengan MipediToolKits untuk Xiaomi MI 9 Cepheus Sangat Mudah Memasang Custom Recovery seperti TWRP dan untuk mendapatkan Akses Penuh (Root) dengan Magisk untuk Xiaomi Tipe MI 9 yang memiliki codename Cepheus.

Untuk tujuan memaksimalkan penggunaan smartphone Xiaomi umumnya para MiFans ingin melakukan banyak perubahan mulai dari mengganti custom romnya atau menjadikan interface smartphone terlihat lebih indah, lebih stabil, overclock dan lain sebagainya sesuai yang mereka inginkan.

Salah satu caranya dengan menggunakan kostum recovery seperti TWRP dan sekaligus membuka akses penuh pengguna ke sistem smartphone tersebut.

Recovery seperti namanya adalah mode pemulihan (recovery) yang ada pada Smartphone yang biasanya dapat diakses dengan berbagai cara.

Sedangkan Root adalah istilah untuk pengguna yang dapat akses penuh terhadap Sistem.

Dari sekian banyaknya custom recovery seperti : Orange fox, Pitch black, Batik recovery, Redwolf, zcx dan lain-lain yang paling umum digunakan adalah TWRP.


Dengan Custom Recovery, kamu akan menemukan keunggulan dibandingkan dengan Stok Recovery yang hanya bisa menjalankan fungsi dasar, Berikut keunggulannya :
  • Backup dan Restore dari system, vendor, data, cache, recovery, boot, persist, bootloader, firmware, efs dan lain-lain;
  • Install ROM atau File script lainnya;
  • Mount / Umount partisi;
  • Mengubah Partisi Sistem;
  • MTP / ADB, Terminal, Reboot : Bootloader, Recovery, System, Power Off di mode recovery;
  • dan fitur lainnya.

Pada pembahasan kali ini akan mengulas Cara memasang Custom Recovery (TWRP) dengan MiPediToolkit dan sekaligus bagaimana cara membuka akses Root pada sistem smartphone Xiaomi  MI 9 yang memiliki codename : Cepheus dengan mudah.

Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.


Tahapan Pemasangan TWRP dan Magisk Root Xiaomi MI 9 [Cepheus] dengan Mudah




Syarat dan Ketentuan :



Pastikan hal berikut ini sudah kamu persiapkan :

  • Unit Laptop/Komputer/PC
  • Gunakan kabel data USB original Xiaomi atau yang berkualitas bagus
  • Download MiPediToolKit TWRP Xiaomi MI 9 (Cepheus) [53 MB] | ini masih versi TWRP build unofficial, versi officialnya belum rilis ketika artikel ini dibuat dan akan diupdate ketika versi official telah rilis jika admin lupa kalian bisa Hubungi Kami.
  • Lakukan proses Backup terlebih dahulu (WAJIB! bagi kamu yang tidak ingin kehilangan data penting)
  • Download DisableForceEncryption.zip [4 MB]


Penjelasan Tentang MiPediToolKits Xiaomi MI 9 (Cepheus)

MiPediToolKits TWRP adalah Software / Aplikasi atau Toolkits yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam memasang Custom Recovery (TWRP) atau kembali ke Stock Recovery (miui recovery).

Dengan Toolkits ini kamu tidak perlu lagi memasang twrp dan atau kembali ke stock recovery secara manual, semua akan dilakukan secara otomatis dengan Toolkit ini.

MiPediToolKits TWRP Xiaomi MI 9 ini, didalam nya berisi file TWRP dan File Stock Recovery.

Changelognya sebagai berikut


TWRP_3.3.1_Cepheusv12 :
  • With arm64 Support, Working Gapps;
  • Backup/Restore;
  • Flash ROM;
  • etc.
Stock Recovery :
  • Stock Recovery dari ROM Global Stabil dengan versi Recoverty_Cepheus_V10.2.9.0.PFAMIXM

Didalam MiPediToolKits TWRP Xiaomi MI 9 ini terdapat dua opsi :
  1.  install TWRP Xiaomi MI 9 [Cepheus]
  2.  mengembalikan stock recovery



Cara Install TWRP Xiaomi MI 9


Apa itu TWRP?
TWRP (Team Win Recovery Project) adalah salah satu Custom Recovery yang digunakan untuk mereka yang ingin memiliki akses yang lebih dari stock recovery ( recovery bawaan ).

Matikan daya smartphone terlebih dahulu.


Kemudian beralih ke mode fastboot dengan cara menekan tombol kombinasi volume bawah terlebih dahulu kemudian dengan menekan tombol  power secara bersamaan sehingga nantinya akan menampilkan gambar MIUI BUNNY, atau baca tanpa tambol masuk ke mode fastboot.

Jangan lupa ekstrak terlebih dahulu tools MiPediToolKit TWRP Xiaomi MI 9 di komputer kamu, dapat menggunakan software 7zip, WinRAR  atau yang lain.


Pastikan kamu sudah menginstall All Driver USB Xiaomi agar driver perangkat smartphone terdeteksi dengan baik.


Hubungkan kabel data USB dari perangkat smartphone Xiaomi MI 9 [Cepheus] ke komputer.


Jalankan tool kits tersebut  dengan mengklik "MiPediToolKit TWRP MI 9 [Cepheus].bat"

Selanjutnya ikuti perintah yang ada di tool kits tersebut, menggunakan keyboard ketik angka 1 untuk install TWRP dan 2 untuk mengembalikan Stock Recovery dan ingat pastikan terlebih dahulu kode device [code name] atau tipe smartphone Xiaomi kamu "apakah sesuai dengan TWRP yang akan di install?"

PENTING!
Apabila setelah sukses Install/Flashing TWRP terjadi 0 MB atau meminta password ( Memori internal tidak dapat di akses ) Lakukan cara ini Mengatasi TWRP Minta Password dan Memori Internal 0 MB tanpa PC cara ini akan menghapus data yang ada di penyimpanan internal, namun coba terlebih dahulu mengembalikan recovery seperti semula dengan memilih opsi menu nomor [2] apabila sistem penyimpanan dapat di akses kembali bukan 0 MB lakukan backup pada data yang kamu anggap penting dan ulang kembali proses install TWRP

Lakukan Tips ini, Agar TWRP Menjadi Permanent


Setelah berhasil memasang TWRP Menggunakan MipeToolkit, Lakukan Flashing TWRP Recovery lagi dalam TWRP tadi, Bingung ? Begini caranya..
  • Setelah kamu menggunakan MipeToolkit untuk memasang TWRP, dilangkah terakhir akan ada cara masuk ke TWRP, ikuti langkah tersebut. ( ingat jangan langsung reboot ke sistem, wajib masuk dulu ke mode TWRP / Recovery ).
  • Jika sudah berada di Mode TWRP / Recovery, Hubungkan Ponsel ke Laptop / PC Secara otomatis PC dan Ponsel akan dapat berkirim File Menggunakan MTP, Namun Jika internal tidak dapat di Akses Lakukan Cara ini.
  • Salin File twrp.img yang ada di Folder MipediToolkit TWRP Ke Memori internal HP dan ingat lokasinya.
  • Langkah Selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini.


Pilih TAB (1) Install Lalu cari Lokasi File twrp.img yang telah disalin tadi, Pilih (2) Install Image agar file .img terlihat.


Pilih (3) File twrp.img Tersebut, Centang (4) Partisi Recovery Lalu (5) Swipe to confirm Flash Tunggu hingga Proses Selesai, dan Pastikan tidak ada pesan Error.


Terakhir, Kembali Ke menu Awal Pilih TAB (6) Reboot lalu (7) Recovery.

Lakukan cara dibawah ini, agar tidak bootloop ( stop di logo ) setelah memasang twrp.


Cara Mengatasi Bootloop setelah sukses memasang TWRP


Setelah Sukses Memasang TWRP, Jangan Langsung Masuk Ke Sistem, Lakukan Disable DM - Verity Terlebih Dahulu, Bertujuan agar Ponsel Tidak Mengalami Bootloop Setelah Memasang / install TWRP.

Untuk Disable DM - Verity, ada 2 Cara :
  • Menggunakan Magisk, atau
  • Menggunakan DisableForceEncrypt
Jika Kamu ingin langsung Root ( Magisk ), tidak Perlu Lagi Menggunakan DisableForceEncrypt, Karena Di Magisk versi Terbaru sudah include script di dalamnya untuk Disable DM - Verity.

Namun Bila tidak Ingin Melakukan Root, Lakukan Flash DisableForceEncrypt Terlebih dahulu sebelum Melakukan Reboot ke Sistem, Caranya Seperti dibawah ini.

Di Mode Recovery Masuk ke menu Install , cari File DisableForceEncrypt yang telah didownload tadi.

Setelah ditemukan pilih "swipe to confirm flash" secara otomatis proses install sedang berlangsung.

Nah jika sudah selesai kamu dapat melakukan reboot ke system dan untuk tahap Rooting pada Xiaomi MI 9.

Silahkan Lihat caranya dibawah ini.


Cara Install Magisk Root Xiaomi MI 9


Apa itu Root?
Root pada android adalah merupakan proses mendapatkan ijin akses ke semua subsistem di dalam sistem android baik itu smartphone, tablet atau perangkat android lainnya yang bertujuan mendapatkan akses penuh atau lebih dikenal dengan "akses root".

Untuk Root dengan Magisk, Pembahasannya sudah pernah dibuat kalian bisa baca Cara Root Magisk Dengan TWRP atau Cara Root Magisk Tanpa TWRP.


Cek Status Root


Setelah Tahapan Memasang Magisk untuk mendapatkan akses ROOT, Selanjutnya adalah dengan mengecek apakah sudah ter-root / Mendapatkan akses Penuh dengan menggunakan aplikasi RootChecker.

Pastikan hasilnya seperti dibawah ini...



Video TWRP & Magisk MI 9 [Cepheus]




Peringatan!
Segala resiko yang diakibatkan selama proses install ditanggung pengguna.


Semoga Artikel Tentang Cara Root dan Pasang TWRP Recovery Xiaomi MI 9 ini bermanfaat untuk kalian semua..


Misalnya ada pertanyaan terkait artikel ini, atau sebuah usulan untuk pembahasan (artikel) di situs ini, silahkan hubungi kami.

Juga bila ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain agar artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, Jangan lupa follow kami di twitter.

Serta ikuti Chanel Telegram kami untuk mendapatkan Pemberitahuan artikel Terbaru, Terima kasih atas kunjungannya.
* Gambar :
https://bit.ly/3223uXT

* Referensi Artikel
https://bit.ly/2FIsnhW

Disclaimer: Sumber artikel, gambar, video, software, tools, ataupun file dalam bentuk apapun yang ada di artikel ini terkadang didapat dari berbagai sumber media lain yang tidak diketahui sumber aslinya. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah konten terkait dengan DMCA, silahkan Anda dapat menghubungi ke kontak Kami.